5 Perbandingan Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan

Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, Mana yang Lebih Baik? - Halo sobat UangMania, bicara mengenai tabungan dan asuransi memang terkadang kita sering bingung untuk membedakan khususnya bagi orang yang masih awam dalam dunia asuransi.

Namun, sebenarnya mudah untuk membedakan keduanya. Tabungan ialah suatu bentuk simpanan yang biasanya berbentuk uang dan pengambilannya dalam tempo waktu dan syarat yang telah ditentukan sebelumnya.

Jadi, tabungan sendiri tergantung orang yang ingin menabungnya dan tidak ditentukan oleh syarat-syarat ketentuan yang berbeda-beda.

Tabungan merupakan salah satu hal yang sering dilakukan banyak orang untuk kehidupannya kedepannya. Seseorang pasti memiliki simpanan untuk masa depan ataupun keperluan kedepannya.

Maka dari itu banyak orang yang sampai saat ini memiliki tabungan dibeberapa bank ataupun di lembaga lainnya yang menyediakan layanan keuangan terutama untuk menabung.

Saat Anda menabung di bank saat ini telah ada Undang-Undang yang mengatur mengenai perbankan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal-hal yang akan membuat Anda mengalami kerugian.

Untuk asuransi sendiri ialah suatu perjanjian yang mengikat antara penanggung dan tertanggung yang telah memiliki kesepakatan sebelumnya.

Asuransi ini meliputi kerugian akan kehilangan, kerusakan kendaraan ataupun yang lainnya.  Asuransi ini juga memiliki dasar hukum yang pasti untuk para nasabahnya.

Namun, Anda juga harus berhati-hati saat memilih suatu lembaga untuk menabung uang Anda dan jasa asuransi khususnya asuransi yang tidak resmi. 

Maka dari itu Anda juga harus berhati-hati dan selalu waspada saat akan memutuskan untuk menabung uang Anda.

Tabungan pendidikan ialah suatu simpanan yang digunakan untuk kepentingan pendidikan ataupun sekolah anak ataupun yang dikhususkan untuk pendidikan seseorang.

Namun, biasanya simpanan atau tabungan pendidikan tersebut sering dilakukan oleh orang tua untuk anaknya. Jadi, mereka berusaha supaya sedikit meringankan beban mereka saat mereka tua dan saat anaknya masih sekolah.

Jadi, tabungan pendidikan dapat diambil sesuka Anda atau saat kebutuhan atau keperluan pendidikan yang mendesak. Berbeda dari asuransi, untuk asuransi pendidikan sendiri ialah suatu perjanjian yang telah disepakati antara kedua belah pihak yang bertujuan untuk mempersiapkan dana bagi seorang anak saat akan melanjutkan study atau usahanya.

Namun, uang yang akan diasuransikan untuk pendidikan tergantung dari pihak pembayar akan mengasuaransikan berapa banyak uangnya. Dengan didaftarkannya anak Anda dengan asuransi pendidikan ini juga sangat bermanfaat bagi mereka kedepannya.

Mengapa? Asuransi juga berfungsi untuk menanggulangi kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga lainnya. Jika anak Anda telah Anda asuransikan khususnya untuk pendidikannya maka Anda akan merasa tenang.

Tidak dipungkiri bahwa nyawa seseorang tidak ada yang tau. Banyak orang yang tiba-tiba saja meninggal dunia tanpa sebab yang jelas.

Untuk itu pastinya sangat penting bagi Anda untuk mengasuransikan pendidikan untuk anak Anda, ini hanya untuk menaggulangi jika Anda mengalami suatu kejadian yang membuat Anda tidak dapat menghasilkan uang dan tidak dapat membiayai anak Anda khususnya untuk pendidikannya.

Pendidikan saat ini memang penting dan saat ini pemerintah telah membuat peraturan perundang-undangan untuk batas minimal pendidikan ialah 12 tahun atau sampai SMA / SMK.

Sama halnya di Indonesia sampai saat ini pun saat mendaftar suatu pekerjaan pasti seslalu dilihat riwayat pendidikannya yang paling utama dan tidak memandang skill yang mereka punya walaupun ijazah pendidikannya tidak terlalu mumpuni atau hanya standart.

Untuk itu jelas bukan bahwa pendidikan di Indonesia ini sangat penting. Namun, juga masih banyak orang yang rela membiarkan anaknya tidak sekolah karena tidak memiliki biaya karena suatu sebab.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk memikirkan biaya pendidikan anak Anda mulai dari jauh-jauh hari, supaya saat ada biaya sekolah yang tidak direncanakan Anda tidak pusing mencari uang tersebut.

Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan, Mana yang Lebih Baik?

Lalu Ada sebuah pertanyaan mengenai asuransi dan tabungan pendidikan mana yang lebih unggul. Sebenarnya lebih unggul atau tidaknya antara kedua hal tersebut tergantung Anda yang menyimpulkan.

Asuransi dan tabungan juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu perhatikan perbedaan antara keduanya supaya Anda dapat menyimpulkan sendiri mana yang paling pas untuk Anda. Inilah perbedaan Antara keduanya.

1. Tabungan memiliki waktu yang flexibel untuk menyimpan uang yang akan ditabung (tidak terikat waktu boleh kapan saja) berbeda dengan asuransi yang telah ditentukan harus membayar  pada tanggal berapa.

2. Untuk Tabungan, uang yang akan ditabung terserah mau ditabungkan berapa karena tidak ada persetujuan oleh pihak mana pun berbeda dengan asuransi yang harus sesuai dengan perjanjian di awal akan menyetorkan berapa banyak uang untuk diasuransikannya.

3. Untuk tabungan dapat diambil kapan pun jika Anda membutuhkan saat tabungan anda sudah banyak berbeda dengan asuransi, dana yang dibayar dialokasikan untuk pendidikan anak jika mengalami suatukejadian yang tidak diinginkan.

Jadi uang asuransi hanya digunakan untuk satu tujuan yang jelas dan pastinya akan selalu tersimpan dengan baik.

Berbeda dengan tabungan yang pastinya saat ada berbagai macam kebutuhan mendadak pasti akan Anda ambil sewaktu-waktu. Jadi, uang yang Anda tabung bisa jadi tidak terkumpul dengan baik.

4. Asuransi memang akan memberikan dana langsung saat Anda membutuhkan suatu dana yang tidak terduga karena uang tersebut memang diperuntukkan untuk suatu kejadian yang tidak terduga.

Dana asuransi sendiri tidak akan salah guna karena telah terpantau oleh pihak asuransi itu sendiri. Berbeda dengan  tabungan yang penggunaannya pasti tidak terkontrol untuk segala macam kebutuhan karena biasanya tabungan dipegang oleh pribadi Anda sendiri.

5. Untuk asuransi sendiri memang praktis dalam pembayarannya. Jadi, Anda secara otomatis akan diwajibkan untuk menyisihkan dana atau uang Anda untuk premi asuransi tersebut. Jadi, untuk orang-orang yang kurang disiplin akan terpantau dan pastinya akan selalu membayar asuransi tersebut.

Berbeda dengan tabungan ynag terserah akan menabung atau tidak karena tidak akan ditagih atau dipantau oleh pihak mana pun. Dengan itu asuransi memnag penting namun tabungan juga penting untuk keperluan mendadak diluar asuransi yang harus dibayarkan.

Dengan perbedaan antara keduanya (asuransi dan tabungan) dapat menjadi acuan Anda untuk memilih yang mana dari keduanya.

Dengan itu pasti Anda telah dapat menyimpulkan sendiri mana diantara keduanya yang lebih unggul. Karena setiap orang pasti memiliki pendapat masing-masaing.

Jadi, tidak dipungkiri jika banyak pendapat pendapat yang bermunculan karena mungkin juga terkait dengan kebutuhan ekonomi mereka yang bermacam-macam dan pastinya berbeda dari yang satu dan yang lainnya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Dengan adanya perbedaan diatas juga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai asuransi dan tabungan yang terkadang membingungkan bagi sebagian orang yang kurang begitu memperhatikan antara keduanya.

Jadi, silahkan Anda memutuskan akan memilih asuransi pendidikan ataukah tabungan pendidikan untuk anak Anda kelak dan semua itu harus Anda perhitungkan dengan matang.

Itulah perbandingan antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan. Semoga dapat menjadi referensi buat sobat UangMania ya...

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "5 Perbandingan Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel