13+ Kiat Sukses dan Peluang Bisnis Rumahan yang Perlu Anda Coba

13+ Kiat Sukses dan Peluang Bisnis Rumahan yang Perlu Anda Coba
Kiat dan Peluang Bisnis Rumahan yang Perlu Anda Coba - Tidak sedikit orang yang mempunyai keinginan untuk membuka bisnis sendiri, namun lagi-lagi terhalang oleh modal awal yang dibutuhkan.

Solusi terbaiknya ialah membuka bisnis rumahan. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong yang terdapat di rumah seperti halaman, atau garasi, dan dapur untuk membuka sebuah bisnis. Berikut cara bisnis rumahan supaya laris manis.

Dengan mengoptimalkan rumah, Anda dapat menghemat modal awal yang cukup besar, sehingga modal yang tersedia dapat dialokasikan ke kebutuhan lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara bisnis rumahan yang harus Anda lakukan ketika mau sukses memulai sebuah bisnis rumahan.


10 Kiat Bisnis Rumahan yang Perlu Anda Coba


1. Meminta Dukungan Keluarga

Keluarga menjadi faktor terpenting sebelum Anda memulai bisnis rumahan, apalagi bila Anda baru mau merintis bisnis. Keluarga berperan sebagai pendukung baik dari segi materil maupun non materil.

Apabila keluarga Anda tidak mendukung, bisnis rumahan yang Anda jalani akan bertambah susah untuk berkembang, malah dapat menjadi gagal sebab tidak adanya sebuah dukungan dari keluarga.

Oleh sebab itu di dalam berbisnis, dukungan dari keluarga sangat amat dibutuhkan, mulai dari pertama merintis sampai sukses nantinya.

2. Belajar Administrasi

Meskipun bisnis yang dibangun hanya sebesar bisnis rumahan saja, namun Anda juga harus menguasai administrasi meskipun hanya sederhana.

Selalu lakukan aktivitas pencatatan administrasi dengan detail dan tertib walaupun nominalnya terbilang kecil serta jangan pernah menggabungkan keuangan milik pribadi serta keuangan bisnis.

Sebab salah satu pondasi paling utama untuk kelangsungan usaha rumahan yang akan Anda jalani agar dapat sukses ialah masalah administrasi.

3. Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Setiap usaha rumahan cuma memiliki 2 pilihan, yakni sukses ataupun gagal. Pebisnis rumahan sejati tak akan pernah ada rasa takut gagal, meskipun masih berposisi sebagai pemula.

Bila dari awal saja sudah ada rasa tidak yakin dengan usaha rumahan yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis rumahan bakal mengalami kegagalan.

Mental dari pebisnis rumahan biasanya bakal terbentuk seiring berjalannya bisnis dan rintangan yang sudah dihadapi, butuh proses yang tidak sebentar agar dapat meraih kesuksesan. Maka, tanyakan dahulu pada diri sendiri, kuat yang mana antara berfikir sukses dan juga gagal sebelum membangun bisnis.

4. Tentukan Visi & Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi sangat penting untuk dapat menentukan arah serta tujuan bisnisrumahan  kedepan, walaupun bisnis Anda hanya sekelas rumahan, tapi Anda juga harus dapat menentukannya dengan jelas.

Sehingga ketika bisnis rumahan berjalan, akan ada arah yang jelas yang akan dicapai kedepannya, tidak asal Cuma sekadar berjalan tetapi wajib mempunyai target. Tanpa memiliki visi dan misi, apa yang akan menjadi tujuan serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut menjadi sulit untuk diraih.

5. Hitung Kebutuhan Modal

Anda tidak akan dapat menjalankan bisnis rumahan bila modal yang Anda miliki belum cukup. Hitung dengan teliti yang mana sajakah kebutuhan yang paling utama agar bisnis dapat berjalan.

Hindarilah pembelian barang-barang yang sekiranya belum perlu. Selain itu Anda juga bisa menggunakan apa yang ada di area rumah untuk memulai bisnis seperti halaman atau garasi, dapur, peralatan masak, dan banyak lainnya.

6. Pilih Bidang yang Sesuai Passion

Paling utama untuk membuka bisnis rumahan adalah sesuai atau cocok dengan passion yang Anda miliki. Mengapa mesti cocok dengan passion yang dimiliki? Sebab jika diiringi dengan passion, maka apa yang Anda lakukan akan lebih menambah semangat dan menjadi lebih ringan.

Ketika bisnis dijalankan dengan semangat penuh, bisnis rumahan bisa cepat mendapatkan kesuksesan.

Hindarilah memilih usaha rumahan dalam bidang yang tidak cocok dengan passion. Jadi bila Anda menyukai bidang fotografer, Anda dapat membuka sebuah jasa foto di rumahmu, atau jika Anda suka memasak, Anda dapat memulai sebuah bisnis rumahan kuliner.

7. Pilih Waktu untuk Memulai

Membangun sebuah bisnis rumahan tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan. Janganlah terburu-buru, sebab bisnis membutuhkan sebuah perhitungan yang cermat, bila salah sedikitpun Anda bisa mengalami suatu kerugian.

Jika Anda salah menepatkan waktu, maka bisnis rumahan Anda juga akan mengalami kegagalan.

Misal saja ketika mendekati Bulan Ramadan, yang paling pas adalah membuka bisnis jualan busana muslim serta kue lebaran.

8. Tentukan Keunikan dari Produk

Ketika Anda telah memulai bisnis rumahan, supaya produk yang Anda miliki dapat di terima dengan baik oleh konsumen, Anda harus memiliki sebuah produk yang lebih unik daripada produk sejenis.

Ditambah saat ini persaingan bisnis semakin ketat, sehingga semua produk yang ditawarkan harus bisa memikat hati atau menarik hati pelanggan.

Selain dari itu, dengan memasang produk yang unik, brand Anda akan lebih mudah untuk diingat oleh kaum pembeli.

9. Lakukan Promosi Secara Tepat

Promosi merupakansuatu hal yang wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan brand atau produk usaha rumahan anda ke calon pembeli. Semakin sering Anda melakukan promosi akan makin banyak orang yang segera mengetahui semua tentang produk yang Anda miliki.

Di dalam hal promosi bisnis rumahan ini, supaya tidak begitu banyak uang yang Anda keluarkan, maka dari itu target promosi harus tepat. Yang paling baik ialah mencoba untuk mempromosikan produk Anda menggunakan Facebook Ads atau Google Adwords, sebab di kedua platform ini, Anda dapat menentukan target sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

10. Berikan yang Terbaik

Ada sebuah pepatah mengatakan di mana pembeli adalah raja. Jadi sudah sepantasnya Anda memberi yang terbaik kepada pembeli supaya pelanggan merasa puas.

Bila pembeli sudah merasa puas maka biasanya nanti mereka bakal datang kembali serta menyarankan bisnis rumahan mu kepada orang lain untuk mau menjadi pelanggan ke bisnis yang Anda miliki.


Contoh Peluang Usaha Rumahan yang Patut Anda Coba


1. Air Minum Isi Ulang

Anda dapat memanfaatkan salah satu tempat di area rumahmu untuk dapat membuka bisnis rumahan air minum isi ulang.

Usaha rumahan ini cukup menjanjikan sebab banyak sekali orang yang lebih menyukai hal ‘serba praktis’ termasuk tentang air minum kemasan ataupun isi ulang daripada memasak air sendiri di rumah yang pasti akan menambah pekerjaan mereka.

Bisnis rumahan air minum isi ulang menjadi salah satu usaha rumahan menjanjikan karena kebutuhan air bersih di beberapa tempat terus mengalami penurunan.

2. Katering Harian

Padatnya kesibukan orang sehari-hari, maka seseorang dapat membuka peluang usaha rumahan sebagai penyedia jasa katering makan harian untuk dapat memenuhi kebutuhan makan pelanggannya.

Di samping dari waktu yang terbatas, mahalnya harga suatu makanan yang dijual di luaran sana menjadi alasan mengapa katering harian makin diminati, baik untuk perseorangan, atau keluarga, hingga sebuah perusahaan yang memfasilitasi khusus makanan untuk karyawannya.

Jika Anda gemar memasak serta bisa menyajikan sebuah makanan bercita rasa enak dengan olahan dan menu variatif, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai membuka usaha katering.
Selain dari Anda tidak membutuhkan modal teralu besar, bisnis katering harian berpotensi akan berkembang sampai menjadi penyedia hidangan katering pada acara-acara besar.

3. Penjahit Pakaian

Salah satu usaha rumahan yang tidak akan mengalami pasang surut di dunia bisnis ialah penjahit, sebab kebutuhan pada pakaian sangatlah tinggi seiring pada perkembangan fashion yang mengalami perubahan. Dengan memiliki keahlian dan juga keterampilan menjahit dan desain, usaha ini mempunyai prospek cerah dari masa ke masa.

Kiat memulai bisnis rumahan ternyata cukup mudah, untuk itu, sebagai pemula, beberapa cara di atas bisa Anda terapkan untuk mengambil Peluang Bisnis Rumahan. Selamat berbisnis!