Contoh Proposal Usaha Makanan / Kerajinan dan Strukturnya

Contoh Proposal Usaha Makanan / Kerajinan dan Strukturnya - Semakin dewasa kini, mencari lowongan kerja agaknya tidak semudah meminum kopi.

Lapangan kerja yang tidak terlalu banyak juga menjadi salah satu penyebabnya. Nah oleh karena itu, membuka usaha sendiri bukanlah ide yang menakutkan juga.

Kamu bisa memilih usaha yang kira-kira ada passion kamu atau yang kira-kira kamu mampu kerjakan dan diperkirakan kamu tidak akan mudah bosan dan menyerah dalam menjalankan usaha itu.

Contohnya untuk kamu yang suka bermain alat musik, kamu bisa loh membuka usaha membuat suatu alat musik tertentu seperti gitar atau suling.

Buat kamu yang suka hal-hal yang lucu seperti pernak-pernik, kamu bisa membuat usaha memodifikasi suatu barang setengah jadi menjadi barang yang unik.

Buat kamu yang suka masak dan suka berkreasi, kamu bisa banget nih bikin usaha di bidang makanan alias kuliner. Apalagi buat kamu yang jago masak.

Jangan sia-siakan kemampuanmu itu dan mari lekas bergerak. Nah di dalam mendirikan suatu usaha, proposal juga bisa jadi komponen yang sangat penting loh.

Mungkin bagi para calon pengusaha yang masih awam belum paham apa itu proposal. Jadi proposal usaha adalah suatu dokumen tertulis yang berisi rencana dari usaha yang baru didirikan itu.

Struktur Proposal Usaha Makanan / Kerajinan

Adanya proposal dalam suatu usaha tentunya sangat dibutuhkan. Hal ini jelas karena proposal dapat dijadikan sebagai tolok ukur antara rencana usaha dengan kenyataan yang ada.

Nah sebelum membuat proposal, kamu harus tau dulu dong struktur dari proposal. Kira-kira apa aja sih strukturnya?

1. Cover, yang tentunya seirama dengan produk yang dibuat. Pastinya nggak pas dong kalau proposal usaha tahu bakso tapi covernya gambar ubur-ubur.

2. Kata pengantar, sekumpulan kata-kata yang mengantarkan pembaca untuk masuk mendalami isi proposal.

3. Bab 1 pendahuluan yang di dalamnya terdapat latar belakang yang menunjukkan mengapa kamu membuat usaha tersebut, tujuan: mencakup tujuan kamu dalam melakukan usaha tersebut, dan manfaat: manfaat dari produk yang kamu buat.

4. Bab 2 tinjauan pusaka dimana di dalamnya berisi profil usaha: semacam identitas usaha yang sedang kamu rencanakan, visi: visi dari usaha yang kamu buat, misi usaha, analisis SWOT (strength atau kekuatan, weakness atau kelemahan, opportunity atau peluang dan threat atau ancaman) serta alat, bahan dan proses produksi.

5. Bab 3 merupakan proses pemasaran dimana isinya adalah produk, harga: nilai yang kamu patok dalam penjualan produk kamu, promosi: bagaimana kamu akan mempromosikan produk kamu, tempat dalam memasarkan dan rugi laba.

6. Bab 4 yakni penutup yang di dalamnya memuat penutup, saran dan daftar pustaka.


Contoh Proposal Usaha Makanan / Kerajinan dan Strukturnya

Nah buat kamu yang ingin buat proposal usaha tapi masih belum jelas gimana bentukannya, berikut adalah contoh proposal usaha dalam bidang makanan. Contohnya proposal usaha getuk mwantul. Berikut contoh proposalnya.

Proposal Usaha Gethuk Mwantul

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan nikmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan proposal usaha 'Gethuk Mwantul' ini tanpa suatu halangan apapun. Dalam penyusunan proposal ini pun tentunya kami banyak mendapatkan batuan dari berbagai pihak, oleh karena itu maka kami mengucapkan banyak terimakasih.

Kami pun menyadari sepenuhnya apabila proposal usaha 'Gethuk Mwantul' ini pasti banyak kurangnya baik itu kesalahan yang disengaja maupun tidak. Oleh karena itu kami menerima dengan sangat terbuka  segala kritik dan saran.

Bab 1 Pendahuluan

1. Latar belakang
Di zaman yang serba modern seperti ini, alangkah lebih baik jika tetap mempertahankan suatu yang tradisional, melestarikan apa yang sudah turun temurun menjadi warisan. Contohnya dalam hal makanan. Sekarang ini banyak sudah makanan-makanan modern yang hampir saja membuat kita lupa akan makanan-makanan tradisional yang seharusnya kita kembangkan dan kita lestarikan.
Salah satunya adalah jajanan pasar yakni gethuk. Perkembangan harus dilakukan untuk melestarikan makanan satu ini. Oleh karena itu kami ingin mengembangkan gethuk menjadi makanan yang menarik minat masyarakat untuk menyantapnya dengan modifikasi dan kreasi.

2. Tujuan
Adapun tujuan dari kami menjalankan usaha Gethuk Mwantul adalah:
-mencari keuntungan
-melestarikan makanan tradisional gethuk
-mengembangkan makanan tradisional menjadi sesuatu yang lebih menarik

3. Manfaat
Adapun manfaat dari produk kami adalah :
-dapat dijadikan cemilan
-dapat mengenyangkan karena bahan dasar yang mengandung karbohidrat tinggi

Bab 2 Tinjauan Pustaka
1. Profil Usaha
Nama usaha : Gethuk Mwantul
Alamat : Jl. Tentara Pelajar, Magelang
Tanggal berdiri : 17 Desember 2018
Jenis usaha : Makanan Tradisional
Produk : Gethuk
Email : gethukmwantul12@gmail.com

2. Visi
Menyediakan makanan yang berkualitas dengan harga pas

3. Misi
-Melestarikan makanan tradisional
-Menyediakan makanan sehat
-Menyediakan makanan yang merakyat

4. Analisis SWOT
-Strength/kekuatan : tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak
-Weakness/kelemahan : produk tidak tahan lama
-Opportunity/peluang : peluang tinggi karena belum banyak pengusaha di bidang gethuk
-Threat/Ancaman : kecelakaan kerja dan saingan pengusaha lain

5 Alat, Bahan dan Proses Produksi
Alat dan Bahan
-ketela / singkong
-kelapa
-gula pasir
-garam
-coklat chacha
-alat cetak bentuk

Proses produksi
-kupas singkong lalu bersihkan, kukus dan tumbuh sampai halus
-parut kelapa lalu kukus bersama ditambahkan sedikit garam. Kurang lebih 10 menit
-campurkan kedua bahan dan tambahkan gula dan pewarna makanan
-bentuk sesuai yang diinginkan
-beri toping coklat chacha di atasnya

Bab 3 Proses Pemasaran
1. Produk
Produk ini kami beri nama 'Gethuk Mwantul' karena rasanya yang dijamin mantap betul

2. Harga
- kemasan 350 gram = Rp. 24.000
- kemasan 800 gram = Rp. 46.000

3. Promosi
Selain melakukan promosi secara langsung, kami juga akan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan Gethuk Mwantul.

4. Tempat dalam memasarkan
Adapun tempat yang kami gunakan untuk memasarkan ialah pasar-pasar tradisional dan daerah kawasan pariwisata.

5. Perhitungan Rugi Laba
Modal awal = Rp. 475.000
Penghasilan = Rp. 576.000
Laba = Rp. 101.000

Bab 4 Penutup
1. Kesimpulan
Simpulan yang dapat kami ambil adalah apabila kita dapat memanfaatkan peluang dan bersabar, kita dapat mengubah hal sederhana seperti singkong menjadi makanan yang mengahsilkan uang.

2. Saran
-dalam melakukan usaha harus sabar dan tidak mudah menyerah
-gunakan bahan yang berkualitas baik
-sebisa mungkin putarkan terus modal

3. Daftar pustaka
-http://www.blablabla.com
-http://www.tiktiktik.blogspot.com
-http://www.itktitkti.com

Demikian adalah contoh proposal usahanya. Nah harus kamu tau betapa pentingnya proposal usaha ini. Selain sebagai pembanding antara rencana dengan kenyataannya, proposal usaha juga memiliki berbagai fungsi lain diantaranya :

- sebagai pedoman si pengusaha dalam melaksanakan usahanya
- proposal usaha ini dapat membantu si pengusaha untuk lebih dapat berpikir kritis
- membuat data keuangan yang ada menjadi semakin jelas
- sebagai gambaran tentang bagaimana si pengusaha ini dalam memenuhi kewajibannya
- memberi gambaran tentang kemampuan si peengusaha dalam mengatur usahanya
- proposal ini juga membantu menguji strategi yang diterapkan

Itulah Contoh Proposal Usaha Makanan / Kerajinan dan Strukturnya yang dapat UangMania sampaikan. Semoga bermanfaat ya.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "Contoh Proposal Usaha Makanan / Kerajinan dan Strukturnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel