Samsat Online (E-Samsat) Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online

Samsat Online (E-Samsat) Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online
Samsat Online (E-Samsat), Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online - Halo sobat UangMania, pernahkan Anda mengurus pembayaran pajak untuk kendaraan bermotor yang Anda miliki? kalau pernah tentu Anda sudah tahu bahwa prosesnya cukup melelahkan karena Anda harus Antri dan juga kadang berdesak-desakan.

Berdasarkan wikipedia, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah bukti atau tanda pendaftaran dan juga pengesahan atas kendaraan bermotor sesuai dengan identitas kepemilikannya. Sedangkan pengertian SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar suatu prosedur kegiatan pelayanan kepada masyarakat dan dilakukan dalam satu tempat.

Ketika Anda akan mengurus pembayaran pajak secara manual maka Anda harus datang ke kantor SAMSAT di provinsi tempat tinggal Anda. Namun dengan adanya layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online ini maka Anda tidak perlu repot lagi untuk datang ke kantor SAMSAT.

Dengan adanya layanan SAMSAT Online ini maka Anda tidak mengantri lagi dan juga dapat menghindari calo pengurusan STNK yang biasanya meminta bayaran yang cukup tinggi. Beberapa Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) di beberapa provinsi terus melakukan inovasi dalam pemberian layanan kepada masyarakat agar dapat lebih mudah dan cepat. Pembayaran pajak kendaraan pun kini dilakukan melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri) namun masih terbatas pada beberapa provinsi saja yang sudah menerapkannya.

Manfaat dan  Layanan SAMSAT Online

Layanan yang dapat digunakan dalam aplikasi Samsat Online terdiri dari beberapa layanan utama yaitu sebagai berikut.

1. Kendaraan Bermotor Pengesahan STNK 1 Tahun
2. Kendaraan Bermotor Tidak Ganti STNK
3. Kendaraan Bermotor Disertai dengan BPKB, STNK dan KTP Pemilik Asli
4. Kendaraan Bermotor Tidak Terlambat 1 Tahun
5. Kendaraan Bermotor Tidak dalam Kondisi Rusak atau Hilang, Kriminal, Laka dan Lapor Jual

Manfaat Samsat Online adalah sebagai berikut :
1. Bagi Kantor Samsat
Bagi kantor samsat, aplikasi samsat online ini membantu dalam menyajikan data yang real time dan akuran terkait dengan penerimaan daerah dari pajak kendaraan bermotor untuk setiap UPT PPD yang ada.

2. Bagi Masyarakat
Sedangka bagi masyarakat, dengan adanya samsat online ini akan sangat memudahkan karena tidak harus datng ke kantor SAMSAT. Namun perlu untuk Anda ketahui bahwa untuk sekarang ini hanya ada beberapa provinsi yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor online. Provinis-provinsi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Provinsi DKI Jakarta
http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB

2. Provinsi Jawa Timur
http://www.esamsat.jatimprov.go.id/

3. Provinsi Jawa Barat
http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

4. Provinsi Nangroe Aceh Darusalam
esamsat.acehprov.go.id

5. Provinsi Jawa Tengah
http://dppad.jatengprov.go.id/

Pajak Kendaraaan Online Lewat E-SAMSAT (Samsat Online) di Beberapa Daerah di Indonesia

Informasi mengenai pajak dan juga termasuk pajak kendaraan saat ini bisa Anda lakukan via online berupa aplikasi e-samsat yang telah dimiliki oleh beberapa pemerintah daerah.

Dengan adanya e-samsat ini akan sangat memudahkan bagi orang yang memiliki banyak kesibukan karena sebelum adanya e-samsat ini untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor harus diurus dengan datang langsung ke kantor SAMSAT.

Namun perlu untuk Anda ketahui bahwa layanan samsat online atau e-samsat ini belum tersedia di semua provinsi melainkan baru efektif tersedia pada beberapa provinsi saja.

Berikut ini akan kami ulas beberapa provinsi yang telah menerapkan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online (samsat online atau e-samsat). Silahkan disimak ya.

e-Samsat (Samsat Online) Provinsi Jawa Barat

Aplikasi e-samsat  (Samsat Online) Jawa Barat bernama SAMBARA yang diluncurkan oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 18 April 2018. Aplikasi Sambara ini dapat Anda download melalui Play Store dan bagi Anda yang tinggal di daerah Provinsi Jawa Barat dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengecek tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki dan juga perkiraaan biaya pajak kendaraan yang harus Anda bayar serta layanan pembayaran pajak kendaraan yang telah jatuh tempo.

Penggunaan Aplikasi Sambara dalam hal e-samsat ini cukup mudah dimana hanya Anda perlu untuk membukan menu Info PKB kemudian Anda inputkan nomor pelat kendaraan bermotor yang ingin Anda cek.

Setelah Aplikasi menemukan data mengenai nomor plat yang telah Anda input, maka selanjutnya aplikasi e-samsat ini akan menampilkan data-data terkait kendaraan tersebut berupa pajak kendaraan yang terutang, PKB, denda atau sanksi PKB, tanggal jatuh tempo pajak, nomor rangka, nomor mesin, warna kendaraan, model kendaraan dan merek kendaraan.

Samsat Online (e-Samsat) Provinsi Jawa Tengah

Bagi warga masyarakat yang tinggal di provinsi jawa tengah maka dapat memanfaatkan aplikasi samsat online atau e-samsat yang bernama SAKPOLE untuk mendapatkan info pajak kendaraan dan juga pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki.

SAKPOLE adalah aplikasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor via online yang dibuat oleh Tim Pembina SAMSAT daerah Provinsi Jawa Tengah.

Aplikasi e-Samsat Sakpole ini diluncurkan pada tanggal 16 juli 2017 dan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarkat di Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan informasi mengenai pajak kendaraaan bermotor tahunan, info SWDKLLJ, PNBP STNK, Infor pemblokiran kendaraan Bermotor dan sampai dengan pembayaran  PKB melalui e-Samsat Sakpole yang berbasis android.

Pembayaran pajak kendaraan melalui e-samsat ini dilakukan dengan cara memilih menu pembayaran online dan kemudian mengisi data-data yang diminta dan kemudian yang terakhir Anda akan mendapatkan kode pembayaran PKB.

Selanjutnya silahkan Anda bayar PKB Anda melalui mobile banking, e-banking ataupun melalui ATM dengan menginputkan kode pembayaran PKB yang telah Anda dapatkan melalui aplikasi e-samsat tadi.

Saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor online dapat dilakukan melalui rekening BNI saja. Kedepannya akan ada tambahan 11 bank yang kaan bergabung untuk dapat memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan secara online ini.

e-Samsat (Samsat Online) Provinsi Jawa Timur

Setelah Jawa Barat dan Jawa tengah, Pemerintah provinsi Jawa Timur pun telah menerapkan cara pembayaran pajak kendaraan online atau e-samsat.  Nama aplikasinya adalah E-Samsat Jawa Timur. Dalam aplikasi ini Anda yang tinggal di daerah pr (Samsat Online)ovinsi Jawa Timur dapat melakukan pengecekan info pajak kendaraan dan juga membayar pajak kendaraan Anda secara online.

Pada aplikasi e-samsat Jawa Timur ini, apabila Anda ingin mengecek info pajak kendaraan yang Anda miliki maka Anda akan diminta untuk mengisi data tentang kota registrasi, kota pendaftaran SAMSAT dan juga nomor pelat kendaraan Anda.

Setelah Anda memasukkan data-data tersebut maka selanjutnya sistem e-samsat ini akan menampilkan informasi detil kendaraan Anda dan juga nominal pajak yang harus Anda bayarkan.

Kemudian pada halaman selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data mengenai nomr mesin, nomor rangka, nomor BPKB dan pemilihan tempat pengambilan STNK baru. Lalu pilih bank yang akan menjadi tempat Anda membayar Pajak Kendaraan Bermotor Anda lalu pilih menu pengajuan kode bayar.

Selanjutnya Anda tinggal membayar PKB Anda melalui ATM, internet banking atau mobile banking bank yang telah Anda pilih dengan menggunakan kode bayar yang telah Anda buat melalui aplikasi e-samsat Jawa Timur tadi.

Setelah Anda selesai membayar pajak PKB Anda maka selanjutnya Anda tinggal mengambil STNK Kendaraan Bermotor Anda yang baru ke kantor SAMSAT yang telah Anda pilih dengan menunjukkan resi pembayaran pajak kendaraan yang Anda dapatkan dari bank.

e-Samsat (Samsat Online) Provinsi DKI Jakarta

Warga yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dulu dapat membayar pajak kendaraan bermotor secara online melalui SMS 1717. Namun sejak tanggal 21 Juni 2017 Direktorat Lalu Lintas dari Polda Metro jaya telah meluncurkan aplikasi atau website pembayaran pajak kendaraan melalui e-samsat.

Aplikasi e-samsat DKI Jakarta diluncurkan dengan harapan dapat memudahkan warga jakarta dalam mengecek info tentang pajak kendaraan bermotor yang dimilikinya serta agar dapat membayar pajak kendaraannya secara online.

Melalui aplikasi e-samsat DKI Jakarta ini Anda hanya akan diminta untuk mengisi data berupa nomor polisi kendaraan dan juga nomor NIK dan selanjutnya aplikasi ini akan menampilkan data lengkap mengenai kendaraan bermotor yang Anda miliki dan total PKB yang harus Anda bayar. Anda dapat membayar pajak kendaraan bermotor Anda melalui ATM atau kantor bank DKI.

Itulah Samsat Online (E-Samsat) : Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online yang dapat sobat UangMania coba. Dengan telah tersedianya kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor atau e-samsat ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan dalam membayar pajak kedepannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya.