Skip to main content

Peluang Usaha Ternak


Usaha ternak merupakan satu dari ide bisnis yang cukup menguntungkan loh. Apakah Anda berniat untuk memulai usaha peternakan ini? kalau iya, Anda tepat untuk datang ke website UangMania ini karena disini Anda akan mendapatkan ide bisnis yang lengkap. Selain peluang usaha peternakan, di situs UangMania ini Anda juga dapat membaca tentang cara menghasilkan uang, cara mengelola uang, tips meminjam bank, dan tips hemat dalam menggunakan uang.

Kembali ke pokok bahasan kita mengenai usaha ternak, menurut Wikipedia, peternakan adalah suatu usaha atau kegiatan untuk mengembangbiakkan atau membudidayakan hewan untuk mendapatkan hasil atau manfaat. Usaha peternakan sangat cocok bagi Anda yang tinggal dipinggiran kota ataupun di desa karena usaha ini membutuhkan lahan yang agak luas dan juga sumber makanan ternak atau pakan yang mudah dijangkau.

Usaha ternak banyak macamnya. Anda dapat memilih salah satu jenis usaha ternak yang pastinya semua memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan.

Berikut ini kami berikan 9 jenis usaha ternak yang dapat Anda coba. Silahkan disimak ya.

Ternak Bidang Pembibitan atau Pembenihan

Dalam bidang ternak pembibitan atau pembenihan, ada beberapa jenis hewan ternak yang dapat anda coba yaitu seperti iklan lele dan ayam kampung. Untuk memulai bisnis pembibitan iklan lele atau ayam kampung ini, Anda memerlukan kemampuan agar hewan ternak dapat memijah, bertelur sebanyak mungkin serta dapat berkembang biak dan melahirkan.

Berikut adalah pilihan peluang usaha ternak di bidang pembenihan atau pembibitan ini.

1. Pembenihan Ikan Lele

Untuk memulai bisnis ternak ikan lele maka langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah Anda harus mengetahui dulu sifat dari induk lele yang Anda siapkan untuk bertelur, Anda harus mengetahui kapan induk akan siap untuk bertelur, kapan dipisahkan dan kemudian ditempatkan kembali dengan induk yang lain. Kemudian juga yang perlu disiapkan adalah kolam - kolam kecil untuk melakukan proses tersebut.

Selain menyediakan kolam, yang paling penting adalah Anda harus mencari dan menyediakan makanan dari ternak bibit lele nantinya yaitu cacing sutra. Untuk pemasarannya, Anda bisa mencari dan ikut dalam komunitas peternak lele dangan mengikuti komunitas tersebut dengan sendirinya nanti para pembeli benih lele akan datang kepada Anda.

2. Pembibitan Ayam Kampung

Semua orang pasti sangat suka makan daging ayam, terutama daging ayam kampung yang tentunya lebih sehat dari daging ayam potong walaupun harganya memang lebih mahal tapi peminatnya juga banyak karena ya tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi sehingga peluang usaha ternak bibit ayam kampung inipun semakin luas dan menjanjikan.

Dalam ternak bibit ayam kampung, yang Anda perlukan hanya lahan kecil dan dipagari bambu atau kayu, untuk melindungi bibit dari gangguan atau dimakan binatang lain. Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari kandangnya serta memberikan makanan yang baik.

Bidang Pembesaran Ternak

Bidang pembesaran hewan ternak adalah peluang usaha ternak yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Apalagi bila Anda saat ini memiliki lahan usaha di desa yang notabene memiliki lahan hijau yang luas sehingga ketersediaan makanan alami untuk hewan ternak seperti ayam masih sangat tersedia.

Jenis hewan ternak yang bisa Anda coba dalam bisnis ternak pembesaran ini misalkan seperti lele, nila atau bisa juga ayam dan sapi. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan besaran modal dan lahan yang Anda miliki. Tentu berbeda perlakuan dan kondisi antara Anda beternak sapi dengan apabila Anda beternak lele. Hal inilah yang perlu Anda sesuaikan dengan ketersediaan modal dan lahan usaha yang Anda miliki.

Berikut adalah pilihan jenis peluang usaha ternak di bidang pembesaran ini.

3. Ternak Pembesaran lele

Pilihan usaha ternak pembesaran lele merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan untung besar. Dengan menggunakan teknik pembesaran lele yang tepat, maka walaupun dengan kondisi lahan yang luasnya terbataspun usaha pembesaran lele ini dapat sukses besar. Banyak referensi teknik pembesaran lele yang ada saat ini. Anda hanya perlu untuk mempelajari dari buku atau pengalaman pengusaha pembesaran lele yang sudah terlebih dahulu berkecimpung dalam bisnis ini. Selain itu, dari segi permintaan pasar lele merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat misalkan saja sajian Pecel Lele sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap penjualan hasil ternak lele Anda.

4. Ternak Pembesaran Ayam Kampung

Peluang usaha ternak selanjutnya yaitu Ayam kampung yang merupakan jenis makanan yang memiliki kelas yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, Ini disebabkan karena rasa dan tekstur serta kandungan gizi yang dimiliki oleh ayam kampung yang lebih dibandingkan jenis ayam lainnya. Anda tentu pernah menikmati ayam kampung bukan? Jika belum maka Anda sekali-sekali harus mencobanya ya, karena Anda akan dapat merasakan perbedaan cita rasanya dibandingkan dengan rasa daging ayam broiler.

Permintaan pasar terhadap daging ayam kampung pun sangat besar sehingga dapat dijadikan peluang usaha ternak yang menjanjikan. Kebutuhan daging ayam untuk dijual dipasar maupun untuk usaha ayam bakar dan goreng pun sangat tinggi sehingga Anda yang beternak pembesaran ayam kampung tidak perlu khawatir sepi pembeli.

Lahan yang Anda butuhkan untuk bisnis ternak pembesaran ayam kampung ini adalah lahan yang tidak terlalu luas. yang terpenting Anda harus memagari lahan Anda agar ayam Anda tidak pergi jauh dan hilang. Memang dari segi pakan harus tetap Anda jaga jenis dan kuantitasnya harus memadai. Namun untuk harga jualnya ayam kampung ini memiliki harga yang stabil dan dapat Anda jual dengan harga yang cukup tinggi.

5. Peluang Usaha Ternak Kambing

Usaha ternak selanjutnya yaitu ternak kambing. Daging kambing merupakan salah satu daging favorit apalagi ketika diolah menjadi berbagai menu masakan terutam sate. Di daerah manapun pasti ada warung, kedai atau lapak penjual sate kambing.  Selain itu pada saat Idul Adha atau lebaran haji, kambing adalah pilihan paling banyak yang di pilih orang untuk berkurban. Karena harganya lebih terjangkau, dibanding jika membeli seekor sapi.

Dari tingginya permintaan pasat terhadap daging kambing baik untuk keperluan jualan kuliner maupun untuk kurban maka tentu saja usaha ternak kambing menjadi peluang usaha yang bisa Anda pertimbangkan.

Dalam usaha ternak kambing yang diperlukan yaitu kandang khusus dan tertutup, karena kambing bukan hewan yang mudah untuk diatur sehingga jangan sampai ada celah untuk keluar. Karena tentu saja jika dibiarkan keluar tanpa diikat dipohon bisa saja kambing tersebut akan kabur. Untuk pakannnya Anda bisa dapatkan di sekitar lingkungan rumah Anda misalkan seperti rumput dan dedaunan.

6. Peluang Usaha Ternak Sapi

Sama halnya dengan ternak kambing, ternak sapi menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan pada saat lebaran haji. Selain itu daging sapi merupakan jenis daging yang paling banyak permintaannya terutama di hari - hari besar, Sampai pemerintah seringkali harus impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi untuk beternak sapi memerlukan modal yang besar, karena harga satu ekor sapi saja bisa mencapai jutaan rupiah, belum lagi biaya pakan yang harus Anda sediakan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa hasil atau potensi keuntungan yang akan didapatkan dari usaha ternak sapi ini sangatlah menggiurkan. Daging sapi laku tidak hanya pada saaat lebaran haji saja melainkan laku setiap hari. Hampir semua orang suka mengkonsumsi daging sapi setiap harinya untuk dapat dijadikan lauk. Berbeda dengan daging kambing yang lebih memiliki segmen penikmat tersendiri karena memiliki cita rasa yang berbeda.

Selain dagingnya laris dijual, ternak sapi juga dapat dimanfaatkan kotorannya untuk menjadi bahan bakar gas. Ada daerah di Boyolali yang telah menerapkan penggunaan bio gas dari kotoran sapi ini untuk menjadi bahan memasak loh sobat UangMania.

Bidang Ternak yang Menghasilkan Telur

Peluang usaha ternak hewan petelur merupakan salah satu pilihan yang sangat kami rekomendasikan karena dari segi permintaan pasar atas produk telur sangatlah besar. Misalkan telur ayam atau telur bebek merupakan hasil ternak yang dapat digunakan sebagai lauk ataupun bahan adonan kue yang dibutuhkan setiap hari. Dengan tingkat kebutuhkan masyarakat yang sangat tinggi terhadap telur ini, maka Anda yang ingin mencoba bisnis hewan petelur akan sangat berpotensi untuk sukses.

Berikut adalah pilihan peluang usaha ternak di bidang pembenihan atau pembibitan ini.

7. Ternak Ayam Petelur

Bila Anda memiliki lahan yang agak luas, maka bisnis ternak ayam khususnya ayam petelur merupakan salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan. Ayam petelur membutuhkan kondisi lingkungan yang khusus sehingga dapat rajin bertelur misalkan kondisi kandang yang bersih dan jauh dari keramaian. Jenis dan kuantitas pakan ayam petelur juga harus selalu diperhatikan karena dapat mempengaruhi produktivitas ayam petelur tersebut.

8. Ternak Bebek Petelur

Salah satu contoh daerah yang berhasil dalam usaha ternak bebek khususnya telur bebek adalah Brebes. Brebes telah dikenal secara luas di Indonesia sebagai daerah penghasil telur bebek khsususnya yang telah diasinkan. Produksi telur bebek dalam skala besar sangat menguntungkan karena dapat juga diekspor ke daerah lainnya di Indonesia. Anda hanya perlu untuk mencari jaringan penjualan telur bebek di daerah lain untuk dapat Anda ajak bekerjasama dalam pemasaran telur bebek ini.

Sama halnya dengan ternak ayam petelur, bebek petelur juga harus selalu diperhatikan dalam hal jenis dan kuantitas ketersediaan pakannya karena akan berpengaruh pada produktivitas dari bebek petelur tersebut. Modal untuk membuat kandang yang baik dan bersih serta pembelian pakan kemungkinan besar akan tertutupi dengan penjualan telur bebek yang hampir tidak pernah sepi pembeli.

9. Peluang Usaha Beternak Puyuh

Ternak puyuh khususnya telur puyuh merupakan saah satu makanan yang tentu pernah sobat UangMania nikmati bukan? yap, dengan ukuran yang kecil namun cita rasanya lezat membuat siapapun ketagihan dibuatnya. Telur puyuh juga dapat dijadikan bahan campuran masakan sehingga membuatnya tidak pernah sepi pembeli.

Ternak puyuh membutuhkan perhatian khusus dalam hal pakan namun tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Halaman dengan ukuran 5 x 5 meter saja sudah cukup untuk dapat dapat mulai beternak puyuh.

Dari 9 peluang usaha ternak yang telah UangMania uraikan di atas, Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kemampuan modal dan lokasi usaha yang Anda miliki. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa bisnis peternakan membutuhkan perhatian khususnya pada jenis dan ketersediaan pakan serta luas lahan yang akan digunakan.

Selain itu usaha ternak cenderung agar lebih baik lokasinya jauh dari permukiman karena menghindari bau tidak sedap dari kotoran hewan ternak tersebut yang dapat mengganggu warga sekitar. Apabila Anda tidak memiliki lahan yang lokasinya jauh dari warga, maka Anda dapat mensiasatinya dengan rajin membersihkan kandang dan kotoran hewan ternak Anda setiap hari.

Itulah 9 Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Untung Besar yang dapat Anda coba. Semoga berhasil ya sobat UangMania.