7 Ide Bisnis Usaha Sampingan Terbaik Bagi Karyawan

Usaha Sampingan : 7 Ide Bisnis Terbaik Bagi Karyawan - Halo sobat UangMania, usaha sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan tetapi banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan keterbatasan modal yang dimiliki.

Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan maka dari itu tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha.

Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usaha yang sedang dijalankan. Lalu ujung-ujungnya, ketika usaha sedang mulai berjalan bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.

Usaha Sampingan : 7 Ide Bisnis Terbaik Bagi Karyawan

Berikut ini akan kami paparkan beberapa pekerjaan atau usaha sampingan dengan modal kecil bahkan tanpa modal yang dapat menambah penghasilan utama kalian.

1. Menjual foto di internet
Jika kalian memiliki hobi fotografi, kalian bisa menghasilkan uang dari foto-foto yang kalian bidik, caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online.

Untuk tahap awal, kalian cobalah dua situs penjualan foto terpuler ini: Istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan ShutterStock.com (komisi 20-30%). Setelah itu, situs-situs lain yang bisa dicoba seperti Fotolia.com dan StockFresh.com.

Siapkan juga akun PayPal kalian agar kalian mudah menerima komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut. Modal yang perlu kalian siapkan untuk usaha sampingan ini dapat dibilang tanpa modal.

Asumsinya kalian menggunakan kamera digital yang kalian miliki dan dana koneksi internet dimasukkan dalam anggaran bulanan kalian.

2. Jasa cuci motor
Kini pengguna motor sangat banyak, mengapa tidak kalian coba membuat jasa cuci motor.
Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dan ringan dibanding jasa cuci mobil, mulai dari sisi peralatan pun cukup sederhana, kalian hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor.

Sementara itu, dari sisi modal, kalian cukup memiliki Rp 2 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana, modal ini lebih besar (Rp 10 juta) jika kalian ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

Alokasinya adalah Rp 2 juta untuk sewa tempat, Rp 5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp 3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional, tentunya jika dijalankan dengan giat modal tersebut akan memberi keuntungan berlipat.

3. Membuat warkop sederhana
Ide bisnis sampingan lain yang bisa kalian coba adalah membuat warung kopi (warkop) sederhana, dimana usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah kalian atau tempat yang kalian sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri.

Secara hitung-hitungan di atas kertas, bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat, sebagai contoh modal segelas kopi adalah Rp 2.000 dan kalian menjualnya seharga Rp 4.000.Selain itu, kalian juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan, dan mie instan rebus/goreng yang kalian buat sendiri.

Tak hanya itu warkop sederhana ini bisa kalian perbesar nantinya ketika omsetnya terus bertambah dengan demikian, mungkin saja kalian mengikuti jejak Yayank S. Sahara yang sukses berbisnis kedai kopi sekelas kedai kopi merek ternama yang tentunya dirintis dari nol.

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini secara sederhana? Kalian bisa memulainya dengan modal Rp 10 juta. Dimana uang tersebut sebagian besar dialokasikan untuk membeli sejumlah peralatan (gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain) dan menyewa tempat jika bukan menggunakan rumah kalian.

4. Jasa desain grafis
Kalian karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis atau menyukai desain grafis atau kalian memiliki minat di bidang ini, kalian menghasilkan uang dari keterampilan tersebut.
Sebagai contoh, kalian bisa membuat jasa desain kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior dan jangan khawatir kalau di lingkungan tempat kerja kalian belum atau tidak ada konsumennya.

Kalian bisa memanfaatkan pasar desainer online yang ada di Indonesia, seperti Sribu.com dan Projects.co.id. Terlebih jika bisa berbahasa Inggris, kalian bisa mencoba pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Beberapa situs luar negeri yang biasa digunakan desainer graifis Indonesia pada umumnya adalah 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).

5. Jasa penerjemahan
Jika kalian seorang karyawan yang mahir suatu bahasa, kalian bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa penerjemahan baik langsung maupun online.
Usaha sampingan ini relatif tidak merepotkan karena kalian bisa lakukan sebelum atau sesudah kerja bahkan, jika kalian libur, kalian bisa optimal menjalankan usaha ini.

Jasa penerjemahan bisa dibilang tanpa modal jika kalian sudah memiliki laptop, mesin cetak, dan tiap bulannya rutin internetan dan kalian juga bisa memanfaatkan Google Translate jika kalian sekarang tidak punya kamus untuk melihat arti kata-kata asing yang Anda tidak ketahui.

Kalian bisa membuka jasa penerjemahan ini di lingkungan tempat tinggal kalian atau bergabung di pasar online yang menyediakan jasa penerjemahan. Dua situs yang bisa Anda coba adalah Freelancer Indonesia dan Sribulancer yang dapat kalian ikut gabung secara gratis.

6. Jasa pengetikan
Seperti halnya jasa penerjemahan, kalian umumnya tidak perlu modal menjalankan jasa pengetikan,  sebaiknya kalian pilih jika tinggal di lingkungan sekolah atau kampus.

Jamak diketahui, banyak siswa dan mahasiwa yang malas mengetik tugas atau skripsinya dan perihal tarif, kalian bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata sebagai contoh, Rp 2.000 untuk per halaman.

7. Jual beli motor bekas
Jual beli motor bekas bisa juga kalian coba untuk memulai bisnis sampingan selain tidak merepotkan, usaha sampingan ini memiliki supply dan demand yang besar. Namun kekurangan usaha ini adalah banyak motor yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya, onderdil aslinya sudah diganti dengan yang palsu, dan hasil curian.

Untuk memulai jual beli motor, kalian tidak mesti memiliki modal besar bahkan, kalian tidak perlu modal uang jika kalian berperan sebagai makelar.

Cukup dengan modal kepercayaan saja, kalian bisa meraup sejumlah keuntungan misalnya, motor bekas milik tetangga kalian tawarkan ke sejumlah rekan kerja kalian. Salah satu dari mereka membeli motor tersebut sehingga kalian mendapatkan sejumlah keuntungan, dan belum lagi bila kalian mendapat komisi dari pemiliki motor tersebut.

Jika pun harus mengeluarkan modal, mulailah dengan membeli motor bekas di bawah Rp 10 juta, dengan modal tersebut, kalian dapat memiliki dua motor bebek bekas yang siap dijual. Perihal harga, sesekali pantau harga motor bekas secara online misalnya saja, harga motor bekas Supra di OLX.co.id.

Itu semua merupakan beberapa usaha sampingan yang dapat kalian lakukan atau mulai. Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat kalian dalam memiliki usaha sampingan karena banyak usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil dengan hasil yang cukup lumayan.

Jadi, pilih salah satu dari beberapa ide usaha sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi kalian saat sekarang.

Lalu buat rancangan bisnisnya sehingga kalian bisa mengelola usaha sampingan tersebut dengan baik, tanpa mengganggu produktivitas kerja kalian sebagai karyawan

Selain usaha-usaha di atas, ada beberapa macam usaha yang bisa dikembangkan dan dicari informasinya melalui internet, seperti bisnis properti, bisnis kuliner, bisnis pulsa, dan masih banyak lagi bisnis yang bisa di dapat.

Semoga informasi Usaha Sampingan Ide Bisnis Terbaik Bagi Karyawan di atas dapat bermanfaat bagi sobat UangMania dan dapat menambah ilmu serta wawasan dalam mengembangkan bisnis. Selamat mencoba.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "7 Ide Bisnis Usaha Sampingan Terbaik Bagi Karyawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel