Kredit Ultra Mikro Bisa Cair Lewat Go-Pay dan T-Cash

Kredit Ultra Mikro Bisa Cair Lewat Go-Pay dan T-Cash - Halo sobat UangMania, saat ini pemerintah telah memperbaharui kebijakan program pembiayaan Kredit Ultra Mikro dengan pemanfaatan teknologi secara digital.

Kemenkeu bekerjasama dengan 5 PJSP (Penyedia Jasa Sistem Pembayaran) dalam proses ini. PJSP yang bekerjasama dengan kemenkeu adalah PJSP yang telah memiliki izin dari Bank Indonesia.

4 PJSP tersebut yaitu PT Dompet Anak Bangsa melalui Go-Pay, PT Bukalapak.com melalui Bukalapak, PT Telekomunikasi Seluler melalui T-Cash dan PT Telkom melalui T-Money.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap agar program Krdit Ultra Mikro yang telah didigitalisasi ini dapat memperluas jangkauan dan mempermudah usaha kecil untuk mendapatkan Kredit Ultra Mikro.

Dengan Adanya digitalisasi ekonomi atau fintech akan membuat biaya operasional usaha perbankan menjadi lebih kecil. Bahkan misalkan Bank BRI pun tidak perlu untuk membuka kantor cabang karena bisa diakses melalui smartphone saja.

Menurut data yang ada bahwa di Indonesia saat ini terdapat 59 juta usaha mikro kecil dan menengah yang rata-rata membutuhkan pembiayaan sebesar 5 juta sampai dengan 10 juta rupiah.

Program digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) ini masih dalam tahapan uji coba untuk melihat bagaimana respon debitur terhadap penggunaan transaksi elektronik.

Namun karena masih dalam tahapan uji coba maka UMKM masih dapat mengajukan pinjaman dana dalam bentuk uang tunai walaupun diharapkan pencairannya tidak dalam bentuk uang tunai atau cashless.

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, saat ini terdapat 608.000 pengusaha UMKM yang telah menikmati layanan Ultra Mikro. Pembiayaan Ultra Mikro bersumber dari APBN dan menyasar atau diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang tidak memiliki akses untuk mengajukan pinjaman ke perbankan.

Diharapkan dengan adanya Kredit Ultra Mikro ini maka para pengusaha UMKM yang tidak dapat mengajukan pinjaman ke perbankan bisa mendapatkan pembiayaan dengan nilai maksimal 10 juta rupiah.

Perbedaan Kredit Ultra Mikro (Umi) dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah dibedakan dari sumber dananya. Kredit Ultra Mikro bersumber dari dana APBN sedangkan Kredit Usaha Rakyat dananya bersumber dari perbankan namun disubsidi dengan dana APBN.

Dan dengan persyaratan dan cara perncairan Kredit Ultra mikro yang dapat melalui Go-Pay dan T-Cash ini diharapkan dapat membuat lebih banyak lagi pelaku UMKM yang ikut serta dan menikmati program pembiayaan dari pemerintah ini.