5 Tips Memilih Niche Blog yang Menghasilkan Banyak Uang

5 Cara Memilih Niche Blog yang Terbaik Bagi Anda - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai niche atau topik blog.

Niche adalah topik utama yang akan dibahas pada suatu blog.

Jenis niche blog ada bermacam-macam contohnya niche teknologi, kesehatan, keuangan, properti, pajak, tutorial, bisnis dan lain sebagainya.

Bagi blogger pemula, pemilihan niche adalah hal yang paling memusingkan.

Namun sudah tepat bila seorang blogger memikirkan matang-matang mengenai mengenai niche blog yang akan ia bangun.

Keutamaan pemilihan niche blog karena akan berpengaruh kepada kemungkinan traffic dan penghasilan yang akan didapatkan dari suatu jenis niche.

Terdapat niche blog yang berpotensi ramai dan penghasilan adsense yang tinggi, namun ada juga niche blog yang kemungkinan pengunjungnya sedikit.

Cara Memilih Niche Blog yang Terbaik Bagi Anda

Bagi seorang blogger, dalam pemilihan niche ini kami sangat menyarankan Anda untuk memikirkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut :

1. Topik yang Anda kuasai

Misalnya saat ini Anda sangat menguasai mengenai jenis-jenis gadget seperti smartphone. Maka kami rekomendasikan untuk membuat blog dengan niche smartphone.

2. Passion Anda dalam menulis tentang suatu topik

Melanjutkan contoh nomor 1 di atas, ternyata walaupun Anda menguasai mengenai smartphone, namun Anda kurang nyaman dan kurang yakin untuk menulis tentang smartphone.

Misalkan Anda lebih tertarik untuk membuat artikel tentang bisnis daripada topik smartphone yang sudah Anda kuasai.

Maka lebih baik Anda membuat blog dengan niche bisnis.

3. Tujuan Anda membuat blog

Hal selanjutnya yang perlu Anda pertimbangan dalam memilih niche blog adalah mengenai apa TUJUAN Anda membuat blog.

Apakah Anda membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis dan berbagi pengalaman saja, atau Anda membuat blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

Apabila Anda membuat blog hanya untuk menyalurkan passion menulis Anda, maka silahkan Anda pilih sesuka hati Anda niche blog yang sesuai dengan passion Anda tersebut.

Namun jika Anda membuat blog dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda harus memilih dari beberapa jenis niche blog yang profitable.

Beberapa niche blog memiliki potensi baik untuk mendapatkan banyak pengunjung maupun  yang berpotensi untuk mendapatkan nilai per klik (CPC) adsense yang tinggi.

Berikut kami berikan daftar niche blog yang berpotensi ramai pengunjung dan juga niche blog yang memiliki nilai CPC tinggi.

Jenis Niche Blog Yang Berpotensi Ramai Pengunjung

1. Berita / Politik

2. Berita Viral

3. Teknologi

4. Kesehatan

5. Selebritis

7. Blog Download aplikasi

8. Blog tentang panduan blogging

9. Traveling


Jenis Niche Blog Dengan CPC Adsense Tinggi

1. Teknologi

2. Kesehatan

3. Perbankan / Finance

4. Fashion dan Kecantikan

5. Review Produk Gadget

6. Otomotif

7. Bisnis Online

8. Properti

9. Traveling

4. Budget atau dana yang Anda miliki dalam membangun blog

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan niche blog adalah masalah budget.

Budget yang Anda miliki tidak terlalu besar bila Anda membuat blog dengan niche yang Anda kuasai.

Namun jumlah budget akan menjadi masalah bila Anda memilih niche blog yang tidak Anda kuasai namun karena Anda mengejar niche dengan CPC tinggi atau ramai pengunjung maka Anda memilih niche tersebut.

Karena Anda tidak menguasai niche yang Anda buat maka Anda memerlukan penulis bayaran untuk membuat artikel bagi blog Anda.

Harga artikel bahasa Indonesia saat ini lumayan mahal yaitu Ro. 5000 per 100 kata. Bila Anda membeli artikel dengan jumlah 1000 kata maka untuk 1 artike Anda harus membelinya seharga Rp. 50.000. Cukup mahal bukan??

5. Komitmen Anda dalam membangun blog

Faktor yang terakhir yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih niche blog adalah faktor komitmen Anda terhadap niche tersebut.

Bila Anda sudah memilih suatu niche blog apakah yang sesuai dengan apa yang Anda kuasai, atau niche yang berpotensi ramai pengunjung dan memiliki CPC tinggi, maka Anda harus komitmen untuk beberapa tahun kedepan untuk terus memelihara blog niche Anda.

Mengapa Anda harus berkomitmen terhadap niche yang telah Anda pilih? karena untuk mengubah niche ditengah jalan akan membuat Anda mengeluarkan dana lagi untuk membeli artikel dan juga artikel yang telah Anda buat sebelumnya menjadi tidak terpakai.

Kecuali Anda buat lagi blog lain dengan niche yang Anda inginkan, namun blog sebelumnya tetap Anda pelihara dan update. Namun untuk membuat blog baru pun akan membutuhkan biaya lagi untuk membeli domain dan/atau hosting.

Dengan Anda memikirkan matang-matang faktor-faktor dalam memilih niche yang telah disebutkan di atas, kami cukup yakin bahwa Anda akan bisa menentukan arah mengenai Niche blog apa yang akan Anda gunakan.

Pengalaman Saya dalam pemilihan Niche blog

Saya memiliki pengalaman yang cukup tidak mengenakkan mengenai pemilihan niche blog ini.

Pada awalnya saya niche Finance karena saya sehari-hari bekerja dalam dunia finance.

Namun setelah berjalan 5 bulan, saya merasa kurang yakin untuk melanjutkan blog dengan niche finance ini.

Namun perlu saya bertahukan bahwa tujuan awal saya membangun blog adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selanjutnya saya kemudian memutuskan untuk membuat beberapa blog dengan niche yang berbeda-beda.

Kembali lagi terjadi hal yang di luar ekspektasi saya. Ternyata dengan menulis sendiri untuk mengisi beberapa blog sangat membuat frustasi dan sangat melelahkan.

Yang awalnya saya ingin mendapatkan penghasilan lebih dengan membuat beberapa blog untuk menjaring pengunjung dari berbagai minat, malah semua blog menjadi tidak diurus dengan baik.

Saya menghabiskan cukup banyak biaya dikarenakan tidak konsisten atau komitmen dalam pemilihan niche blog ini.

Ibarat mengejar dua kupu-kupu sekaligus malah akhirnya tidak dapat apa-apa.

Namun Anda pasti dalam perjalanan menjadi seorang blogger akan sampai pada titik dimana Anda dapat memutuskan niche blog apa yang akan Anda bangun dan berkomitmen dengan pilihan tersebut.

Dengan didasarkan pada minat, tujuan, budget, analisis pasar dan faktor-faktor lainnya yang telah disebutkan di atas, maka Anda akan mampu untuk mengambil jalan terbaik dalam pemilihan niche blog.

Sekian artikel mengenai Cara Memilih Niche Blog ini. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel