Skip to main content

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Tips Investasi Saham Bagi Pemula
Sebelum Anda mulai melakukan investasi saham, ada baiknya Anda belajar investasi saham dengan mengetahui apa saja tips Investasi Saham yang paling dasar dan penting terlebih dahulu. Mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang merupakan salah satu keinginan semua orang yang ada di dunia ini. Bahkan tidak ada satu orang pun yang menginginkan kesusahan di masa tuanya. Untuk dapat meraih hal tersebut di masa tua pastinya kita sebagai manusia harus mempunyai bekal atau persiapan yang dimulai sejak dini supaya bisa lebih siap dalam menghadapi hari esok.

Banyak persiapan yang bisa dilakukan sejak dini, salah satunya dengan menginvestasikan sebagian harta yang Anda punyai dengan membeli saham. Apa sih maksud menginvestasikan harta? Maksudnya Anda menyisihkan harta untuk hari tuamu. Berbeda dengan menabung, kalau menabung uang yang di dapatkan akan sama sejak awal menabung dan diisi rutinnya.

Sedangkan jika Anda menginvestasikan hartamu ke dalam saham, bisa jadi sekarang hartamu bisa di ibaratkan angka satu, kemudian nantinya saat Anda akan mengambilnya bisa jadi akan menjadi angka 2 atau selebihnya. Mungkin Anda mempunyai keinginan untuk mendapatkannya. Nah, Anda bisa mempelajari bagaimana sih cara berinvestasi itu? Sekaligus Anda akan mendapatkan berbagai trik yang bisa Anda terapkan saat mempraktekkannya.

Berinvestasi saham merupakan salah satu hal yang bisa dibilang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin mendapatkan penghasilan di masa mendatang. Investasi ini bertujuan supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih setelahnya.

Daftar Isi :
  1. Mengenali perusahaan penjual saham tempat Anda akan berinvestasi
  2. Jangan terpancing harga saham yang murah
  3. Selalu menganalisis hal sekecil apapun terkait sebelum Anda mulai berinvestasi

Tetapi dalam berinvestasi saham juga tidak boleh sembarangan, karena bisa jadi bukan keuntungan yang didapatkan tetapi malah kerugian yang bisa membuatmu menjadi putus asa ataupun kehilangan modal dalam berinvestasimu. Banyak hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan jenis investasi yang satu ini. Jika Anda ingin melakukan investasi, Anda bisa membaca berbagai tips dan cara bermain saham online di bawah ini supaya Anda bisa meminimalisir terjadinya kegagalam dalam berinvestasi.

1. Mengenali perusahaan penjual saham tempat Anda akan berinvestasi

Sebelum membeli sebuah saham di perusahaan, alangkah baiknya Anda harus selalu memperhatikan perusahaan yang akan Anda beli bagian kepemilikannya tersebut. Karena dari situlah Anda bisa menentukan apakah sahamnya akan aman ataukah tidak aman.

Anda bisa mencari informasi saham di berbagai media baik offline maupun online. Kebanyakan perusahaan yang akan IPO sudah terdengar oleh media, jadi jika Anda tidak menemukan jejak medianya Anda harus lebih berhati-hati. Mengetahui informasi perusahaan juga sangat diperlukan supaya Anda bisa menganalisis apakah prospek kedepannya, perusahaan tersebut akan berkembang ataukan malah menurun.

2. Jangan terpancing harga saham yang murah

Harga saham kebanyakan merupakan cerminan dari perusahaan, jika perusahaan itu masih baru biasanya harganya akan lebih murah dan begitupula sebaliknya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan prospek yang bagus Anda bisa membeli yang sedikit mahal.

Tidak ada salahnya membeli saham yang murah karena kita tidak tau apakah perusahaan itu akan jaya ataukah makin lemas di pasar. Jika perusahaan makin berjaya pastinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi jika melemah pastinya Anda akan merugi.

Jika Anda melihat harga saham yang murah, Anda jangan terburu-buru dalam membelinya karena tidak kita ketahui apa yang menyebabkannya menjadi murah. Jika disebabkan oleh perusahaan yang masih baru mungkin bisa Anda analisis kembali prospeknya, tetapi jika merupakan perusahaan lama dan harganya semakin menurun Anda harus lebih memperhitungkannya. Bisa jadi harganya yang murah adalah salah satu indikasi bahwa perusahaan sedang mengalami masalah ataupun hal lainnya yang mungkin cukup beresiko jika membeli saham di perusahaan tersebut.

3. Selalu menganalisis hal sekecil apapun terkait sebelum Anda mulai berinvestasi

Jika Anda ingin bermain investasi terutama saham sendiri atau tidak bergabung orang lain, Anda harus mempunyai skill di dalam berinvestasi tersebut. Skill itu adalah cara Anda dalam menganalisis prospek dan hal terkait lainnya dalam berinvestasi.

Salah satu analisis yang mungkin harus di ketahui oleh para investor yaitu track record dari perusahaan yang menjual saham tersebut. Selain itu, prospek kedepan dari perusahaan juga harus diperhitungkan, apakah perusahaan akan semakin maju ataukah malah mundur. Semua itu merupakan kegiatan analisis yang harus dilakukan oleh para investor yang ingin membeli sehingga bisa meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan yaitu terjadi kerugian dalam pembelian.

Setelah Anda mengetahui berbagai tips di atas, pastinya Anda akan penasaran bagaimana sih cara membeli sebuah saham itu?. Tenang saja, karena dibawah ini Anda akan segera mengetahui informasi mengenai cara membeli saham bagi pemula.

Didalam pasar modal terdapat beragam produk saham yang bisa Anda beli. Dengan variasi tersebut Anda bisa menentukan mana yang terbaik di antara yang terbaik. Untuk membeli sebuah saham, umumnya minimal pembelian adalah 1 lot. Di dalam dunia investasi ini, 1 lot terdiri dari 100 lembar. Jadi bisa dikatakan Anda akan membeli 100 lembar saham per 1 lotnya.

Misalkan saja Anda akan membeli saham di Perusahaan A sebesar 3 lot atau bisa dikatakan 300 lembar. Nah, dari perusahaan menjual per-lembarnya sebesar Rp100.000.

Anda bisa menghitung berapa biaya yang harus Anda bayar dengan mengalikan harga per-lembarnya dengan jumlah saham yang Anda beli dan ditambah dengan nilai broker fee-nya. Broker fee jika dalam sistem online berkisar antara 0,15% hingga 0,2% jika dilihat dari nilai beli dan 0,25% hingga 0,3% jika dari nilai jual.

Berinvestasi saham bisa dikatakan mudah dan tidak mudah, tergantung bagaimana pemahamanmu mengenai dunia investasi yang satu ini. Jika Anda serius dan ingin mengasah skill dalam berbisnis investasi ini, Anda akan lebih mudah dalam memahaminya. Berbeda jika Anda hanya sekedar coba-coba, kemungkinan dalam hal penganalisisan juga akan kurang maksimal dan hasilnya pun akan kurang maksimal juga.

Itulah artikel mengenai tips investasi saham. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda ya sobat UangMania.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar