Skip to main content

Tips Memulai Usaha Percetakan


4+ Tips Memulai Usaha Percetakan
Bagi Anda yang akan memulai bisnis usaha percetakan maka sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu cara dan tips suksesnya. Bisnis percetakan semakin lama menjadi semakin ramai karena kebutuhan manusia itu sendiri. Entah untuk keperluan komunitas maupun keperluan keluarga, bahkan instansi pun juga memerlukan jasa yang satu ini.

Usaha percetakan sekarang ini banyak macamnya, entah dalam bentuk yang kecil maupun yang paling besar pun sudah tersedia dikarenakan semakin canggihnya teknologi yang ada di dunia saat ini. Mungkin dulu bisnis ini hanya dalam bentuk kecil saja seperti undangan dan lainnya, tetapi sekarang sudah bisa menyediakan dalam bahan yang berukuran besar seperti banner atau spanduk yang mempunyai ukuran hingga bermeter-meter.

Daftar Isi
  1. Tips Memulai Bisnis Percetakan
  2. Baca Juga
  3. Referensi
Usaha percetakan mempunyai banyak keuntungan karena kebutuhan akan jasanya sangatlah besar dikarenakan semakin banyaknya komunitas ataupun acara-acara yang sering muncul yang membutuhkan jasa ini untuk mendorong acaranya. Nah, apakah kamu berminat untuk berbisnis dalam bidang usaha ini? Ataukah kamu sudah mempunyai alat tetapi tidak tau harus berjalan bagaimana? Tenang saja karena pada artikel ini kamu akan mendapat berbagai tips usaha bisnis percetakan yang bisa kamu terapkan.

Tips Memulai Bisnis Percetakan

Percetakan merupakan salah satu kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh manusia terutama di Indonesia. Banyak sekali kegiatan yang membutuhkan jasa cetak di dalamnya, seperti apabila terdapat acara kampung bisa menggunakan jasa cetak untuk membuat undangan. Selain itu, percetakan pun juga sangat dibutuhkan apabila terdapat acara-acara terutama acara kedinasan, seminar, maupun kegiatan lain yang membutuhkan ini untuk membuat spanduk yang dapat memberikan identitas sebuah kegiatan.

Oleh karena itu usaha percetakan tidak boleh diremehkan karena kebutuhan manusia yang sangat besar pastinya penghasilan yang didapatkan dari usaha ini akan sangat besar dan pastinya bisa balik modal. Mau tau apa saja tips dalam berusaha dalam bidang percetakan? Langsung saja simak satu per-satu dibawah ini.

1. Menentukan target bisnis dan jenis percetakan dengan jelas

Jika kamu mempunyai modal terbatas dan tenaga kerja yang terbatas pula, sebaiknya kamu harus memikirkan lebih dalam mengenai target usaha percetakan mu karena bagaimanapun semua pengusaha harus mengetahui target usahanya terlebih dahulu sebelum memulainya. Saat kamu mengetahui target pembeli yang kamu tuju, nantinya kamu bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam menangani masalah dari para pembeli tersebut. Misalkan saja jika kamu berbisnis percetakan dalam lingkup desa dan dengan target masyarakat sekitar, maka kamu bisa membuka orderan yang kecil terlebih dahulu seperti undangan dan lain sebagainya.

Dari situ kamu harusnya bisa mengambil jenis percetakan yang akan kamu bangun, apakah dalam skala cetak kecil seperti undangan ataukah skala besar seperti spanduk. Sehingga kamu tidak merasa salah target nantinya.

2. Memilih alat percetakan yang bagus

Dalam usaha percetakan pastinya membutuhkan yang namanya alat percetakan dan harganya pun juga bisa dibilang sedikit mahal. Nah, inilah fungsi dari poin pertama dalam menentukan target, supaya tidak salah memilih dan mengakibatkan kerugian setelahnya. Banyak sekali alat yang pada saat ini beredar di toko elektronik dengan segala variasi dan berbagai keunggulan didalamnya. Tetapi yakinlah tidak semua produk yang ditawarkan bisa cocok untukmu.

Jika kamu ingin membangun usaha usaha percetakan dalam jangka waktu yang lama, kamu harus memilih alat yang bagus sekaligus sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan alat yang pastinya bisa mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya atau bahkan membeli kembali. Mungkin kamu harus mengeluarkan modal lebih untuk membeli alat yang bagus, tetapi itu semua bisa berbanding lurus dengan pendapatan yang baik pula dan pastinya bisa meminimalisir kerusakan alat.  Tetapi hal yang harus kamu ketahui tidak semua alat dengan harga yang murah itu jelek dan alat dengan harga yang mahal itu bagus. Karena sekarang juga mulai muncul alat dengan harga mahal dikarenakan dari faktor merknya saja.

3. Membeli bahan percetakan yang berkualitas tetapi dengan harga yang ekonomis

Jika kamu membuka usaha percetakan dalam skala besar, kamu harus bisa menentukan bahan yang akan kamu gunakan nantinya. Karena bahan merupakan bagian terpenting dari usaha itu sendiri bahkan bisa menentukan baik atau buruknya testimoni dari pembeli.

Apabila kamu memberikan bahan yang berkualitas kepada para pembeli, bisa dipastikan usaha percetakan yang kamu bangun akan menjadi lebih cepat berkembang dan sukses. Berbanding terbalik jika kamu memilih bahan sembarangan tanpa memperhatikan sisi pembeli. Karena bagaimanapun juga pembeli merupakan penentu naik atau turunnya rating usaha yang akan kamu bangun. Oleh karena itu, pilihlah bahan yang berkualitas tetapi sebia mungkin mendapatkannya dengan harga yang ekonomis.

4. Menjalankan Bisnis Percetakan Dengan Tidak mengambil keuntungan yang terlalu banyak

Ini merupakan tips yang mungkin bisa kamu terapkan ketika memulai usaha percetakan. Mengapa? Karena manusia kebanyakan akan memilih dengan harga yang lebih murah dibandingkan toko yang lain terutama jika di Indonesia. Oleh karena itu, jika kamu menjual produk dari cetakan tersebut jangan sampai kamu mengambil terlalu banyak keuntungan didalamnya karena akan menyebabkan berpeluangnya para pembeli untuk bisa berpindah di toko sebelah.

Apabila kamu ingin mengambil keuntungan yang lebih sedikit, kamu harus bisa mengetahui harga yang ditawarkan dari toko-toko percetakan yang ada di daerahmu. Kemudian kamu turunkan seberapa tetapi tetap kamu mengambil keuntungan. Berusaha apapun itu haruslah mengedepankan sikap tanggungjawab dan kejujuran supaya para pembeli tidak akan menjauhi usahayang kamu bangun dengan susah payah tersebut.

Itulah artikel mengenai tips membuka usaha percetakan yang bisa dijadikan lahan bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan informasi mengenai tips membuka usaha percetakan yang bisa menghasilkan keuntungan besar.

Baca Juga

Referensi