Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari internet itu. Nah buat Anda yang sedang membaca artikel ini maka Anda akan menemukan jawabannya pada ulasan berikut ini. Uang bukan akar dari segala masalah. Akan tetapi, tidak punya uang baru akar dari segala masalah. Itu tadi adalah kata-kata dari seorang pebisnis di Indonesia, Tung Desem Waringin.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang ingin menghasilkan uang dari internet untuk membiayai gaya hidup mereka saat ini, seperti biaya listrik, makan, cicilan, dan untuk kesenangan. Secara konvensional, orang mencari uang dengan cara bekerja secara fisik di dunia nyata dan di era milenial saat ini kita juga bisa menghasilkan uang dari internet tanpa perlu keluar rumah.

Semua hanya perlu modal berupa koneksi internet saja, dan ketekunan tentunya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari internet.

Menghasilkan Uang Dengan Modal Menulis

1. Menulis Ebook

Cara menghasilkan uang dari internet yang pertama yaitu menulis ebook. Menulis ebook bisa dikatakan lebih murah daripada menulis buku secara konvensional. Mengurus ebook tidak harus ke perpusnas untuk permohonan ISBN atau mengeluarkan biaya untuk mencetaknya. Dengan maraknya smartphone, ebook bisa dinikmati tanpa harus pergi ke toko buku dan mencari di rak-rak. Cukup unduh, ebook langsung dapat dinikmati di smartphone. Jadi pembaca akan dimudahkan.

Penghasilan Uang dari menulis ebook pun lebih besar daripada penjualan buku konvensional dan bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Jika buku Anda diterbitkan di sebuah penerbit, Anda hanya akan menghasilkan 10% dari harga jual buku. Akan tetapi, jika Anda menjual ebook Anda, 100% hasil penjualan adalah milik Anda. Jika Anda menjual dengan harga Rp15.000,00 dan Anda berhasil menjual 100 copy, Anda sudah mendapat Rp1.500.000,00. Mau?

2. Menjadi Kontributor di Situs Internet Online

Cara menghasilkan uang dari internet yang kedua adalah menjadi kontributor. Mungkin menulis ebook masih terasa berat bagi Anda karena harus punya ide dan keterampilan menulis yang mumpuni. Tak perlu risau karena Anda bisa mencoba dulu menjadi kontributor di beberapa situs online yang membayar Anda mulai dari 10ribu-150ribu per tulisan yang lolos moderasi.

Jika Anda sanggup menulis 10 tulisan saja setiap bulan, uang minimal Rp 1.000.000,00 bisa Anda kantongi untuk menghasilkan uang dari internet. Jenis-jenis tulisan yang bisa Anda kirim ada bermacam-macam, tergantung dari situsnya. Jika Anda menyukai menulis cerpen, esai, puisi, atau resensi buku, maka basabasi.com adalah jawabannya. Suka menulis berita online? Jika iya maka Babe News dan UC News bisa Anda coba. Nah, kalau Anda lebih suka tulisan yang santai, cobalah untuk mengirim di Mojok.co.

3. Sewakan Akun Facebook-mu di Social X

Jika Anda memiliki akun facebook dengan banyak teman namun jarang digunakan, mungkin cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini bisa Anda coba. Social X membayar Rp100.000,00 per minggu dengan catatan Anda tidak boleh mengoperasikan facebook Anda lewat PC dan harus update status, meninggalkan komentar, serta mengirim pesan ke teman, masing-masing minimal dua kali seminggu.

4. Ikut Lomba Online di Internet

Mengikuti berbagai lomba online di internet juga bisa menambah uang di dompet Anda dalam waktu yang relatif singkat dengan sedikit bekerja. Bagaimana tidak, dengan memenangkan lomba online, Anda bisa menghasilkan Rp 50.000,00 hingga Rp 30.000.000,00. Jumlah yang fantastis untuk cara menghasilkan uang dari internet bukan?

Apalagi sekarang ini banyak sekali lomba yang diadakan secara online di internet, mulai dari menulis, desain, hingga video singkat yang dapat menjadi sumber uang bagi Anda. Yang perlu disiapkan untuk menerjuni dunia ini adalah perlunya meningkatkan skill Anda mulai dari skill menulis, desain grafis, marketing dalam cara cepat menghasilkan uang dari internet, editing video, dan skill mencari ide.

Semakin besar hadiah uang yang ditawarkan oleh suatu perlombaan online di internet, semakin ketat pula pesaing-pesaing yang Anda hadapi. Pastikan Anda mengikuti seluruh peraturan lomba agar karya Anda tidak gugur sia-sia. Cara menghasilkan uang yang satu ini memang membutuhkan kreativitas namun akan sangat mengenangkan bagi Anda yang memang hobi.

5. Jadi Admin Official Account Line

Siapa sangka Line hanya sebuah aplikasi untuk chattingan saja melainkan aplikasi asal Korea ini ternyata juga bisa digunakan sebagai lahan menghasilkan uang dari internet. Jika Anda sering melihat Official Account line dengan ribuan adders dan selalu update status setiap hari, tidak jarang Anda akan melihat beberapa kali mereka membroadcast atau memposting tentang suatu produk di luar tema akun mereka.

Sekarang bayangkan Anda adalah pemilik Official Account tersebut, jika Anda sudah memiliki akun dengan ribuan adders dan konten yang menarik, Anda bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara membuka space iklan untuk orang-orang yang ingin menjual dagangannya. Biaya yang bisa anda kenakan tergantung dari jenisnya, apakah sekadar posting di timeline atau broadcast ke seluruh adders Anda.

6. Menulis Blog atau Situs di Internet

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, prinsip mencari uang dari menulis blog adalah menghadirkan sebanyak mungkin pengunjung dengan konten internet yang menarik. Setelah pengunjung sudah mulai berdatangan, Anda dapat mulai menghasilkan uang dari internet dengan menyediakan ruang iklan untuk disewakan. Bedanya dengan poin sebelumnya, di blog Anda bisa mengatur ruang-ruang tempat iklan akan diletakkan, dengan kriteria masing-masing, dan dengan biaya masing-masing tentunya.

Beberapa konten internet yang bisa Anda tuliskan di blog adalah tentang hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain seperti tentang tips kesehatan atau trik finansial. Menulis catatan pribadi juga tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan banyak pengunjung. Sebagai contoh, seorang Raditya Dika terbukti sudah menghasilkan uang dari internet jutaan rupiah dan itu berawal dari sebuah blog catatan harian.

Mencari Uang Bermodal Jualan

7. Menjadi Dropshipper

Jika Anda suka berbisnis, gemar jualan, dan ingin menghasilkan uang dari internet tanpa mengeluarkan modal, maka jadilah seorang dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu punya produk, tidak perlu mengepak produk, dan tidak perlu mengirim produk. Semua itu sudah menjadi urusan dari supplier Anda. Yang Anda perlu lakukan hanyalah menjual, menjual, dan menjual. Itu saja.

Masih merasa awam tentang dropshipper? Tenang, di internet banyak sekali artikel-artikel mengenai cara menghasilkan uang dari internet yang mengajarkan seluk beluk tentang dunia dropshipping. Kalau Anda mau belajar langsung dari ahlinya, Anda bisa menonton channel Youtube ‘Bung Affand’ yang merupakan seorang dropshipper yang sukses dan telah memiliki 10 orang karyawan sampai tahun 2018.

Meraup Uang Bermodal Hobi

8. Menjadi Youtuber

Tahun 2018 semakin banyak youtuber yang bermunculan untuk menghasilkan uang dari internet. Mereka hadir meramaikan youtube dengan video-video kreatif mulai dari review produk, jalan-jalan, atau membagikan tips yang bermanfaat bagi orang lain. Jika Anda tidak memiliki kemampuan video editing yang bagus, coba perhatikan channel Youtube ‘Pagar Kehidupan’. Channel tersebut hanya berisi audio saja dengan gambar sebagai background.

Beberapa contoh orang-orang yang sukses menghasilkan uang dari internet khususnya Youtube adalah Ria Ricis dengan konten review yang telah menghasilkan ratusan juta, Atta Halilintar dengan video sensasionalnya, juga lagi-lagi Raditya Dika yang sudah menghasilkan 60 juta hingga satu miliar rupiah dengan video serialnya. Tentu ini adalah jumlah uang yang sangat besar. Tertarik untuk mencoba?

9. Pamer Karya di Situs Internet Patreon

Jika Anda tidak ingin bekerja dan ingin fokus berkarya sambil menghasilkan uang maka patreon adalah jawabannya. Patreon merupakan situs berbasis crowdfunding, yakni orang-orang memberikan donasi kepada Anda, agar Anda bisa terus menghasilkan karya dan tetap menghasilkan uang dari internet. Prinsipnya sederhana. Anda mempresentasikan sebuah karya, bisa berupa seni grafis, dan jika orang menyukainya, maka dia akan memberikan donasi untuk Anda. Enak bukan?

Sebenarnya cara menghasilkan uang dari internet gampang-gampang susah. Gampangnya adalah Anda tidak perlu repot tertimpa panasnya sinar matahari. Anda hanya perlu duduk di depan laptop sambil menikmati secangkir kopi. Susahnya adalah perlu ketekunan dan Anda harus siap untuk memaksimalkan kerja pikiran Anda karena ide adalah kunci dari kegiatan ini. Selamat mencoba ya sobat UangMania.