5 Cara Pinjam Uang di Bank Bila Butuh Dana Cepat

Butuh Dana Cepat? Begini 5 Cara Pinjam Uang di Bank yang Mudah - Kebutuhan sehari-hari setiap orang berbeda-beda, ada yang membutuhkan banyak barang dan ada yang hanya membutuhkan beberapa barang saja. Kebutuhan tersebut pastinya tidak akan lepas dari yang namanya naik turunnya kondisi ekonomi pribadi.

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa ekonomi adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan, karena ekonomi yang bagus pastinya akan memberikan banyak peluang untuk mendapatkan kehidupan yang bagus pula.

Kamu pasti tahu arti dari ekonomi itu sendiri, secara mudahnya ekonomi banyak disebut sebagai uang. Uang merupakan benda yang sangat berharga bagi manusia, karena dari uang itu sendiri pun bisa meningkatkan derajat seseorang di masyarakat.

Kembali lagi kepada faktor utama dan tujuan dari uang yang pastinya digunakan untuk melengkapi atau memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Terkadang kebutuhan dengan kondisi ekonomi akan menjadi saling berbenturan.

Pernahkan kamu mengalami hal seperti itu? Disaat kamu membutuhkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhanmu, ternyata keadaan ekonomimu masihlah lemah sehingga tidak mampu untuk melengkapi kebutuhan tersebut.

Mungkin bagi seseorang yang kebutuhannya masih bersifat biasa alias untuk keperluan sehari-hari seperti membeli baju dan lain sebagainya masih bisa dianggap biasa, namun bagi orang yang kebutuhannya untuk membayar pendidikan, pastinya akan sangat sulit bukan?

Apakah kamu salah satu dari orang yang sedang mengalami hal diatas? Ekonomi yang masih melemah tetapi masih banyak kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi? Tenang saja, karena semua itu ada solusi mudahnya.

Sangat beruntung sekali orang yang hidup dizaman sekarang karena sudah banyak bermunculan agen atau tempat yang menyediakan pinjaman yang pastinya bisa membantu siapapun yang membutuhkan dana secara cepat.

Butuh Dana Cepat? Begini 5 Cara Pinjam Uang di Bank yang Mudah

Meskipun sudah banyak tempat yang menyediakan pinjaman, nyatanya orang-orang masih belum faham bagaimana cara meminjamnya. Nah, kali ini kamu akan mengetahui cara meminjam uang di bank dengan mudah di bawah ini.

1. Memilih bank yang ingin dijadikan pilihan
Melakukan pinjaman di bank pastinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu bank yang ingin kamu jadikan tempat pilihan terakhir. Kamu harus mempertimbangkan bank yang kamu pilih terlebih dahulu, apakah bunganya tinggi, jumlah pinjaman maksimal berapa, dan lain sebagainya.

Saat memilih bank, pastikan kriteria pinjamannya sesuai dengan yang kamu butuhkan dan pastinya kamu sanggup untuk mengembalikannya.

2. Menentukan jenis pinjaman
Kebanyakan bank yang ada di Indonesia menyediakan 2 jenis pinjaman yang pastinya mempunyai perbedaan didalamnya. Kedua pinjaman tersebut yaitu KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan KMG (Kredit Multiguna).

Apa sih KTA dan KMG itu?
- KMG alias kredit multiguna seperti yang sudah kita ketahui bahwa kredit ini membutuhkan jaminan untuk melakukan sebuah pinjaman dana. Untuk kredit jenis ini kebanyakan menyediakan pinjaman dana yang besar tetapi tergantung dari bank yang ingin kamu jadikan tempat pinjaman.

- KTA alias kredit tanpa agunan merupakan salah satu kredit yang bisa dibilang lebih baru dibandingkan KMG, dan kredit jenis ini sangat disukai oleh masyarakat umum karena bisa meminjam dengan mudah tanpa harus menyertakan jaminan dalam peminjamannya.

Untuk jenis kredit ini lebih sering dipilih oleh masayarakat umum atau personal karena jumlah dana yang bisa dipinjam jauh lebih kecil dibandingkan kredit dengan jenis multiguna.

3. Melengkapi syarat yang diberikan bank
Setelah kamu memilih bank yang kamu inginkan dan sudah mengetahui jenis pinjaman mana yang akan kamu pilih, langkah selanjutnya yaitu kamu harus melengkapi berbagai syarat yang diberikan oleh bank.

Biasanya syarat antara jenis KTA dan KMG mempunyai perbedaan, jadi tentukan pilihanmu terlebih dahulu.

Untuk syarat umum yang biasanya dibutuhkan oleh bank yaitu :
- Berkewarganegaraan Indonesia
- Usia minimum 21 tahun

Syarat umum itu akan dibuktikan dengan berbagai dokumen seperti :
- Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
- Fotokopi NPWP
- Fotokopi slip gaji
- Fotokopi buku tabungan
- Fotokopi kartu kredit (jika sudah punya)
- Fotokopi akta nikah (jika sudah menikah)

Syarat yang diberikan oleh bank jangan sampai ada yang tertinggal, karena satu saja berkas yang tidak dilampirkan, pihak bank kemungkinan besar tidak akan menerbitkan pengajuan pinjaman yang akan kamu buat.

4. Mengisi lembar pengajuan pinjaman
Setelah syarat yang diberikan oleh bank sudah kamu penuhi, kamu harus mengisi lembar pengajuan pinjaman yang sudah disediakan oleh bank.

Biasanya saat masuk kedalam bank nantinya akan ditanya mau apa, nah kamu tinggal bilang saja akan melakukan pinjaman dan nantinya kamu akan diarahkan oleh petugas.

Akan ada banyak data yang dibutuhkan saat mengisi lembar tersebut, tetapi kamu jangan merasa khawatir terlebih dahulu karena kebanyakan saat pengisian lembar pengajuan pinjaman akan dibantu oleh Customer Service dari Bank yang kamu pilih tersebut.

Saat kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank, pastikan tunjukkan sikap yang baik dan jangan sampai membuat pihak menjadi tidak menyukai karakter kamu karena bisa menjadi poin khusus yang dicatat oleh bank mengenai pribadimu.

5. Menunggu proses review oleh pihak bank
Proses ini adalah proses akhir saat melakukan pinjaman ke bank yang kamu inginkan, kebanyakan pengajuan pinjaman yang sesuai dengan kriteria bank akan diterima tetapi tidak menutup kemungkinan bisa tertolak apabila pihak bank tidak mempercayai kamu.

Oleh karena itu, saat kamu melakukan pinjaman di bank pastikan jumlah pinjaman dana yang kamu pinjam jangan sampai melebihi gaji bulanan yang kamu dapatkan, karena bisa jadi pihak bank menjadi ragu apakah kamu bisa mengembalikan pinjamannya atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus bersih dari data blacklist dari Bank Indonesia karena pernah tersendat dalam hal perkreditan. Apabila kamu terkena blacklist, kemungkinan tertolak akan semakin besar.

Meminjam di bank terkadang membutuhkan waktu yang sedikit memakan waktu dan menyesuaikan dengan jumlah pinjaman yang ingin kamu pinjam. Apabila jumlah pinjamannya kecil, peluang untuk cepat cair akan semakin besar.

Begitupula sebaliknya, apabila kamu meminjam dana di bank dengan jumlah yang besar, kemungkinan besar pihak bank akan melakukan rivew terlebih dahulu mengenai kondisimu seperti rumah yang kamun tinggali, kondisi ekonomi baik dari segi tabungan, pinjaman, maupun pekerjaan yang kamu lakukan sehari-hari.

Ingatlah, jangan sampai memberikan kesan buruk kepada pihak bank seperti kamu sering telat dalam membayar kredit yang sebelumnya pernah kamu buat ataupun yang lainnya. Itu semua dapat menjadikan peluang diterima menjadi lebih kecil.

Itulah artikel mengenai 5 cara meminjam uang di bank bagi Anda yang butuh dana cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang masih membutuhkan informasi mengenai cara melakukan pinjaman ke bank dengan benar dan pastinya bisa lebih cepat dalam persetujuan pengajuan pinjaman yang kamu buat.

Dapatkan update artikel teknologi terbaru dari kami via email:

0 Response to "5 Cara Pinjam Uang di Bank Bila Butuh Dana Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel