Skip to main content

Kelebihan dan Cara Membuat Toko Online di WordPress

Bagaimana cara membuat toko online adalah dua pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemula dalam bisnis online. Dalam bisnis, memiliki toko dalam bentuk online saat ini merupakan hal yang wajib. Toko dalam bentuk online disini adalah website yang bertujuan untuk memasarkan produk yang ada. Saat ini memiliki Website adalah suatu hal yang penting untuk menjual di internet. Website juga bisa digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan produk, dan anda juga bisa membagikan diri anda sebagai marketing atau pemilik toko.

Wordpress bisa digunakan sebagai platform yang cocok untuk website baik website untuk profil atau toko online. WordPress termasuk platform yang sangat mudah digunakan dan juga ramah untuk pengguna baru. Cara membuat toko online menggunakan WordPress juga sangat mudah. Sebelum mengetahui cara membuat toko menggunakan WordPress, anda harus tahu kelebihan WordPress. Apa saja kelebihan dari WordPress ini? Berikut kelebihannya.

• Jaringan WordPress Luas

Banyaknya pengguna WordPress bisa membuat anda untuk berkonsultasi pada teman anda yang menggunakan WordPress juga. Jika anda tidak ada cukup info anda bisa ke ahli website. Sebenarnya anda cukup menggunakan buku pedoman untuk WordPress juga bisa, namun karena pengguna sudah banyak jadi mungkin jika anda bertemu yang menggunakan WordPress anda bisa saling bertukar pikiran dalam penggunaan WordPress toko online anda.

• Plugin Pendukung

Untuk toko online, WordPress memiliki plugin yang akan mendukung kebutuhan website anda. WordPress memberikan akan memberikan tambahan plugin yang menyesuaikan kebutuhan toko anda. Ini ditujukan agar penggunaan WordPress lebih mudah dan praktis.

• Tema Beragaman

Tema yang anda pilih tentu sebagai tema yang anda gunakan untuk barang yang anda jual di toko online anda tersebut. WordPress memiliki banyak tema yang mendukung anda untuk menyesuaikan tema sesuai barang yang anda jual tentunya. Dengan tema tampilan website lebih keren dan membuat konsumen lebih tertarik di website anda.

• Efisien di Bangun

Kelebihan WordPress adalah kemudahan untuk dibangun oleh user pemula. Membangun bisnis dengan website menggunakan Wordpress akan memberikan kemudahan yang dibutuhkan. Pengunjung juga akan meningkatkan dengan keuntungan pada WordPress.

• Akses Mobile Ringan

Jika anda perhatikan, website toko online yang menggunakan platform lebih mudah untuk diakses kapan saja dan dimana saja. Toko yang baik memang harus bisa diakses saat dimana saja agar konsumen bisa mengetahui produk anda. Itulah mengapa WordPress digunakan karena kemudahan dalam akses oleh konsumen dimanapun.

Saat anda ingin membangun toko online dan anda masih kesulitan dalam menentukan plugin untuk website yang cocok maka WordPress memiliki salah satu plugin pembantu terbaik. Plugin itu bernama WooCommerce dan plugin satu ini gratis untuk digunakan dan memang khusus untuk toko berbentuk online.

Cara Membuat Toko Online Menggunakan WordPress Dengan Plugin WooCommerce

Toko Online anda akan mudah dibangun dengan WordPress. Setting Plugin WooCommerce di WordPress akan diberikan untuk anda. Berikut langkah yang harus dilakukan.

1. Jelas anda harus sudah harus menginstall WordPress anda.

2. Akses WordPress dengan akun anda dengan memasukan username dan password yang sudah anda miliki.

3. Tambahkan Plugin WooCommerce dengan cara anda masuk ke menu tambah plugin WordPress yang ada.

4. Setelah ditambahkan, anda tinggal mengaktifkan Plugin WooCommerce yang sudah anda install tadi. Mengaktifkannya tinggal mengklik “Active Plugin”.

5. Saat Plugin WooCommerce sudah aktif, kita perlu untuk mengaturnya agar sesuai kebutuhan dan keinginan anda untuk toko anda.

6. Setting pada bagian general, Disana akan muncul beberapa form yang harus diisi oleh anda. Informasi toko anda harus diisi. Pada form ada alamat, kota, negara, dll. Bisa anda lihat pada saat anda mengaturnya. Setelah semua sudah selesai lalu klik tombol “Save”.

7. Atur juga pada bagian produk. Disini kamu bisa mengatur tentang informasi produk yang akan dijual oleh anda kepada konsumen. Form yang muncul seperti informasi berat, nama produk,dan informasi produk lainnya agar sesuai dengan kebutuhan anda.

8. Ada juga Product / inventory yang dibutuhkan untuk mengecek stok produk anda yang akan dimasukan di toko online. Intinya pada ini adalah memanajemen jumlah produk anda.

9. Shipping, jika anda penggelut bisnis online maka shipping ini berguna untuk mengantar produk hingga ke konsumen. Pada bagian shipping ini berguna agar anda bisa mengatur tujuan mana barang yang anda jual akan dikirim. Ada juga keterangan Shipping Class yang digunakan untuk anda mengetahui kurir apa yang akan digunakan.

10. Selanjutnya ada juga setting untuk Payment Gateway. Pada ini tentu adalah bagaimana cara konsumen agar bisa membayar produk yang akan ia beli. Pasti jika transaksi jual beli online uangnya akan ditransfer. Isi form Payment Gateway tersebut dengan bank yang akan anda gunakan. Anda bisa isi nomor rekening, nama bank, dan atas nama bank sesuai milik anda.

11. Bagian terakhir adalah Email. Email ini berguna agar saat ada pemesanan produk yang masuk, maka pemberitahuan yang diberikan adalah dengan email yang anda tulis tadi. Jika ada consumen yang ingin order baru atau membatalkan nanti juga akan masuk ke email yang sudah anda isi, email yang anda daftarkan bisa lebih dari satu.

JIka seluruh langkah tadi sudah dilakukan, maka toko online sudah bisa digunakan. Mungkin anda tinggal rajin untuk upload barang yang akan anda jual di toko yang anda miliki.

Berikut adalah cara upload produk anda di WooCommerce :

1. Pada menu Produk pilih yang tulisan Add new.

2. Dibagian tersebut nanti aka nada form  yang diisi seperti judul, deskripsi, tag, foto produk. Ini sebenarnya hampir sama ketika anda mengisi jualan anda di social media, namun jika di website akan lebih teratur sesuai form yang ada.

3. Selanjutnya anda akan mengisi form untuk harga produk, barang tersebut memiliki pajak atau tidak, harga modal juga perlu dituliskan.

4. Inventory saat upload produk juga harus diisi agar anda juga mengetahui stock barang yang anda jual tersebut.

5. Pada bagian shipping, anda harus menginformasinya secara detail agar pembeli juga mengerti berat produk dan jenis kurir yang anda gunakan untuk toko online anda.

6. Form Advanced anda bisa menambahkan kata penting pada pembelian, mengatur review dari pembeli.

7. Terakhir adalah upload produk anda sudah selesai.

Sebenarnya ada beberapa langkah lagi pada cara upload produk di toko online wordpress diatas namun beberapa langkah tadi bukanlah form yang wajib seperti yang dituliskan. Langkah-langkah yang ada di sini adalah langkah-langkah utama saja.

Dengan WooCommerce ini tidak sulit namun perlu ketelitian yang cukup dan anda juga harus rajin upload produk untuk toko online. Dan juga jangan lupa mengoptimalkan took tersebut agar omset yang anda dapatkan lebih besar. Jangan lupa juga untuk memperbaharui toko online anda agar makin menarik dan berkembang waktu ke waktu. Sekian ulasan mengenai Kelebihan Toko Online di WordPress dan Cara Membuat Toko Online ini. Semoga dapat bermanfaat ya...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar