Skip to main content

8 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol Tanpa Modal


8 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol Tanpa Modal - Di era modern, pastinya banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan menjadi orang sukses yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Mereka bisa memulainya dengan membuka sebuah peluang usaha atau bisnis. Banyak bisnis atau usaha yang bisa dikembangkan orang dengan mudah tanpa membebankan. Misalnya bisnis makanan atau kuliner, bisnis properti, bisnis online shop, dan masih banyak lagi.

Salah satu contoh yang akan diulas adalah bisnis properti. Seperti yang kita ketahui bisnis properti merupakan bisnis dalam hal furniture atau mebel atau kebutuhan rumah. Pasti banyak orang beranggapan, bisnis properti akan mengeluarkan biaya yang sangat besar, tetapi jangan salah, bisnis properti bisa juga dilakukan tanpa modal.

Modal yang penting dalam memulai usaha atau bisnis properti adalah keterampilan berbicara. Kemampuan ini sunggulah sudah dimiliki manusia sejak lahir dan bukan menjadi hal yang besar bagi kita untuk memulainya.

8 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol Tanpa Modal

Berikut akan dipaparkan mengenai cara memulai bisnis atau usaha properti dari nol tanpa modal yang dapat membantu kita.

1. Memanfaatkan Teknologi Yang Ada (Internet)
Perkembangan teknologi telah berkembang pesat seiring berkembangnya zaman. Pastinya orang-orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet.

Internet berkembang meluas dan telah menjadi salah satu fasilitas terbaik yang dapat kita gunakan untuk merintis bisnis atau usaha properti. Seringlah atau rajin-rajinlah untuk mencari informasi mengenai objek properti atau lahan yang ingin segera dijual. Kemudian, jangan lupa agar mengambil gambar atau screenshot atau memotret objek properti tersebut dan memulainya dengan memasarkannya melalui jaringan internet.

Pastikan kita menggunakan nomor telepon atau nomor handphone yang mudah untuk diingat atau dihubungi agar calon pembeli dapat segera menghubungi kita. Ada beberapa media internet yang bisa kita manfaatkan dalam menyebarluaskan atau mempromosikan bisnis kita :
a. Marketplace
b. Media Social
c. Blog
d. Forum

2. Jalinlah Relasi atau Hubungan Yang Baik dengan Penjual
Jika sebagai calon pebisnis kita memiliki hubungan yang baik dan terbuka dengan pihak penjual, maka kita tidak akan kesulitan untuk menegosiasikan komisi penjualan objek properti.

Ada baiknya kita untuk berterus terang kepada pihak penjual jika maksud kita membantu adalah untuk mendapat atau menerima komisi dari keberhasilan penjualan itu.

Tidak lupa juga, antara kita dan pihak penjual untuk menegosiasikan nilai komisi atau hasilnya sesuai dengan keinginan, agar nantinya antara keduanya tidak ada kecurigaan atau kecurangan pada saat proses transaksi jual beli objek properti tersebut.

3. Menilik Orang Yang Ada di Sekitar
Memiliki teman atau kerabat yang banyak pastinya akan sangat menguntungkan bagi kita khususnya bagi pebisnis.

Dalam mengawali bisnis properti tanpa modal dengan mandiri, memungkinkan bagi kita tidak akan mengalami kerugian sama sekali. Tetapi, kita harus fokus dan rajin dalam mencari properti agar bisnis ini berjalan lancar.

Kita bisa memulainya dengan memperhatikan kebutuhan akan properti dari orang-orang di sekitar kita. Misalnya ada orang-orang di sekitar kita yang saat itu sedang menjual atau mencari properti, kita bisa ikut berpartisipasi dalam percakapan tersebut untuk membantu mengenai hal tersebut.

4. Sikap Jujur Kunci Keberhasilan
Setiap orang memiliki sifat atau karakter yang berbeda-beda. Pastilah ada orang yang bersikap jujur maupun ada orang yang bersikap curang dalam melakukan suatu hal.

Dalam melakukan suatu usaha atau bisnis, kejujuran merupakan kunci keberhasilan. Jika dalam usaha properti kita sebagai perantara, jangan sekali-kali berbisnis dengan cara berbohong baik dengan penjual maupun dengan pembeli atau penyewa properti.

Apabila terdapat kekecewaan dari pihak penjual maupun pembeli atas kebohongan yang kita perbuat, maka akan rusaklah semua kerja keras yang sudah dibangun selama ini.

Tetapi, jika sikap jujur kita tunjukkan dalam berbisnis akan mengalami dampak yaitu rasa percaya dari klien ataupun pembeli sehingga mereka kemungkinan akan menggunakan jasa kita kembali atau bahkan mempromosikan jasa kita kepada orang lain.

5. Mencari Informasi Properti Melalui Surat Kabar
Cara lain untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis properti selain melalui internet, kita juga bisa mencarinya melalui surat kabar.

Dengan hanya bermodalkan membaca sebuah media cetak surat kabar tersebut, kita dapat mengakses informasi terkini mengenai properti apa saja yang sedang diperjualbelikan.

Saat kita berhasil menghubungi pihak penjual objek properti tersebut, langkah atau step berikutnya yang bisa kita lakukan adalah memulai mencoba memasarkan objek properti tersebut.

Jika objek properti tersebut dapat diminati oleh seseorang, maka kita akan mendapatkan keuntungan tersendiri dari penjualan tersebut.

6. Mark Up Harga Dengan Tepat
Meskipun berada di lokasi yang hampir sama, harga atau nilai objek properti bisa saja berbeda-beda karena pengaruh luas tanah, kondisi bangunan, keberadaan fasilitas serta akses kendaraan dan fasilitas umum.

Oleh karena itu, kita harus lebih cermat ketika memulai untuk memasarkan suatu objek properti. Coba untuk meninjau kembali apakah harga yang yang telah kita tetapkan pada objek sesuai dengan kualitas objek properti tersebut.

Jangan membuat rentan harga jual yang terlalu tinggi dan tidak masuk akal. Jika kita menetapkan harga sesuai dengan kualitas produk, maka para pelanggan atau pembeli akan kembali menghubungi kita untuk melakukan proses jual beli objek properti tersebut kepada kita.

7. Membuat Website Bisnis Properti Sendiri
Jika pertama tadi kita telah mengenal tentang internet, ada baiknya kita memanfaatkan teknologi internet tersebut untuk meningkatkan peforma bisnis properti yang sedang kita bangun.

Kita dapat mempromosikan usaha bisnis properti kita dengan cara yang profesional. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan bisnis properti tersebut melalui website yang bisa kita buat sendiri.

Dengan adanya website bisnis tersebut, maka orang-orang akan menganggap bisnis kita profesional dan terpercaya. Untuk membuat website, kita bisa menggunakan platform gratis yang mudah dimodifikasi dan banyak diminati orang-orang, yaitu Blogger dan WordPress.

Dengan membuat website untuk bisnis kita sendiri, maka brand bisnis akan terbentuk, dan diingat baik oleh klien. Menjaga reputasi dan juga nama baik bisnis properti kita akan menjadikan pekerjaan yang penting untuk ke depannya.

8. Bergabung dan Aktif Dalam Kegiatan Bisnis Properti
Perkembangan dan perubahan pada suatu bisnis pasti akan terjadi seiring berjalannya waktu. Perkembangan serta perubahan tersebut haruslah diikuti dengan baik. Berarti, seorang pebisnis harus selalu aktif dalam bisnis yang sifatnya dinamis (berubah-ubah).

Agar kita mendapat ilmu serta wawasan yang luas mengenai properti, kita diharuskan untuk aktif dan bergabung dalam sebuah kegiatan yang berhubungan dengan bisnis properti, seperti seminar tentang properti, brand launching properti, pameran properti, dan masih banyak lagi.

Dengan mengikuti kegiatan atau aktivitas tersebut, maka pengetahuan kita akan semakin bertambah dan mengalami peningkatan. Kita juga bisa mendapatkan sebuah pandangan bagaimana cara untuk menjalankan bisnis properti yang dapat menjanjikan dalam jangka waktu yang lama.

Sebagai pebisnis pemula yang ingin menjalankan sebuah bisnis, kita bisa belajar dari siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Memulai bisnis properti ini tak begitu sulit untuk dijalankan asalkan kita mau tekun dan bersabar dalam menjalaninya. Semoga informasi 8 Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol Tanpa Modal di atas dapat bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan sobat UangMania ya.