Skip to main content

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Hai sobat UangMania, kali ini kita akan membahas mengenai peluang usaha untuk mahasiswa. Siapa sih yang nggak mau punya uang jajan lebih saat masih menempuh pendidikan? Apalagi dari hasil memeras keringat sendiri. Pastinya bagi Anda yang menjadi anak rantau di kota orang pasti akan tergiur.

Mahasiswa sendiri merupakan calon-calon pemimpin bangsa yang terus diasah mengenai ketrampilannya. Tidak heran jika mahasiswa terus berpikir kreatif dan inovatif. Termasuk mengenai peluang pekerjaan maupun usaha yang akan mereka jalankan.

Di era sekarang ini,mencari pekerjaan yang layak bisa dibilang susah. Apalagi hanya mengandalkan ijazah SMA atau bahkan SMP dan SD. Gelar yang kita peroleh dari bangku kuliah pun tidak serta merta memudahkan kita untuk mencari pekerjaan. Hal inilah yang membuat mahasiswa memutar otak untuk memiliki usaha kecil.

Banyak ide yang bermunculan ketika mahasiswa akan membuka usaha baru. Mereka termotivasi untuk memiliki penghasilan tambahan sendiri tanpa harus membebani orangtua bahkan sampai lulus kuliah. Mungkin itu salah satu faktor yang membuat banyak mahasiswa merintis bisnis kecil-kecilan.

Dalam mengelola bisnisnya, beberapa orang bekerja secara mandiri maupun bersama. Berikut beberapa contoh peluang usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan tidak terlalu banyak menyita waktu belajar

7 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Modal Kecil

1. Peluang Usaha Bisnis pulsa dan paket data

Peluang usaha untuk mahasiswa yang pertama adalah bisnis pulsa. Di zaman modern ini yang semuanya berhubungan dengan koneksi internet tentu membuat peluang bisnis ini cukup besar. Apalagi menjalankan bisnis diruang lingkup kampus dimana mereka juga membutuhkan untuk membantu membuat tugas dari dosen yang perlu dicari dengan koneksi internet.

Ada beberapa kiat-kiat untuk menjalankan bisnis untuk mahasiswa ini. Yang pertama bangun relasi pertemanan yang luas, usahakan memiliki hp  khusus bisnis ini, dan yang terakhir adalah sebisa mungkin hindari kata “mengutang” dalam bisnis ini.

2. Peluang Usaha Menjual makanan ringan murah

Mungkin mahasiswa bisa dikatakan tiada hari tanpa menghemat. Melihat hal itu tentu saja usaha Menjual makanan ringan murah ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab bisnis kita akan menjadi sasaran utama mereka dalam berhemat. Dan kebanyakan mahasiswa juga membutuhkan cemilan di kost mereka.

Kita tak perlu repot-repot membeli bahan lalu memasaknya sendiri. Hal ini  bisa mengganggu kesibukanmu menjadi mahasiswa. Cukup membeli makanan ringan dari beberapa pedagang yang menjalanakan usaha sejenis yang bisa kita ajak kerjasama lalu kita menjual kembali. Simple kan?.

3. Peluang Usaha Terima jasa ketik dan print

Tak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa sangat sering menemui tugas yang perlu diketik dan diprint. Bagi Anda yang bisa membaca peluang usaha tentu ini menjadi ladang emas bagi mereka. Bagi kamu yang memiliki  alat printer pribadi ini hal ini bisa menjadi kelebihan. Bagi mahasiswa yang tidak memiliki printer pribadi tak perlu pusing. Kamu cukup mendekati tukang printer langgananmu dan ajaklah dia untuk kerjasama. Tentu tak sulit kan??

4. Peluang Usaha Café singer

Peluang usaha untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi cafe singer. Bagi Anda yang mempunyai kelebihan di bidang tarik vocal tentu bisa mencoba pekerjaan ini. Selain menyalurkan hobi juga kita mendapat penghasilan lebih dari sini. Kita juga bisa hanya mengambil job ini di weekend agar tidak mengganggu kuliah.

Selain itu,kamu juga bisa mengajak teman mahasiswa di kampusmu untuk sekedar nongkrong di café tempatmu kerja menjadi singer. Pastinya pengelola café akan terkesan karena pengunjung semakin ramai disaat kamu tampil. Hal ini akan membuat pengelola café tak segan memberi upah lebih atas usahamu.

5. Peluang Usaha Guru les privat

Tentunya kamu masih menguasai pelajaran SMA kan. Peluang usaha yang terbuka  lebar bagi Anda yang membutuhkan uang saku lebih. Peluang untuk mahasiswa yang satu ini tentu saja bisa menjadi salah satu andalanmu. Apalagi kamu diminta menjadi guru les yang materinya masih berhubungan dengan program studi yang kamu ambil. Selain uang saku yang didapatkan,tentunya kamu semakin mengasah kemampuanmu bukan?

Biasanya peluang usaha ini terbuka lebar saat ujian kelulusan (UN) mulai mendekati hari H. Banyak orangtua berlomba-lomba menyewa guru privat agar anaknya mencapai nilai yang memuaskan dan biasanya mereka mencari mahasiswa yang membuka les privat. Jadi manfaatkan peluang ini untuk menambah pundi-pundi uangmu ya.

6. Peluang Usaha Freelance blogger 

Peluang bisnis mahasiswa yang selanjutnya yaitu menjadi freelance blogger. Siapa sih yang nggak pernah membaca berita di website online. Tentu saja hampir semua orang pasti pernah melakukannya.dan biasanya sebuah usaha atau bisnis portal berita online selalu membuka  lowongan menjadi penulis freelance. Tentunya ini bisa menjadi peluang yang dapat kamu pilih. Disamping tidak terikat kontrak kerja, kamu juga tak perlu khawatir kesibukan kuliahmu menjadi terganggu. Dan jika kamu ingin serius, pekerjaan ini tentu bisa menjadi ladang penghasilanmu disaat krisis ekonomi menyerangmu.

7. Peluang Usaha Reseller

Peluang usaha untuk mahasiswa yang ketujuh adalah menjadi reseller. Di zaman yang terikat dengan teknologi,pastinya tidak terlepas dari dunia maya. Banyak sekali perusahaan yang menawarkan dagangannya lewat media online. Contohnya adalah Oriflame. Kamu tentu bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut

Kamu tentu bisa memanfaatkan ponsel pintarmu menjadi sarana usaha dengan cara menawarkan barang ke mahasiswa yang ada di kampusmu. Bisa lewat instagram ataupun whatsapp dan aplikasi sejenis. Begitu mudah kan?

Melakukan suatu bisnis atau usaha disaat menjadi mahasiswa selain bisa menjadi penambah uang saku, bisa juga untuk mengasah skill kita dalam membagi waktu, membagi fokus, dan juga konsisten. Namun tentunya kita juga harus tanggung jawab terhadap pekerjaan yang kita jalankan dan juga tak lupa mengenai tugas kuliah kita.

Syukur-syukur salah satu pekerjaan tersebut bisa membuatmu menjadi orang yang sukses dikemudian hari dan bisa membuat bangga orang-orang tersayang kita.  Jangan pernah merasa malu untuk memulai usaha saat kita sedang menjadi mahasiswa. Jangan merasa kecewa jika apa yang kita jalankan kurang terlaksana dengan baik. Teruslah mencoba dan mencoba, karena dengan mencoba terus kita akan tahu dimana letak kekurangan dari apa yang kita jalankan.

Sekiranya artikel mengenai peluang usaha untuk mahasiswa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi Anda dan seluruh pembaca setia serta yang terakhir jangan lupa tetap berusaha diiringi dengan berdoa ya sobat UangMania.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar