Skip to main content

9 Langkah dan Cara Membuka Usaha Online Shop bagi Pemula


9 Langkah dan Cara Membuka Usaha Online Shop bagi Pemula - Pada saat ini, dimana semua hal dalam bidang kehidupan di tuntut untuk serba online bukan? Yap mulai dari yang mudah sampai yang sulit dan yang sering kita jumpai bahkan yang jarang kita jumpai.

Hal ini tentunya membawa banyak pengaruh bagi kehidupan kita baik dampak positif maupun negatif. Seperti halnya dalam bidang kewirausahaan misalnya, saat ini orang berjualan saja sudah banyak yang memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu dengan cara online, karena selain banyak manfaat nya juga lebih mudah untuk dilakukan.

Disamping itu, keuntungan yang di dapatkan juga lebih banyak serta kinerja yang lebih efisien dan efektif karena dapat menghemat waktu, tenaga bahkan biaya.

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit tips tentang bagaimana cara untuk memulai sebuah usaha dengan berjualan secara online atau onine shop terutama bagi pemula.

9 Langkah dan Cara Membuka Usaha Online Shop bagi Pemula

Supaya usaha anda tetap bisa bersaing di pasaran. Berikut ini sedikit tips untuk memulai sebuah usaha online shop bagi pemula, simak uraian dibawah ini:

1. Mempunyai internet banking atau rekening bank
Ketika anda memulai sebuah usaha yang ada kaitannya dengan jual beli online, maka sebaiknya anda mempunyai bahkan membuat internet banking atau rekening terlebih dahulu.

Hal ini ditujukan agar anda bisa lebih mudah mengkoordinasi transaksi jual beli yang masuk sehingga mempermudah anda dalam mengelola keuangan.

Mungkin saat anda membeli suatu barang yang akan dijual kembali bahkan saat anda menerima uang dari konsumen. Karena, pada dasarnya jual beli online ini secara tidak langsung menuntut kita agar melakukan transaksai secara pasif tanpa harus bertemu langsung bahkan tawar menawar seperti halnya jual beli pada umumnya.

Dalam hal ini transfer menjadi hal yang lumrah dan sering dilakukan, kecuali apabila jualan online yang memungkinkan untuk melakukan COD (cash on delivery).

2. Menentukan produk yang akan dijual
Langkah kedua setelah anda mempunyai rekening atau internet banking adalah anda harus mulai menentukan produk apa yang akan anda jual secara online.

Anda harus mempertimbangkan produk yang akan anda jual dengan kebutuhan konsumen saat ini, menyesuaikan dengan musim bahkan trend yang sedang populer dalam masyarakat, karena hal ini juga akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Sebisa mungkin anda menentukan produk yang banyak dibutuhan akan tetapi belum terlalu banyak beredar di pasaran atau belum terlalu mainstream. Maka, akan memungkinkan usaha anda berjalan sesuai dengan harapan.

Dalam online shop tidak menutup kemungkinan bahwa anda hanya menjual satu produk saja, anda bisa menjual beberapa produk yang sekiranya banyak dibutuhkan. Selain itu, anda juga bisa berganti produk setelah kiranya sudah tidak trend atau permintaannya sudah menurun dan anda bisa mengganti dengan model yang lebih terbaru.

3. Menentukan target pasar
Langkah selanjutnya yang harus anda pertimbangkan adalah anda harus menentukan target pasar yaitu menentukan untuk siapa produk yang anda jual.

Hal ini sering tidak menjadi pertimbangan bagi pebisnis terutama pebisnis pemula, karena mereka condong fokus memikirkan produknya saja tidak mempertimbangkan siapa yang akan membelinya.

Maka dari itu, anda harus mempertimbangkan dan menentukan kepada siapa produk akan anda jual? Mengingat saat ini semakin ketatnya persaingan dan semakin banyak nya online shop.

Oleh sebab itu, anda harus menentukan lebih spesifiks di kalangan manakah orang tua, remaja atau bahkan anak-anak yang akan anda jangkau untuk pemasarannya. Disamping itu, hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan promosi produk.

4. Menentukan pemasok atau supplier
Langkah selanjutnya setelah anda menentukan produk dan terget pasar maka anda harus menentukan dengan siapa anda akan bekerja sama.

Karena tidak mungkin juga anda akan memperoduksi semua barang sendirian bukan? Maka, anda harus menentukan siapa pemasok untuk produk yang akan anda jual.

Anda bisa memulai kerja sama dan anda bisa menentukan akan menjadi droship atau sekedar menjadi reseller. Dalam hal ini anda bisa menentukan seperti apa model kerjasama yang akan anda gunakan agar memperoleh keuntungan yang maksimal.

5. Membuat komunitas Online shop
Hal ini bisa anda lakukan dengan membuat komunitas di berbagai media sosial seperti group WA, facebook, instagram, LINE dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk membagikan dan menyampaikan produk-produk yang akan anda jual kepada konsumen, supaya konsumen bisa lebih mudah untuk mengetahui produk anda dan tidak menutup kemungkinan mereka menjadi tertarik dengan produk anda.

6. Menata Online shop dengan rapi
Langkah selanjutnya untuk memantapkan usaha anda adalah dengan menata tata penjualan se menarik mungkin. Hal ini bisa anda lakukan dengan berbagai cara, diantaranya membuat feeds instagram atau membuat upload an produk anda dengan rapi dan se menarik mungkin.

Lengkapi postingan anda dengan rincian produk se detail mungkin, agar tidak mengecewakan konsumen, serta anda harus mencantumkan harga dan bagaimana konsumen untuk memesan, hal ini untuk meminimalisir konsumen yang banyak tanya. Selain itu, anda juga harus mencantumkan produk yang anda jual itu ready atau pre order.

7. Teliti
Dalam memulai sebuah usaha, baik anda menjadi dropshipper atau reseller anda harus memperhatikan ketelitiannya. Seperti halnya anda harus mempertinbangkan biaya-biaya lain yang menunjang produk seperti kemasan produk, ongkos kirim dan masih banyak lagi agar anda tidak mengalami kerugian.

Selain itu, pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam usaha juga harus jelas agar bisa lebih mudah untuk menghitung untung atau labanya.

Tidak hanya dalam hal keuangan, anda juga harus teliti dalam produk yang anda jual, misalnya tipe-tipe atau jenis produk yang dipesan oleh konsumen, jangan sampai terjadi salah barang atau salah kirim produk agar tidak menghilangkan kepercayaan konsumen kepada anda.

8. Kerja keras dan jangan mudah menyerah
Pasang surut dalam sebuah usaha adalah hal yang wajar. Bijak lah anda dalam mengahadapinya, harus giat lah anda dalam mempromosikan dan memasarkan produk anda.

Kalau perlu ciptakan strategi baru dalam penjualan agar tidak kalah saing dengan yang lain karena saat ini tidak bisa dipungkiri saingan online shop juga sudah banyak bukan?

9. Ramah dan Sabar
Langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya dan harus anda tempuh dalam berwirausaha adalah anda harus menjadi penjual yang ramah dan sabar dalam menghadapi penjual, ciptakan pelayanan yang memuaskan agar konsumen merasa nyaman dengan usaha anda.

Cukup mudah bukan cara-cara yang dapat anda tempuh untuk memulai sebuah usaha berjualan secara online.

Akan tetapi anda jangan lupa bahwa dalam sebuah usaha yang maksimal akan mendatangkan hasil yang maksimal pula, maka jangan mudah menyerah dan jangan mudah puas dengan hasil yang anda peroleh. Tetap optimis dan terus semangat untuk meraih yang terbaik!

Demikianlah 9 Langkah dan Cara Membuka Usaha Online Shop bagi Pemula ini. Semoga bermanfaat buat sobat UangMania ya.