Skip to main content

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan


8+ Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
Bagaimanakah cara meningkatkan produktivitas kerja? pertanyaan ini banyak ditanykan oleh para karyawan di semua tingkatan perkerjaan. Bekerja adalah suatu hal yang dilakukan untuk mendapatkan upah atau gaji yang telah disepakati sejak awal dan hampir sebagian warga Indonesia menghabiskan waktunya untuk bekerja. Namun banyak tantangan yang harus dihadapi saat bekerja.

Siapa nih disini yang suka badmood saat sedang bekerja? Atau tiba tiba semangat hilang begitu saja? Pasti menjengkelkan bukan? Selain menghambat produktivitas, hal ini tentu mengganggu konsentrasi kita. Ada beberapa faktor yang membuat produktivitas kita menjadi berkurang. Salah satunya adalah bosan dengan apa yang dilakukan, bosan dengan suasana kantor yang monoton dan banyak lagi alasan lainnya.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tentunya kita tak mau terus menerus terjebak dengan menjadi tidak semangat sepanjang hari saat bekerja sehingga membuat produktivitas kita berkurang kan? nah, ternyata kita bisa menumbuhkan jiwa produktivitas kita dengan berbagai macam cara. Mari kita bahas beberapa cara jitu yang bisa mengembalikan jiwa produktivitas kita.

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Biasakan diri untuk tidak begadang

Hampir semua pekerja kantoran pernah melakukan begadang. Entah dengan tujuan yang jelas maupun tidak. Jika tidak ada tujuan yang jelas, hal ini sangat disayangkan karena bisa menyebabkan kurang tidur dan efeknya terasa keesokan harinya di kantor.

Sangat jelas hal ini mengganggu produktivitas kita karena kita tidak bisa focus terhadap pekerjaan karena mata mengantuk. Belum lagi kena omel rekan kerja yang lain. Pasti sangat menyebalkan bukan.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Buat jadwal bangun pagi yang teratur

Cara meningkatkan produktivitas kerja yang selanjutnya adalah dengan membuat jadwal. Hal ini mungkin masih dianggap lebay oleh beberapa kalangan, namun membuat jadwal bangun pagi juga bisa menjadi andalan bagi sebagian orang. Namun tidak bagi orang-orang yang telah mengetahui manfaatnya.

Mereka pasti akan merasa sangat terbantu dengan jadwal kerja yang mereka buat. Tidak ada kata bangun siang di jadwal mereka. Weekend maupun weekday sama saja bagi mereka. Toh apa salahnya juga bangun pagi. Mereka tentu bisa merasakan segarnya udara di pagi hari.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Jangan lupakan sarapan pagi

Sarapan pada hari kerja bisa menjadi salah satu faktor pendukung produktivitas kita di kantor. Banyak penelitian mengatakan sarapan pagi bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam menjalani hari-hari yang berat. Apa susahnya coba untuk sarapan pagi.

Yang perlu menjadi catatan adalah menu sarapan pagi hari kerja yang seimbang. Pilih menu yang penuh dengan nutrisi, bukan yang hanya mengenyangkan saja. Hal ini agar tubuh kita bisa optimal menjalani hari, bukan malah mengantuk di kantor karena kekenyangan. Bisa jadi kamu kena omel bos nanti.

4. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Buat list apa yang harus dikerjakan hari ini

Siap siap kamu akan sedikit ditertewakan oleh rekan kerjamu. Tapi jangan pernah merasa minder. Justru kamu sudah satu langkah di depan mereka. Biasakan membuat list daftar kerja yang harus kamu kerjakan hari ini.

Hal ini sangat membantu untuk time management mu. Kamu bisa menempatkan pekerjaan yang berat diawal list agar tidak kerepotan saat date line. Hal ini dilakukan agarkamu bisa mengerjakannya dengan tenaga serta pikiran yang masih fresh. Selain itu,buatlah list tersebut semenarik mungkin agar kamu tidak merasa bosan melihat list tersebut. Kamu bisa gunakan kertas warna warni, spidol, kertas lipat dan sebagainya.

5. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Buat list apa yang harus dikerjakan saat jam istirahat

Cara meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan membuat list kegiatan. Bagi sebagian orang, waktu istirahat bisa menjadi pelarian sesaat dari kejenuhan di kantor. mereka berekspetasi bahwa mereka akan menghabisakn jam istirahat dengan bermacam kegiatan. Namun nyatanya mereka cuman bisa makan siang dan mungkin tidur sejenak.

Inilah kelebihan dari membuat list pekerjaan tersebut. Bagi siapapun yang membuat list ini, mereka tidak akan kebingungan apa yang harus dilakukan karena mereka telah membuat list dengan kegiatan serta prediksi waktu yang ditentukan dari awal. Tentu saja hal ini sangat membantu karena tidak ada waktu istirahat yang terbuang dengan percuma. Dan kita bisa memanfaatkan waktu istirahat yang kita punya dengan optimal. Benar kan?

6. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Dengarkan musik favorit

Siapa sih yang nggak punya lagu favorit untuk didengarkan pada saat sedang kerja? Pasti punya kan. Nah kita bisa membangun mood kita untuk meningkatkan produktivitas dengan mendengarkan music favorit kita. Banyak loh penelitian yang mengatakan bahwa mood seseorang dipengaruhi oleh music yang kita dengarkan.

Oh ya, music yang didengarkan harus disesuaikan dengan ritme pekerjaan kita. Saat baru tiba di kantor dengarkan lagu jazz untuk membuat tubuh serta pikiran rileks. Saat pekerjaan mulai berat, nyalakan lagu dengan genre yang up beat tapi bukan yang metal agar konsentrasi tidak terganggu. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai playlist yang kita nyalakan mengganggu rekan kerja lainnya. Gunakan Earphone maupun headphone pribadi.

7. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Buat meja kerja senyaman meja di rumah

Eits, tunggu dulu, bukan berarti kita membawa semua perabot di rumah untuk diletakkan di meja kerja, tapi membawa suasana dan energi positif ke meja kantor. Bagaimana caranya? Mungkin itu pertanyaan yang langsung diutarakan. Bisa hias meja mu dengan boneka, foto orang kesayangan atau bahkan pasang poster idola mu. Yang perlu diingat adalah seramai apapun meja kerjamu, usahakan tetap rapi dan tertata karena meja yang rapi dan tertata mengindikasikan pemikiranmu juga tertata.

8. Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Hindari makan siang dengan porsi besar

Cara meningkatkan produktivitas kerja yang terkahir yaitu hindari makan siang dengan porsi yang banyak. Siapa sih diantara kalian yang tak tergoda melihat sepiring nasi padang dengan es campur disampingnya? Nah ini kesalahan yang sering pekerja lakukan. Melihat nasi padang dengan es  campur seolah melihat surga dunia.

Ternyata makan siang dengan porsi besar di hari kerja tidak optimal dalam menghasilkan energy untuk melanjutkan kegiatan hingga sore hari. Hal itu karena sebagian besar menu yng kita makan hanya mengandung gula yang berlebihan. Dan ini membuat energy yang dihasilkan hanya bertahan sesaat. Akali menu makan siang anda dengan buah buahan dan juga yoghurt. Perbanyak serat serta protein yang masuk serta kurangi gula. Kunci dari semua uraian diatas adalah tidak adanya rasa canggung ataupun malu,serta konsisten terhadap hal yang dikerjakan dari awal.

Nah itu tadi beberapa tips dan trik bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja. Semoga uraian diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian dan membawa dampak positif kedepannya.