Skip to main content

Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Halo sobat UangMania, seberapa banyakkah pengetahuan Anda tentang kartu kredit terbaik yang ada di Indonesia dan di dunia? lalu apa sajakah produk kartu kredit terbaik yang beredar di Indonesia? pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab pada pembahasan di bawah ini. Silahkan Anda simak ya.

Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang menggantikan uang tunai dan berbentuk kartu yang diterbitkan bank guna memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi. Kartu ini  berbeda dengan kartu debit dimana dalam hal kartu ini ibarat memberikan pinjaman uang kepada nasabahnya dan bukan mendebit uang pada tabungan nasabahnya.

Bank-bank di Indonesia membuat kartu kredit dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dan cara kerja dari kartu ini diatur oleh BI (Bank Indonesia). Di Indonesia dan di dunia saat ini ada beberapa perusahaan jasa keuangan yang menerbitkan kartu ini misalkan saja VISA, American Express dan Mastercard.

Dengan memiliki Kartu Kredit saat ini juga akan memudahkan Anda dalam pengajuan KPR dan KTA. Hal ini bisa terjadi karena dengan melihat histori transaksi dan pelunasan tagihan kartu  kredit Anda maka Bank dapat menjadikannya sebagai acuan dalam menilai kolektibilitas debitur.

Apa Saja Jasa Keuangan Penerbit Kartu Kredit Terbaik di Indonesia?

Beberapa perusahaan jasa keuangan yang menerbitkan kartu kredit di dunia termasuk di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. JCB

Penyedia kartu kredit JCB ini berpusat di negara Tokyo,Jepang.Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1961 M. Perusahaan JCB ini sudah menerbitkan sekitar 83 juta kartu di 16 negara dan termasuk Indonesia. Salah satu contoh kartu yang diterbitkan yaitu Kartu BNI JCB Platinum Card.

2. Terbitan Bank

Beberapa bank swasta juga turut dan sekaligus menjadi penyedia kartu kredit,dan biasanya di setiap bank memiliki kartu khusus yang hanya bisa berlaku di tempat - tempat tertentu. Salah satu contoh kartunya yaitu Kartu Kredit BCA Indomaret.

3. VISA

VISA ( Visa International Service Association ) merupakan salah satu perusahaan penyedia pelayanan kartu kredit terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Visa International sejak tahun 1958 yang berpusat di Amerika Serikat yakni di Foster City, California. Visa kebanyakan digunakan oleh negara - negara di kawasan Asia termasuk Indonesia.Contoh kartu yang di terbitkan oleh Visa yaitu Kartu Kredit BRI Touch Visa Gold.

4. Mastercard

MasterCard merupakan salah satu penyedia kartu kredit terbesar di dunia yang didirikan oleh MasterCard Worldwide yang berpusat di Purchase,New York,Amerika Serikat sejak tahun 1966.Walaupun area jangkauannya bisa hampir seluruh dunia ,namun perusahaan penyedia kartu ini paling banyak digunakan di negara Amerika dan Eropa .Contoh kartu yang di terbitkan oleh MasterCard yaitu Kartu Kredit Standard Chartered MasterCard Platinum.

Bank Penerbit Kartu Kredit di Indonesia

Lalu bank di Indonesia mana sajakah yang menerbitkan kartu kredit terbaik? berikut kami berikan daftarnya.
  1. HSBC
  2. Citibank
  3. CIMB Niaga
  4. Bank Permata
  5. Bank Sinarmas
  6. Bank Bukopin
  7. Bank BJB
  8. Bank Mandiri
  9. Standard Chartered
  10. ANZ
  11. Maybank
  12. UOB Indonesia
  13. Bank Panin
  14. Bank Mega
  15. BCA
  16. Bank BNP
  17. AEON
  18. DBS Indonesia (Digibank)
  19. BNI
  20. BTN
  21. OCBC NISP
  22. BNI Syariah
  23. BRI
  24. Bank Danamon

Apa Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit?

Terdapat perbedaan antara kartu debit dengan kartu kredit. Apa saja? berikut kami beri ulasannya untuk Anda.

1. Proses pengajuan Pembuatan Kartu

Untuk kartu debit, pembuatannya sangat mudah yaitu hanya dengan membuka rekening tabungan maka Anda akan mendapatkan opsi untuk mencetak kartu debit sedangkan untuk kartu kredit, Anda harus mengajukan permohonan secara khusus terlebih dahulu yang kemudian bank akan mempertimbangkan banyak aspek untuk dapat menyetujui permohonan Anda.

2. Cara Pembayaran

Kartu debit memiliki limit bayar hanya sebesar nilai tabungan Anda saja, begitu Anda menggunakan kartu debit maka saldo tabungan Anda akan otomatis berkurang sedangkan untuk kartu kredit maka ketika anda menggunakannya maka akan menjadi hutang kepada bank dan Anda harus membayar tagihan kartu tersebut dan juga memiliki limit tertentu.

3. Kemudahan dan promo

Untuk penggunaan kartu debit dalam membayar tagihan belanja biasanya tidak ada promo atau diskonnya. Berbeda dengan penggunaan kartu kredit misalkan untuk pembelian bahan bakar pada merchant tertentu yang telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu maka Anda akan mendapatkan potongan harga atau diskon.

Pihak yang Terlibat dalam Sebuah Transaksi Kartu Kredit

Kartu kredit yang beredar di Indonesia ini memiliki stakeholder atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap keberadaan kartu tersebut. Pihak stakeholder dari kartu ini adalah sebagai berikut.
  1. Pemilik toko dengan layanan transaksi (merchant)
  2. Prinsipal (credit card principal)
  3. Pemegang (card holder)
  4. Bank penerbit (card issuer)
  5. Regulator perbankan (central bank)
  6. Pihak pengelola transaksi (acquirer)

Besar Suku Bunga Kartu Kredit di Indonesia

Banyak orang yang penasaran mengenai berapa suku bunga kartu kredit yang ada di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa suku bunga untuk kartu yang diterbitkan oleh bank yang berbeda akan berbeda pula tingkat suku bunga yang diterapkan. Tingkat suku bunga efektif kartu ini ada yang sebesar 3% sampai dengan 36% setahun atau untuk per bulan sebesar 2,75% sampai dengan 3% sebulan.

Keuntungan Memiliki Sebuah Kartu Kredit

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan bila memiliki kartu kredit. Keuntungannya adalah sebagai berikut :

1. Memudahkan Anda ketika berbelanja karena Anda tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar

2. Semua jenis dan item belanja Anda dalam sebulan akan terdaftar dan tersimpan dengan rapi dalam rincian tagihan sehingga akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi pengeluaran bulanan Anda

3. Pengelolaan keuangan Anda akan lebih rapi dan terukur karena lengkapnya laporan tagihan yang diberikan oleh penyedia kartu.

4. Beberapa kartu kredit memberikan pelayanan lebih seperti adanya asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi kehilangan dan asuransi kerusakan atas barang atau jasa yang Anda beli menggunakan kartu tersebut.

5. Tingkat keamanan transaksi dengan menggunakan kartu ini relatif terjamin.

6. Pengguna kartu kredit memiliki banyak kejutan seperti misalkan mendapatkan promo, voucher, hadiah dan bentuk penghargaan lainnya dari bank penerbit kartu.

Promo yang Ditawarkan Kartu Kredit

  1. Welcome Bonus
  2. Promo Dining
  3. Cashback
  4. Poin Reward
  5. Travel
  6. Gratis Iuran Tahunan
  7. Premium
  8. Pembelian Bahan Bakar
  9. First Card

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Syarat Pengajuan kartu kredit adalah sebagai berikut.

1. Minimal usia pengguna utama : 21 tahun

2. Maksimal usia pengguna utama : 60 tahun

3. Minimal usia pengguna tambahan : 17 tahun

4. Minimal Pemasukan sebulan : Rp 5.000.000

Dokumen yang Disyaratkan Untuk Permohonan Kartu Kredit

1. Untuk Karyawan

  • FC Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)
  • Surat Keterangan Penghasilan / Gaji
  • FC Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

2. Untuk Wirausaha

  • FC Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)
  • FC Rekening koran atau buku tabungan
  • FC Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • FC Izin Usaha

3. Untuk Profesional

  • FC Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)
  • Surat Keterangan Penghasilan / Gaji
  • FC Izin Profesi
  • FC Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Biaya yang Terkait dengan Kartu Kredit?

1. Biaya pengecekan tagihan
Penerbit kartu kredit akan mengenakan cost untuk mencetak rincian tagihan ,akan tetapi pemilik kartu bisa meminta kepada bank penerbit untuk mengirim rincian tagihannya ke alamat email sehingga tidak dikenakan biaya alias gratis.

2. Meterai
Pengguna kartu kredit akan di kenakan cost meterai senilai Rp 3.000,00 untuk setiap transaksi senilai Rp 250.000,00 s/d Rp 1.000.000,00 dan untuk transaksi yang nilainya di atas Rp 1.000.000,00 akan dibebankan biaya materi senilai Rp 6.000.

3. keterlambatan
Setiap muncul nya tagihan bulanan, pemegang Kartu Kredit wajib membayar jumlah tagihan minimum sebesar 10% pada waktu yang ditentukan.Apabila tidak membayar tagihan maka bank akan mengenakan biaya keterlambatan pembayaran.

4. tarik cash atau tunai
Seseorang/pemegang Kartu Kredit dapat menarik uang tunai di ATM dengan kartu init, tetapi akan dikenakan biaya sekitar 3-6% dari jumlah uang yang akan ditarik.

5. biaya tahunan / annual fee
Biaya tahunan ini dikenakan oleh pihak penerbitnya sebagai biaya atas jasa pemrosesan transaksi yang telah diberikan oleh pihak penerbit.

6. bunga
Penerbit kartu kredit hanya akan dikenakan bunga apabila sang pemilik tidak membayar tagihannya secara penuh.

Limit Kartu Kredit

Bank penerbit kartu kredit memberikan nilai maksimal penggunaan atau limit yang berbeda-beda tergantung dari jumlah penghasilan seseorang atau jenis kartu yang diberikan. Orang yang memiliki penghasilan setahun sebesar 150 juta dan misalkan telah bekerja selam 10 tahun dan memiliki track record yang baik kemungkinan besar akan diberikan limit yang tinggi bila dibandingkan dengan orang yang baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan yang lebih sedikit.

Keamanan Transaksi Kartu Kredit

Transaksi menggunakan kartu kredit selalu dijaga keamanannya dengan memberikan verifikasi lewat nomor PIN atau tanda tangan ketika menggunakan mesin EDC. Jadi selalu pastikan nomor PIN Anda tidak diketahui oleh orang lain. Jika nomor dan/atau Anda hilang maka sebaiknya Anda langsung laporkan ke Bank Penerbit kartu tersebut untuk dapat segera memblokir transaksi yang terjadi kemudian.

Itulah ulasan mengenai kartu kredit terbaik di Indonesia yang dapat sobat UangMania gunakan sebagai referensi untuk memilih. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat Anda ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar