Skip to main content

Cara Cek Saldo dan Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online


Cara Cek Saldo dan Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online
Bagaimana cara cek saldo dan mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan? tentu Anda yang bekerja sebagai karyawan pernah terpikir tentang hal ini. BPJS sudah menjadi salah satu fasilitas yang bias dikatakan wajib dimiliki oleh setiap masyarakat yang ada di Indonesia. Karena dengan BPJS, seseorang bisa lebih mudah dan tenang dalam menghadapi persoalan kedepannya dalam lingkup pekerjaan.

Seperti yang  sudah kita ketahui, bahwa BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Di dalam BPJS juga terdapat beberapa bentuk, salah satunya yaitu BPJS Ketenagakerjaan yang ditujukan khusus untuk lingkup dunia kerja.

BPJS Ketenagakerjaan dulunya sering dikenal sebagai Jamsostek yang dikeluarkan oleh perusahaan ataupun bentuk lainnya yang ditujukan untuk para karyawan dan jajarannya. Dikarenakan adanya UU baru, maka namanya berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Pada saat ini, perusahaan harus mendaftarkan para karyawannya untuk mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga bisa dipastikan semua orang yang bekerja dibawah pimpinan atau dalam lingkup kerja akan mendapatkannya.

Mungkin Anda salah satu karyawan yang mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan di tempat kerjaanmu? Jika iya Anda harus bisa menggunakannya semaksmial mungkin. Anda bisa mengetahui informasinya dibawah ini.

Cara Cek Saldo dan Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda memiliki BPJS Ketenagakerjaan yang sudah diberikan oleh tempat kerja, Anda harus berusaha untuk menggunakannya semaksimal mungkin. Jangan sampai hanya dijadikan sebagai barang nganggur saja, karena akan terasa percuma nantinya.

Mungkin Anda akan mengira bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini hanyalah produk semata tanpa adanya proses didalamnya. Ternyata BPJS Ketenagakerjaan ini bisa Anda cek saldonya bahkan bisa Anda cairkan lho.

Pasti Anda akan mempunyai beragam pertanyaan mengenai BPJS yang bisa dicairkan bukan? Nah, tenang saja karena pada artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara mengecek saldo sekaligus cara mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Melakukan Pengecekan Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan sangatlah bisa dilakukan oleh siapa saja. Terlebih lagi dizaman sekarang yang sudah maju dalam hal teknologi, pastinya segala jenis pekerjaan termasuk cek saldo akan semakin mudah.

Mungkin jika dahulu untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan harus menunggu kiriman dari pihak BPJS-nya dan itupun setahun sekali. Kini semuanya sudah mengalami perkembangan yang sudah bisa dicek langsung dengan mudah. Banyak sekali cara mengecek saldo di BPJS Ketenagakerjaan, Anda akan mengetahuinya dengan membacanya dibawah ini.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mendatangi Kantor BPJS

Ini merupakan cara yang sudah mulai ditinggalkan, meskipun masih bisa dilakukan. Anda hanya perlu mendatangi kantor BPJS setempat dan memohon pencetakan saldo BPJS yang Anda punyai.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Website Resmi

Sala satu hasil dari adanya teknologi dalam hal seperti ini yaitu kemudahan dalam melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Anda tidak perlu lagi mendatangi kantor BPJS atau bahkan menunggu selama satu tahun untuk mengeceknya.

Sekarang Anda bisa mengecek secara langsung di website resmi milik BPJS Ketenagakerjaan yaitu www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Bagaimana caranya? Anda bisa membacanya dibawah ini. Hal pertama untuk mengecek saldo lewat website yaitu pastinya Anda harus melakukan pendaftara terlebih dahulu di website resminya jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar atau didaftarkan.

Saat mendaftar Anda harus menyiapkan berbagai data pendukung seperti kartu BPJS Ketenagakerjaan, nomor KPJ, dan lain sebagainya.  Selain itu Anda juga harus mendaftar pada tab tenaga kerja jika bestatus sebagai tenaga kerja. Nantinya aka nada formulir pada websitenya, nah silahkan Anda isi dengan sebenar-benarnya supaya tidak menjadi sebuah permasalahan nantinya. Setelah Anda mengisi dan melakukan submit, nantinya Andaa kan mendaatkan kode akltifasi yang akan dikirimkan pada email ataupun nomor seluler yang Anda cantumkan pada formulir yang Anda isi tersebut.

Langkah selanjutnya setelah Anda mengetahui id dan passwordnya, kemudian Anda login pada website menggunakan akun yang Anda daftarkan. Setelah masuk, Anda pilih lihat saldo JHT dan pilih opsi KPJ BPJS Ketenagakerjaan.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTK Mobile

Aplikasi ini merupakan salah satu perkembangan terbaru yang dimunculkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbaga aktifitas yang bisa diperoleh dari BPJS seperti pengecekan saldo dan lain sebagainya. Cara menggunakan aplikasi ini pun juga terbilang sangat mudah karena kembali lagi pada prinsip teknologi yang berfungsi untuk memudahkan semua pekerjaan manusia, salah satunya ya aplikasi ini.

Untuk menggunakannya pastinya Anda harus mempunyai aplikasi BPJSTK Mobile ini. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di market gadgetmu. Baik pengguna iOS, Android, maupun Blackberry sudah tersedia dan bisa didownload dengan mudah dan pastinya gratis. Setelah Anda menginstallnya, Anda bisa langsung membuka dan memasukkan akun yang sudah Anda punyai. Apabila belum punya akunnya Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu seperti pada pendaftaran lewat website yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Cara Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Untuk dapat mencairkan dana yang ada pada BPJS Ketanagakerjaan Anda bisa langsung mendatangi kantor terdekatnya secara langsung. Meskipun bisa diwakilkan, tetapi untuk lebih memperlancar pencairan sebaiknya Anda mendatanginya secara langsungtanpa diwakilkan. Setelah itu Anda bisa meminta informasi sekaligus formulir pencairannya yang sudah disediakan oleh petugas BPJS.

Anda juga harus melampirkan beberapa hal seperti Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli, KTP, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh pihak BPJS. Setelah selesai mengisi formulir sekaligus menyertakan berbagai dokumen, nantinya petugas akan melakukan penmeriksaan kelengkapan dokumen dan verifkasi data. Setelah petugas selesai  memverifikasi dan lolos, Anda bisa melakukan pencairan dana BPJS yang Anda punyai.

Itulah artikel mengenai cara cek saldo dan mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang masih bingung dalam melakukan pengecekan atau pencairan dana di BPJS yang Anda punyai.