8 Peluang Usaha Online Terbaru Tanpa Modal Besar

8 Peluang Usaha Online Terbaru Tanpa Modal Besar - Apa kabar sobat UangMania? Kali ini kita akan membahas mengenai peluang usaha online terbaru yang tidak membutuhkan modal besar.

Seperti kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi dan internet semakin meningkat tiap tahunnya. Perkembangan teknologi dan internet ini membuat bidang lainnya yang menggunakan internet menjadi ikut berkembang pesat.

Misalkan saja bisnis online yang saat ini berkembang sangat pesat dan begitu pula dengan bisnis offline yang juga merangsek ke dunia online marketing (go online).

Selain di bidang jual beli barang dan jasa via online (ecommerce), perkembangan teknologi dan internet juga membuat bisnis di bidang media juga beralih dari sebelumnya menggunakan media cetak atau konvensional kemudian berubah menjadi berita online misalkan seperti detik.com, kompas.com dan lainnya.

Selain itu untuk orang yang ahli dalam bidang-bidang tertentu pun saat ini dapat dengan mudah menjual keahliannya melalui internet.

Terkait dengan dunia bisnis, saat ini sebuah bisnis yang awalnya berjualan offline misalkan dalam bentuk toko, kemudian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet membuat toko online baik untuk lebih banyak menarik pelanggan maupun untuk memperkenalkan dan memperkuat brand yang dimilikinya.

Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah MatahariMall.com yang selain berjualan secara offline dengan membuka gerai-gerai penjualan di mall-mall namun juga menjual barang secara online di dunia maya.

Jadi peluang usaha online akan menjadi sangat terbuka dan semua orang pun dapat memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan.

Apakah Semua Orang Bisa Menjalankan Bisnis Online?

Apabila Anda ingin menjalankan bisnis online, maka modal pertama yang harus Anda miliki adalah sambungan internet yang cukup memadai.

Apabila sudah memiliki sambungan internet yang memadai maka Anda akan bisa menjalankan bisnis online dengan target nasional maupun internasional.

Bisnis online bisa dilakukan siapa saja asalkan ia mau belajar bagaimana memulai perencanaan bisnis online dan kemudian menjalankannya. Anda hanya perlu untuk mengasah kemampuan dan skill di bidang internet dan pemasaran untuk dapat sukses di bisnis online.

Jadi siapapun Anda dan seberapapun tingkat pengetahuan teknologi Anda, apabila mau belajar sedikit saja tentang cara memulai bisnis online maka Anda memiliki kesempatan untuk berhasil di bidang ini.

Baca juga : 4 langkah jitu dalam merencanakan bisnis

8 Peluang Usaha Online Terbaru Tanpa Modal Besar

Berikut kami uraikan jenis-jenis peluang usaha online yang dapat Anda coba :

1. Bisnis Online Menjual Produk Pihak Lain
Saat ini banyak toko online yang bekerjasama dengan produsen barang dengan bentuk sebagai reseller atau dropshipper.

Sistem yang dilakukan pun sangat memanjakan kita sebagai pihak yang berhubungan dengan calon pembeli karena bila ada penjualan maka pihak produsenlah yang mengemas dan mengirimkan barang ke pelanggan namun mencantumkan nama dan merk toko kita dalam barang tersebut.

Dengan metode ini maka pelanggan tidak mengetahui bahwa yang sebenarnya memiliki dan mengirim barang adalah pihak lain, bukan toko online kita sehingga di kemudian hari pelanggan akan kembali kepada kita bila ingin memesan lagi.

Bentuk dan jenis barang yang dapat dijadikan bahan reseller atau dropship bisa berbentuk barang maupun jasa. Namun biasanya jika berbentuk jasa misalkan seperti jasa pelatihan dalam bentuk video, membership atau ebook, bentuk kerjasamanya dapat berupa affiliate dimana kita akan mendapatkan komisi berupa persentase dari harga barang yang dapat kita jual.

Anda bisa mencari barang yang dapat dijual secara online di situs-situs berikut ini.
  • Ratakan.com
  • Supplier.id
  • Tokopedia.com
  • Bukalapak.com
Baca juga : 6 Langkah dan Cara membuat Blog di situs Wordpress.com

2. Bisnis Online Jasa Menulis Artikel Website
Apakah sobat UangMania suka menulis? bila iya, maka peluang usaha online yang satu ini bisa sangat menguntungkan loh.

Dengan harga rata-rata per artikel 1000 kata berada di kisaran Rp 30.000, maka apabila Anda dapat mengerjakan 10 artikel 1000 kata dalam sehari maka penghasilan per hari Anda adalah Rp 300 ribu.

Luar biasa bukan? misalkan bila Anda banyak mendapat orderan menulis artikel dan Anda kerjakan dalam sebulan penuh maka Anda akan mendapatkan penghasilan Rp 9 juta per bulan.

Menjadi penulis artikel website memiliki beberapa tantangan yaitu Anda harus mampu untuk menulis dengan baik dan menarik.

Kata-kata dan kalimat harus mengalir dan tidak buntu sehingga dapat membuat artikel yang kita buat dapat disukai pembaca dan juga disukai google serta tentunya disukai pelanggan Anda.

Faktor trust dan kualitas sangat berpengaruh dalam bisnis online content writer ini. Bila Anda berharap untuk sukses dan bertahan lama dalam bisnis ini maka Anda harus terus menulis artikel yang berkualitas untuk pelanggan Anda.

Satu hal penting lainnya yang harus Anda jaga adalah ketepatan waktu pengerjaan artikel. Bila perjanjian dengan pelanggan adalah satu minggu, maka Anda harus mengerjakan artikel tersebut dalam jangka waktu tersebut.

Modal pengetahuan mengenai Search Engine Optimization (SEO) dalam penulisan artikel juga perlu untuk Anda gali lebih dalam lagi ya sobat UangMania.

Situs-situs freelance penulis artikel yang dapat Anda gunakan sebagai media gathering dengan penulis online lainnya dan juga tempat mendaftar untuk mendapatkan job menulis adalah sebagai berikut ini :
  • Sribulancer.com
  • Projects.co.id
  • Kontenesia, dll
Baca juga : Cara menulis artikel agar tampil pada halaman pertama google (SEO)

3. Bisnis Online Web Building dan Web Design
Bisnis online yang satu ini tentu mengharuskan Anda untuk menguasai bahasa pemrograman web seperti bahasa html dan lainnya.

Namun bagi Anda yang belum menguasai ilmu web design, tentu saja setiap ilmu dapat dipelajari jika Anda berniat untuk terjun ke bisnis online web design ini.

Calon pelanggan dalam bisnis web design ini sangatlah banyak, mulai dari pemilik usaha UMKM sampai dengan perusahaan besar yang ingin membuat situs website untuk usaha mereka.

Jadi bila Anda berminat menggeluti bisnis online web building dan web design ini, maka jangan sampai kendor ya karena potensi pasarnya sangat besar begitu pula potensi penghasilan yang didapat.

4. Bisnis Online Sebagai Makelar
Bisnis online sebagai makelar juga bisa menjadi peluang usaha yang akan terus meningkat kedepannya.

Anda dapat menggunakan sosial media maupun blog untuk memasarkan produk orang lain. Misalkan Anda ingin membantu menjualkan rumah second milik teman Anda. Maka Anda dapat menggunakan media sosial seperti facebook untuk memasarkan rumah second tersebut.

Selain facebook bisa juga menggunakan twitter, instagram, youtube, Whatsapp dan lain sebagainya.

Dalam bentuk website, bisnis makelar ini dapat berkembang dengan pesat dan tentunya berpotensi memiliki transaksi yang sangat banyak dan potensi penghasilan dari komisi yang besar misalkan saja seperti situs-situs berikut ini :
  • Rumah123.com
  • Ciptaloka.com
  • Olx.co.id
  • Carmudi.co.id
Baca juga : 8 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol Tanpa Modal

5. Bisnis Online Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu
Bisnis online konsultasi ini mengarah kepada keahlian apa yang Anda miliki. Bila Anda menguasai bidang properti, maka Anda dapat membuat tips dan tutorial dalam menjalani bisnis properti agar mencapai kesuksesan.

Misalkan Anda menjual ebook atau video mengenai kiat-kiat dalam memasarkan produk berupa rumah second, maka Anda dapat menggunakan media sosial seperti youtube, blog, whatsapp, facebook, instagram dan lainnya untuk mengenalkan produk jasa tutor Anda.

Begitu pula bila Anda ahli di bidang lainnya maka Anda dapat menjual pengetahuan dan keahlian Anda tersebut untuk membantu orang lain dan juga untuk memperoleh penghasilan tentunya.

Baca juga : 6 Ide Usaha Tanpa Modal Bagi Pemiliki Akun Youtube

6. Bisnis Online Multi Level Marketing (MLM)
Bisnis Online MLM pada dasarnya merupakan bentuk bisnis yang menguntungkan. Namun banyak orang saat ini yang sinis atau enggan untuk berkutat dalam bisnis ini.

UangMania memiliki referensi seorang teman yang sukses dalam bisnis MLM ini khususnya untuk produk Oriflame DBC Network.

Ia sampai mendapat bonus jalan-jalan ke jepang loh. Hal ini didukung oleh faktor produk dari oriflame yang memang berkualitas dan banyak digunakan oleh orang di Indonesia.

Jadi saran dari UangMania adalah carilah bisnis MLM yang produknya memang berkualitas dan juga telah digunakan oleh banyak orang serta pelajari sistem bagi hasil kepada member apakah adil dan menguntungkan atau tidak.

Baca juga : 7 Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik

7. Bisnis Online Sebagai Blogger
Bisnis online yang satu ini merupakan bisnis yang cukup menggiurkan, Anda hanya perlu sedikit keahlian dibidang pembuatan blog dan juga konsisten dalam membangun blog tersebut.

Banyak contoh blogger sukses yang dapat meraup puluhan juta per bulannya dari bisnis blogging. Misalkan saja blog Maxmanroe.com yang berhasil meraup penghasilan besar.

Apabila Anda hobi menulis maka dengan tambahan pengetahuan terkait SEO dan Internet Marketing maka jalan Anda menuju kesuksesan dalam blogging akan terbuka lebar.

Namun apabila Anda tidak hobi menulis namun tetap ingin terjun ke bisnis blogging, maka jalan keluarnya adalah Anda dapat membeli artikel di jasa penulis.

Baca juga : Cara membuat website di situs bloggger.com untuk Menghasilkan Uang

8. Bisnis Online Upgrade dari Bisnis Offline Anda
Dan yang terakhir adalah upgrade bisnis offline Anda ke toko online. Bila saat ini Anda sudah memiliki usaha atau bisnis misalkan berjualan handphone atau kosmetik yang selama ini Anda jual secara manual melalui toko atau menawarkan ke teman-teman Anda, maka Anda dapat mengupgrade toko Anda dengan berjualan secara online.

Banyak cara jualan online yang dapat Anda lakukan misalkan saja dengan membuat blog toko online, melalui Whatsapp, facebook dan media sosial lainnya.

Baca juga : 9 Langkah dan Cara membuat Online Shop Untuk Usaha Anda

Itulah 8 Peluang Usaha Online Terbaru Tanpa Modal Besar yang dapat UangMania sampaikan. Tentu masih banyak lagi peluang usaha online lainnya dan bisa dijalankan dari rumah.

Dan jangan lupa ya sobat UangMania, bahwa bisnis online Anda perlu didukung dengan sambungan internet yang memadai dan juga pemasaran yang baik melalui media sosial agar usaha sobat UangMania dapat berkembang dan sukses. Selamat mencoba ya.