Skip to main content

3 Cara Investasi Emas Batangan Antam dan Emas Pegadaian Untuk Pemula


3 Cara Investasi Emas Batangan Antam dan Emas Pegadaian Untuk Pemula - Emas menjadi salah satu logam mulia yang banyak didambakan dan diidamkan oleh orang-orang. Selain sebagai salah satu logam yang populer, emas juga telah dianggap sebagai salah satu pilihan investasi yang dapat menguntungkan banyak pihak.

Meskipun dizaman yang semakin maju ini terdapat banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih, namun emas tetap menjadi pilihan terbaik dan paling banyak diminati oleh berbagai kalangan untuk mendatangkan keuntungan di masa depan.

Hal tersebut tentu saja didasari oleh pendapat mengenai emas itu sendiri, yakni bahwasanya emas memang telah menjadi barang yang memiliki harga jual yang cenderung selalu mengalami kenaikan disetiap tahunnya, bahkan dapat dikatakan bahwa emas jarang sekali mengalami penurunan harga secara signifikan.

Banyak yang menduga bahwa semakin meningkatnya harga jual emas disetiap tahunnya ini didasari karena terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas. Maka dari itu, karena terbatasnya emas yang bisa didapatkan oleh setiap individu, semakin banyak pula orang-orang yang berkeinginan untuk menyimpan emas sebagai pundi-pundi kekayaan yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Bagi Anda sendiri yang ingin mencoba berinvestasi emas, maka sebagai pemula sudah menjadi hal wajib untuk mempelajari seluk beluk investasi emas yang ingin Anda lakukan. Ada beberapa investasi emas yang bisa dicoba oleh para pemula dalam bidang ini, yakni investasi emas batangan Antam dan investasi emas Pegadaian.

Berbicara mengenai emas Antam, emas ini merupakan jenis emas batangan yang diproduksi oleh PT. Antam (Aneka Tambang), Tbk. Emas Antam sendiri menjadi salah satu emas yang memiliki ciri-ciri khusus dan sangat sulit untuk dipalsukan. Pada setiap masing-masing emas Antam, para pembeli emas ini akan menemukan sebuah sertifikat yang menjelaskan tentang dimensi emas, berat emas, kadar kemurnian emas, serta nomor seri dari emas tersebut.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin berinvestasi emas Antam, apabila Anda sudah membulatkan tekad untuk membeli dan berinvestasi, maka Anda bisa membeli emas Antam tersebut di tempat-tempat yang menjadi distributor resmi emas Antam untuk menghindari banyaknya penipuan yang marak terjadi pada investasi emas.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli emas Antam adalah PT. Pegadaian. Perusahaan ini memang telah mendedikasikan diri untuk menjadi distributor resmi dari emas Antam. Di tempat ini Anda bisa membeli emas Antam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Selain itu pada PT. Pegadaian ini juga Anda bisa melakukan investasi emas batangan tersebut, namun bagaimana cara untuk berinvestasi secara cepat dan tepat ?

Tentu saja, setelah mendapatkan emas Antam, langkah yang harus Anda ambil adalah segera melakukan investasi. Namun, sebelum terjun untuk melakukan investasi emas batangan, Anda sebagai pemula pasti membutuhkan beberapa trik, tips, strategi serta teknik agar dalam berinvestasi dapat membuahkan keuntungan yang berlimpah bagi diri Anda sendiri.

3 Cara Investasi Emas Batangan Antam dan Emas Pegadaian Untuk Pemula

Teknik untuk berinvestasi emas batangan pun beragam macamnya, berikut ini akan dibahas beberapa teknik yang bisa Anda coba untuk mengawali investasi emas batangan yang akan Anda lakukan. Teknik-teknik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Teknik Investasi Emas Klasik
Teknik berinvestasi emas Antam yang pertama adalah Investasi Emas Klasik. Teknik ini bahkan digadang-gadang menjadi teknik yang sangat menguntungkan bagi para pemula yang terjun dalam dunia investasi emas.

Teknik ini sendiri menerapkan trik yang cukup mudah untuk dikuasai oleh para pemula, sebab klasik disini dimaksudkan sebagai berikut, Anda memulai investasi dengan cara membeli emas pada saat harga emas tersebut cukup murah, kemudian Anda akan menjualnya lagi pada saat harga emas tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan dengan selisih jual yang sangat menguntungkan.

Teknik yang sering dijuluki sebagai tekniknya para orang tua jaman dulu ini bahkan telah terbukti cukup efektif untuk berinvestasi emas apabila dilakukan dan diterapkan dalam waktu yang tepat dan dalam masa yang cukup lama.

Teknik ini juga dapat membantu Anda untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang cukup panjang misalnya dalam kurung waktu 5 sampai 10 tahun.

2. Membuat Tabungan Emas
Teknik yang kedua ini menjadi teknik yang cukup digemari oleh para pemula, yakni berinvestasi emas Antam dengan membuat emas itu sendiri sebagai tabungan dan asuransi yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Menabung emas disini memang benar diartikan dengan menabung menggunakan barang berupa emas, bukan uang. Sebagai salah satu contoh yaitu, dapat dimisalkan disini kita akan menabung 1 gram emas, pada saat tabungan emas tersebut terkumpul cukup banyak, maka kita tentu bisa menjadikan emas tabungan kita tersebut sebagai alat untuk membeli berbagai macam kebutuhan yang diperlukan, diantaranya yaitu membeli rumah, mobil, berangkat haji, kebutuhan pendidikan anak-anak, sembako dan bermacam-macam kebutuhan keluarga lainnya

Umumnya, apabila Anda memilih teknik menabung emas ini untuk berinvestasi, maka Anda tidak akan mengenal apa itu inflasi. Sebab menabung emas sendiri memang tidak akan terpengaruh dengan inflasi yang tengah terjadi.

Jadi dapat dimaksudkan sebagai berikut, emas yang telah kita tabungkan tersebut akan tetap utuh bahkan cenderung meningkat meski terdapat inflasi pada produk yang kita inginkan di masa yang akan datang. Hal ini disebabkan karena kenaikan inflasi yang terjadi tersebut akan segera tertutupi dengan harga emas pada saat itu juga, setelah dikonversi menjadi emas dalam gram

3. Investasi Emas Dijadikan Modal Usaha
Teknik terakhir yang akan dijelaskan merupakan teknik atau strategi yang seringkali dijalankan dengan sistem gadai. Jadi dapat dimisalkan sebagai berikut, Anda memiliki emas 100 gram, maka untuk meningkatkan nilai emas yang Anda miliki tersebut Anda pun harus menggadaikannya terlebih dahulu.

Kemudian, uang dari hasil gadai sebelumnya dapat dijadikan sebagai modal usaha maupun bisnis yang Anda inginkan. Misalnya, Anda menginginkan usaha atau bisnis yang menggunakan brand Anda sendiri, maka hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin lagi untuk bisa Anda wujudkan. Sebab dengan bantuan investasi emas yang dapat dijadikan modal usaha tersebutlah yang dapat membantu Anda mewujudkan impian-impian tersebut.

Namun, pada tiap-tiap hal pasti terdapat kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan teknik investasi emas yang ketiga ini. Salah satu kelemahan terbesar dari teknik ini yaitu apabila bisnis yang dijalankan tersebut mengalami kebangkrutan, maka emas yang dimiliki juga akan hilang atau berkurang.

Namun sebaliknya, apabila usaha yang dijalankan tersebut mengalami banyak kemajuan, maka bukan hal yang tidak mungkin lagi Anda bisa berusaha untuk meningkatkan jumlah emas yang telah Anda miliki.

Itulah beberapa teknik atau Cara Investasi Emas Batangan Antam dan Emas Pegadaian Untuk Pemula yang bisa sobat UangMania pilih sebagai langkah awal untuk terjun dalam dunia investasi. Bagi Anda yang berkeinginan untuk mencobanya, maka Anda bisa memilih diantara ketiga teknik tersebut mana yang akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi investasi emas batangan yang Anda inginkan.