Skip to main content

Cara Menghadapi Wawancara Kerja


Cara Menghadapi Wawancara Kerja
Hai sobat UangMania, apakah Anda ingin mengetahui apaj saja tips menghadapi wawancara kerja? jika iya maka Anda akan menemukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini. Mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang terjadi banyak pendapat dalam mendapatkannya. Ada yang berkata lebih mudah karena banyak lapangan pekerjaan baru, dan ada juga yang berpendapat bahwa mendapatkan pekerjaan sangat sulit karena persaingan semakin ketat.

Sebenarnya kedua pendapat itu tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar, karena yang bisa menjawabnya hanyalah pada diri manusia itu sendiri bukan hasil dari orang lain. Jika manusia ingin berifikir dan berusaha mencari pekerjaan, semuanya akan lebih mudah didapatkan termasuk pekerjaan. Banyak hal yang harus diusahakan dan bersungguh-sungguh dalam mendapatkan sebuah pekerjaan.

Salah satunya jika Anda ingin menjadi orang kantoran atau di perusahaan, kebanyakan Anda akan mendapatkan tes wawancara kerja di dalamnya. Nah, dalam tes tersebut pastinya Anda harus bisa membuat penguji dari perusahaan yang Anda daftar menjadi percaya dengan skill atau kemampuanmu. Tanpa kepercayaan, Anda tidak akan mendapatkan kesempatan masuk kedalamnya.
Tetapi dalam menyiapkan tes tersebut, tak jarang orang mengalami sebuah kesalahan.

Mungkin jika Anda merupakan salah satu orang tersebut dan ingin mencoba menjalankan tes wawancara kerja, Anda harus membaca berbagai tips dibawah. Hal ini agar Anda bisa lebih lancar dalam menghadapinya.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Tes wawancara kerja saat melamar sebuah pekerjaan terutama didalam perusahaan merupakan hal yang sudah biasa bahkan bisa dikatakan sebuah hal yang wajib dilakukan untuk perusahaan supaya bisa mengetahui karakter dari orang yang melamar tersebut. Wawancara kerja seharusnya tidak harus dijadikan sebuah beban, karena jika dijadikan sebuah beban maka hasilnya pun akan terlihat memaksa dan pastinya tidak baik. Berbeda jika tes ini dijadikan menjadi sebuah pengenalan diri saja, maka kemungkinan besar akan lebih baik hasilnya.

Meskipun bisa dikatakan sebuah pengenalan diri, Anda tidak boleh menyepelekannya karena dalma berwawancara juga harus bisa memaksimalkan terlebih lagi kebanyakan yang mewawancarai yaitu seorang psikolog yang bisa membaca gerak-gerik dan hal lainnya. Apakah Anda salah satu orang yang ingin menghadapi tes wawancara kerja untuk mendapatkan sebuah pekerjaan di instansi atau perusahaan? Jika iya, Anda bisa membaca berbagai tips menghadapi wawancara kerja dibawah ini.

1. Anda harus mengenali diri Anda Sendiri terlebih dahulu sebelum menjalani wawancara

Sebelum Anda melakukan tes wawancara kerja saat melamar sebuah pekerjaan di perusahaan, Anda harus bisa mengenali dirimu terlebih dahulu. Mengenali diri maksudnya yaitu Anda harus bisa memahami dirimu baik kekurangan, kelebihan, dan hal apapun yang ada didalam dirimu.

Mengapa harus dipersiapkan? Karena kebanyakan pewawancara akan menyerang berbagai pertanyaan seputar dirimu, terlebih lagi perusahaan harus bisa mengetahui dirimu lebih dalam sehingga hal pertama yang harus Anda persiapkan yaitu pengenalan diri. Setelah Anda mengenali dirimu sendiri dan dirasa sudah cukup, Anda akan menjadi lebih mudah dalam menanggapi pertanyaan seputar kondisi yang ada didalam dirimu baik dari kelebihan yang Anda miliki hingga kekurangan yang sangat serius. Anda harus bisa menanggapinya dengan hati-hati.

2. Menyiapkan pandanganmu mengenai perusahaan tersebut sebelum wawancara

Jika Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, pastinya Anda harus mengetahui profil dari perusahaan itu sendiri karena tidak akan mungkin jika bekerja disebuah perusahaan tetapi tidak mengetahui situasi dan kondisinya dan hal ini juga akan ditanyakan pada saat wawancara. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tau bagaiman profil dari perusahaan yang akan Anda lamar tersebut. Hal itu untuk menyiapkan apabila pewawancara menanyakan mengenai pandanganmu terhadap perusahaan yang Anda lamar tersebut. Bahkan jika Anda menjadi ornag beruntung, bisa jadi Anda akan diminta memberikan saran bahkan kritikan mengenai perusahaan tersebut. Jadi persiapkanlan mulai sekarang sebelum melakukan tes wawancara kerja.

3. Berusaha untuk tidak gugup saat wawancara berlangsung

Hal yang pasti harus Anda dapatkan dan terapkan yaitu melakukan tes wawancara kerja tanpa menampakkan kegugupan didepan pewawancara. Karena itu akan menjadi nilai minus bagi Anda sebagi pelamar. Tidak ada salahnya seseorang mengalami kegugupan terlebih lagi kita hanyalah manusia. Tetapi tidak seharusnya alasan itu bisa dijadikan bahan untuk menyangkal kegugupan yang Anda alami saat waawancara.

Jika Anda mengalami kegugupan dalam manjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan si pewawancara Anda harus sebisa mungkin menutupi kegugupanmu tersebut. Apapun caranya, Anda harus bisa menutupinya. Agar bisa meminimalisir kegugupan pastinya Anda harus mempersiapkan berbagai bekalnya. Semakin matang dan optimis dalam menghadapi tes ini, bisa dipastikan kegugupan tidak akan masuk kedalam fikiranmu nantinya.

4. Menyiapkan penampilanmu pada saat wawancara agar sesuai dengan budaya perusahaan

Penampilan merupakan salah satu penanda sifat dari manusia itu sendiri dan orang bisa mengetahui sifat dari manusia dari penampilannya, terlebih lagi jika Anda akan melakukan tes wawancara yang notabennya pewawancaranya merupakan seorang psikolog. Setelah Anda mengetahui hal tersebut, seharusnya Anda harus bisa menyiapkan semuanya termasuk penampilanmu nantinya. Anda harus berpenampilan sesuai dengan bidang pekerjaan di perusahaan yang akan Anda masuki. Hindari berpenampilan yang ala kadarnya atau terlalu menonjol, karena bisa jadi akan jadi sebuah nilai yang kurang dari penilai itu.

5. Siapkan pertanyaan yang terbaik untuk pewawancara atau user

Kebanyakan dalam tes wawancara dalam melamar sebuah pekerjaan di perusahaan nantinya di akhir wawancara akan terdapat pertanyaan mengenai apakah Anda ada pertanyaan yang akan Anda tanyakan. Nah, sebaiknya Anda harus melontarkan berbagai pertanyaan berbobot entah seputar perusahaan maupun pekerjaan yang Anda harapkan. Dengan cara tersebut pastinya juga akan menambah nilai plus dalam penilaian karena Anda dirasa serius dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan berbagai pertanyaan yang pastinya berbobot atau pas untuk ditanyakan supaya bisa menimbulkan kesan serius.

Itulah artikel mengenai tips dalam menghadapi wawancara kerja dalam melamar sebuah pekerjaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda ya sobat UangMania.