Skip to main content

8 Cara Riset Keyword Terbukti Ampuh Untuk Meningkatkan Penghasilan Blog


8 Cara Riset Keyword Terbukti Ampuh Untuk Meningkatkan Penghasilan Blog Anda - Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa cara riset keyword terbukti ampuh.

Sebagai blogger, sangat penting sekali memahami cara melakukan riset keyword. Riset keyword ini memiliki beberapa fungsi.

Salah satu fungsi melakukan reset keyword adalah untuk menentukan kata kunci yang cocok digunakan pada blog atau website.

Memilih kata kunci yang pas merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal itu dikarenakan kata kunci memiliki pengaruh pada performa blog, atau website milik Anda.

Setiap penulis blog, atau website, wajib mengetahui apa saja yang kerap dicari oleh orang-orang di mesin pencarian.

Langsung saja, berikut beberapa cara riset keyword terbukti ampuh.

8 Cara Riset Keyword Terbukti Ampuh Secara Gratis Untuk Meningkatkan Penghasilan Blog

1. Ubersuggest 
Ubersuggerst merupakan sebuah keyword tool yang dihadirkan oleh digital marketer terkenal Neil Patel. Anda bisa menggunakan keyword tool ini secara gratis, tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Cara melakukan reset keyword menggunakan software satu ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengetik keyword yang akan Anda gunakan, serta wilayah yang sudah Anda tergerkan.

Keyword tool ini akan memberikan beberapa informasi terkait dengan berapa besar volume pencarian dari keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, serta saran jenis keyword yang terkait.

Bukan hanya itu saja, Ubbersuggers juga akan memberikan saran mengenai jenis keyword yang masih memiliki kaitan dengan keyword milik Anda pada halaman kolom pencarian. Sebagai contoh, Anda menuliskan kata kunci “membuat blog”, maka Ubersuggest akan memberikan sebanyak 941 saran keyword.

Anda bisa mengurutkan saran keyword tersebut sesuai dengan volume pencarian (search volume), cost per click (CPC), serta nilai kompetisi.

2. Google Trends
Google bukan hanya menyediakan mesin pencarian saja. Lebih dari itu, Google juga menghadirkan tool untuk melakukan riset keyword, Anda bisa menggunakan Google Trends untuk melakukan riset keyword.

Yang lebih menariknya lagi, layanan ini hadir tanpa berbayar, alias gratis. Ketika menggunakan Google Trends, maka Anda akan mendapatkan grafik terkait dengan pergerakan keyword yang sedang Anda cari.

Google Trends, akan menghadirkan grafik mengenai pergerakan keyword dari satu jam terkahir, hingga lima tahun terakhir. Dengan adanya hal tersebut, maka Anda dapat melihat pergerakan naik turun popularitas sebuah keyword dari satu waktu ke waktu.

Sama halnya dengan  tool sebelumnya, Google Trends, juga akan memberikan saran kepada Anda mengenai jenis keyword yang masih memiliki keterkaitan dengan pencarian Anda.

3. MOZ
Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan MOZ untuk melakukan riset keyword. Untuk bisa menggunakan fitur ini, maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebagai anggota.

Jika Anda sudah melakukan pendaftaran, maka Anda akan memperoleh 10 riset keyword.

Hasil riset keyword ini tidak bisa memberikan informasi besaran pencarian per bulannya. Hasil yang ditunjukkan hanya pada tiga situs teratas saja.

Dengan hal tersebut, tentu cara melakukan riset keyword tersebut tidak akan memberikan hasil yang maksimal untuk Anda.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan free trial selama 30 hari. Jika sudah 30 hari, maka Anda dikenakan tagihan sebesar 179 US dollar, setiap bulannya.

4. KW Finder
KW finder ini mirip dengen ubersuggest. Anda akan diberikan beberapa informasi mengenai volume pencarian. Anda akan diberikan beberapa hasil sesuai dengan tingkat kesulitan, serta SERP dari keyword tersebut.

Akan tetapi, layanan yang diberikan KW Finder ini tidak sepenuhnya gratis. Anda hanya dapat mencari dua kata kunci saja secara gratis.

Untuk melanjutkan pemakaiannya, maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika Anda sudah terdaftar sebagai Anggota, maka Anda bisa melakukan lima riset keyword setiap 24 jam.

Jika Anda merasa akun gratis belum bisa memenuhi kebutuhan Anda, maka Anda bisa melakukan pembelian paket premiumnya. KW Finder ini menghadirkan palet premium sebanyak 3 paket, dengan spesifikasi yang berbeda-beda.

Jenis paket premium paling murahnya bisa Anda gunakan untuk melakukan hingga 100 kali pencarian selama 24 jam.

5. SEM Rush
Cara untuk melakukan riset keyword selanjutnya,bisa Anda lakukan dengan menggunakan SEM Rush. Jika Anda memasukkan sebuah kata kunci, maka Anda akan mendapatkan saran beberapa long tail keywordnya.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melihat situs mana saja yang memiliki posisi di halaman pertama dari pencarian kata kunci tersebut.

Akan tetapi, akses akun gratis dari SEM Rush ini masih terbilang terbatas. Anda tidak bisa melihat semua saran kata kunci yang dihasilkan.

Keyword tool ini menghadirkan versi trial selama 7 hari. Jika sudah lewat dari 7 hari, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar 99 US Dollar untuk setiap bulannya.

6. Answer The Public
Untuk jenis keyword tool satu ini tidak menyediakan bahasa Indonesia. Keyword tool ini hanya menghadirkan beberapa pilihan bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris.

Meskipun tidak menyediakan bahasa Indonesia, namun cara melakukan riset keyword menggunakan tool ini cukup kami rekomendasikan.

Hasil yang diberikan cukup lengkap, dan komperenhensif. Anda bisa melakukan riset keyword yang akan Anda gunakan pada blog atau website milik Anda menggunakan tool ini.

Selain itu, Anda dapat mendapatkan beberapa ide untuk konten blog atau website dengan menggunakan keyword berbahasa Inggris ini.

Bisa saja Anda akan mendapatkan keyword yang memiliki potensi populer ketika dibuat dalam bahasa Indonesia. Dengan segala kemudahan serta kelebihan, Anda bisa menggunakan layanan ini gratis.

7. Soovle
Keyword tool selanjutnya ini bisa dikatakan berbeda dengan keyword tool sebelumnya. Ketika menggunakan keyword tool ini, Anda tidak akan mendapatkan beberapa informasi terkait dengan informasi volume pencarian, tingkat kesulitan, serta SERP.

Keyword tool satu ini hanya menyediakan beberapa saran long tail populer pada beberapa situs besar seperti Google, Bing. Yahoo, Amazon, Wikipedia dan Answer.

Hasil pencarian dari keyword tool satu ini bisa dikatakan tidak seakurat dengan keywrod tool lainnya. Solve hanya menghadirkan saran kata kunci saja.

Akan tetapi, mengenai detail banyak volume pencarian tidak akan Anda dapatkan ketika menggunakan keyword tool satu ini.

Selain itu, solve juga menyediakan fitur lain berupa Daily Top Keyword, atau kata kunci teratas harian.

Akan tetapi, keyword jenis ini hanya dihadirkan pada kata kunci bahasa Inggris saja. Solve, tidak menghadirkan hasil sesuai dengan wilayah, atau jenis bahasa tertentu.

8. Google Related Search
Goolge related search merupakan tool untuk melakukan riset keyword yang dihadirkan oleh google. Ketika melakukan pencarian dengan menggunakan google, maka hasil yang disediakan bukan hanya berupa artikel-artikel sesuai kata kunci yang diketik.

Selain itu, google juga menghadirkan saran berupa long tail keyword  yang sesuai dengan kata kunci yang dicari secara real time. Anda bisa memanfaatkan keyword tool ini untuk melakukan riset keyword.

Kedelapan situs yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword di atas tentu memiliki kelebihan, serta kekurangan masing-masing. Silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga cara riset keyword terbukti ampuh ini bisa bermanfaat dan juga sukses meningkatkan penghasilan blog Anda.