Skip to main content

Langkah Membuat Perencanaan Bisnis

20+ Langkah Membuat Perencanaan Bisnis
Salam hangat, pada artikel ini kami akan mengulas langkah membuat perencanaan bisnis sebelum Anda memulai kegiatan usaha. Bagi setiap orang yang akan memulai bisnis baik berupa bisnis online maupun offline, maka bisa dikatakan sebelum memulai segala sesuatunya harus didahului dengan perencaan bisnis yang matang.

Seperti kata bijak mengatakan "membuat perencanaan bisnis yang baik sudah merupakan 50% dari keberhasilan". Ada juga kata bijak lainnya yaitu "tanpa perencanaan maka Anda sedang berencana untuk gagal". Tentu kita tidak boleh menyepelekan suatu nasihat karena nasihat tersebut tentu tidak sembarangan muncul begitu saja melainkan merupakan hasil dari pengalaman orang-orang yang sudah merasakan perbedaaan antara memiliki perencanaan di awal dengan tanpa perencanaan.

Bukan hanya dalam membuat perencanaan bisnis atau usaha, perencanaan tanpa kita sadari telah kita gunakan dalam setiap kegiatan kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika Anda masih sekolah, maka Anda akan bangun tidur di pagi hari dalam waktu yang cukup untuk mandi, sarapan, mempersiapkan peralatan sekolah hingga Anda tidak terlambat datang ke sekolah. Anda telah melakukan perencanaan waktu atau time planning sejak Anda bangun tidur sampai dengan sampai di sekolah.

Maka dari itu untuk perencanaan bisnis ini tidak akan berbeda jauh konsepnya dibandingkan dengan pengalaman sehari-hari Anda. Bagi Anda yang baru akan memulai usaha bisnis online maupun offline, maka UangMania akan memberikan kiat dan tips terbaik sesuai dengan pengalaman tim UangMania.com yang sudah dapat diterapkan dan relatif berhasil memitigasi risiko bisnis Anda kedepannya dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Berikut ini UangMania uraikan tips-tipsnya khusus buat Anda. Silahkan Anda simak dan pahami ya.

  1. Tentukan Brand atau merk bisnis Anda
  2. Siapkan metode marketing Brand Anda semasif mungkin
  3. Siapkan first impression yang baik untuk calon pelanggan Anda
  4. Rencanakan standar service quality bisnis Anda untuk dapat memuaskan pelanggan
  5. Rencanakan Jenis dan tingkat kualitas barang yang Anda jual
  6. Siapkan layanan purna jual atau Call Center bagi pelanggan Anda
  7. Siapkan branding Merek usaha Anda pada saat penjualan selesai
  8. Riset beberapa kompetitor atau saingan Anda yang sudah relatif sukses
  9. Buatlah list kelebihan dan kekurangan para kompetitor Anda
  10. Anda harus selalu mengupdate informasi terkait hal baru pada bidang bisnis Anda
  11. Siapkan mekanisme quality control barang dagangan Anda
  12. Usahakan untuk menyediakan jenis barang dagangan yang selengkap-lengkapnya di bidang usaha usaha Anda untuk tetap menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan Anda
  13. Rencanakan untuk memberikan bentuk service atau layanan yang belum diberikan kompetitor Anda.
  14. Pastikan bahwa jalur distribusi dari suplier barang Anda dapat berjalan lancar sepnjang tahun.
  15. Usahakan untuk mendaptkan suplier utama Anda yang sudah berpengalaman dan terpercaya.
  16. Anda harus selalu memperhatikan dan mencari informasi tekait perubahan dan inovasi baru yang dilakukan oleh pesaing atau kompetitor Anda.
  17. Siapkan mekanisme bonus bagi karyawan Anda apabila target penjualan telah terlampaui.
  18. Siapkan segala bentuk perizinan bagi usaha Anda termasuk kewajiban perpajakannya.
  19. Apabila memungkinkan maka Anda perlu untuk melakukan pembukuan bagi usaha Anda. Namun apabila Anda masih belum sempat melakukan pembukuan yang rinci maka Anda dapat melakukan pencatatan sederhana atas kegiatan pembelian dan penjualan barang dagangan Anda.
  20. Khusus untuk barang dagangan Anda yang kurang peminat maka Anda dapat memberikan discount atas barang yang sepi peminat tersebut.

Apabila Anda telah memahami dan menerapakan langkah perencanaan bisnis yang telah disebutkan di atas, maka tentu merupakan suatu usaha yang tidak sia-sia dan semoga merupakan 50% dari langkah keberhasilan dan sukses bisnis Anda. Silahkan Anda jalankan langkah-langkah di atas ya sobat.

Kesimpulan

Setiap orang yang akan memulai bisnis atau usaha baik online maupun offline perlu untuk membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu sebelum memulai usahanya. Tanpa membuat perencanaan yang jelas maka tentu Anda sedang berencana untuk gagal.

Banyak tips dan kiat dalam perencanaan bisnis atau usaha dan telah UangMania uraikan dalam pembahasan di atas. Silahkan Anda terapkan kiat-kiat merencanakan bisnis tersebut dan UangMania mengharapkan testimoni dan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ya..

Sekian yang dapat UangMania jelaskan mengenai langkah membuat perencanaan bisnis sebelum memulai usaha ini. Semoga sukses selalu buat Anda ya sobat UangMania.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar