5 Strategi Pemasaran Online Bagi Usaha UMKM

5  Strategi Pemasaran Online Bagi Usaha UMKM - Salam hangat sobat UangMania, kali ini kami akan memberikan tips marketing online untuk meningkatkan prospek penjualan usaha UMKM.

Semua pengusaha UMKM tentu menginginkan peningkatan dalam bisnisnya baik itu dari segi skala bisnis dan juga tingkat penjualan.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan prospek bisnis UMKM adalah dengan cara marketing online atau pemasaran online.

Namun tidak dipungkiri bahwa masih banyak para pengusaha UMKM yang belum memahami atau menguasi ilmu di bidang marketing online ini.

Apalagi kita ketahui bersama bahwa zaman ini merupakan zaman dimana internet menjadi pendamping keseharian hampir semua orang.

Peluang penggunaan internet ini sangat besar untuk membantu para pengusaha UMKM untuk melancarkan roda bisnisnya.

Hal lain yang mendukung strategi pemasaran online adalah target pembeli atau pelanggan saat ini sangat banyak yang mencari produk dan jasa yang mereka inginkan dengan cara berselancar di dunia online.

Dengan alasan tersebut maka para pengusaha UMKM bisa dikatakan wajib untuk mulai belajar dan menguasai strategi pemasaran online.

Berikut kami uraikan kiat-kiat dalam membangun pemasaran online bagi pengusaha UMKM.

5 Strategi Pemasaran Online Bagi Usaha UMKM

1.  Maksimalkan penggunaan berbagai macam platform pemasaran online bagi bisnis Anda

Saat ini para pebisnis sudah mulai lebih banyak yang menggunakan teknik pemasaran online dibandingkan dengan teknik periklanan tradisional.

Hal ini didorong oleh para pebisnis yang sudah memiliki brand yang terkenal juga telah menggunakan strategi online marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), Google Ads, Instagram Ads dan berbagai sarana periklanan online lainnya dalam pemasaran mereka.

Tentu bagi Anda pengusaha UMKM yang masih belum memiliki brand untuk produk Anda harus mengikuti tren positif yang diberikan oleh strategi pemasaran online ini agar dapat setidaknya bersaing dengan kompetitor Anda.

Anda juga perlu mengetahui mengenai fitur online google berupa Google Alerts yang dapat memberikan Anda informasi mengenai startegi pemasaran terbaru dari kompetitor Anda.

Anda perlu untuk memaksimalkan beberapa platform pemasaran online tersebut untuk menjaga daya saing bisnis Anda.

2. Ketahui sumber trafik calon pelanggan Anda

Dengan menggunakan flatform Google Ads maupun SEO dan analisis sumber trafik dari pelanggan yang masuk ke Website bisnis Anda, maka Anda akan dengan mudah dapat menyimpulkan darimana pelanggan Anda dapat mengetahui tentang bisnis UMKM Anda.

Bisa saja ternyata banyak pelanggan Anda yang datang dari facebook atau Instagram sehingga Anda dapat memaksimalkan pemasaran Anda melalui platform tersebut.

3. Maksimalkan Potensi Pemasaran Word of Mouth (Mulut ke Mulut) melalui Sosial Media dan Website yang Anda Miliki

Strategi pemasaran word of moutth merupakan salah satu strategi yang efektif namun memiliki potensi yang dapat menurunkan nama baik binis Anda juga.

Bila orang-orang yang mengunjungi situs Website bisnis Anda atau juga mengunjungi  Media Sosial yang Anda miliki kemudian mereka memberikan komentar positif atau memeberikan testimoni atas produk Anda maka tentu hal tersebut akan menarik minat calon pelanggan Anda yang lain dan juga dapat meningkatkan reputasi bisnis UMKM Anda.

4. Daftarkan bisnis Anda pada situs review produk atau bisnis

Beberapa situs review yang ada saat ini seperti Google Place, TripAdvisor dan situs review lainnya dapat Anda gunakan sebagai sumber traffic maupun untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda.

Selain itu orang-orang akan dapat melihat mengenai bisnis Anda sehingga kemungkinan akan menjadi lebih besar bagi banyak calon pelanggan untuk menghubungi Anda.

5. Berikan layanan Customer Service Untuk Calon Pelanggan Anda

Bagi pengusaha UMKM maka layanan berupa chat WA atau sambungan telepon mungkin masih dapat diusahakan secara maksimal karena tidak memerlukan biaya yang besar dalam penggunaannya.

Namun tanpa adanya call center atau fitur chat WA dan lainnya maka pelanggan akan kesulitan untuk menghubungi Anda untuk menanyakan lebih jauh mengenai produk Anda.

Disamping itu Anda jangan sampai lupa untuk belajar mengenai bagaimana cara atau strategi dalam menjawab pertanyaan calon pelanggan agar diharapkan calon pelanggan Anda tersebut dapat tertarik dengan produk Anda setelah mereka bertanya-tanya kepada Anda.

Dari uraian di atas dapat kita simpukan bahwa Strategi Pemasaran Online sangat penting bagi para pengusaha UMKM untuk dapat meningkatkan prospek bisnisnya.

Tanpa kemauan untuk mengikuti kemajuan zaman dan teknologi pemasaran maka seorang pengusaha UMKM akan sulit untuk dapat bersaing maupun untuk meningkatkan penjualannya.

Semoga sobat UangMania dapat menerapkan tips-tips di atas dan menjadi jalan kesuksesan ya..

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel