Skip to main content

7 Syarat Pengajuan Kredit Ultra Mikro (UMi)

7 Syarat Pengajuan Kredit Ultra Mikro (Umi) - Hai sobat UangMania, bagi Anda yang merupakan pelaku usaha UMKM dan selama ini sulit sekali untuk mendapat pinjaman dari Bank, maka pemerintah sudah memberikan jalan keluarnya loh.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah mempermudah program Kredit Ultra Mikro dengan melakukan digitalisasi sehingga pencairan program kredit untuk UMKM ini dapat diakses melalui layanan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran.

PJSP tersebut yaitu PT Telkom dengan T-Money, PT Dompet Anak Bangsa dengan Go-Pay, PT Telekomunikasi Selular dengan T-Cash dan PT Bukalapak.com dengan Bukalapak.

Dalam pelaksanaan program Kredit Ultra Mikro ini pemerintah bekerjasama dengan Lembaga keuangan Non Bank seperti PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Bahana dan juga PT Pegadaian.

Saat ini Kredit Ultra Mikro telah dinikmati oleh sekitar 608.000 pengusaha UMKM yang ada di Indonesia.

Dana kredit ultra mikro berasal langsung dari APBN dan diperuntukkan bagi pengusaha UMKM yang selama ini sulit mendapatkan pembiayan dari perbankan.

Pinjaman yang dapat diberikan kepada pelaku UMKM pada program Kredit Ultra Mikro ini adalah masksimal sebesar 10 juta rupiah.

Lalu apa perbedaan Kredit Ultra Mikro (UMi) dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ? perbedaannya adalah jika Kredit Ultra Mikro sumber dananya langsung dari APBN sedangkan Kredit Usaha Rakyat atau KUR dananya adalah dari perbankan namun mendapatkan subsidi dari pemerintah.

7 Syarat Pengajuan Kredit Ultra Mikro (Umi)

Bagi sobat UangMania yang ingin mengajukan permohonan pinjaman Kredit Ultra Mikro ini, maka berikut ketentuan atau syaratnya.

1. Maksimal Pinjaman atau Plafon Kredit
Untuk pelaku UMKM yang akan mengajukan Kredit Ultra Mikro maka jumlah plafon kredit yang diperkenankan adalah maksimal sebesar Rp 10 juta.

2. Pihak yang Berhak Menerima Pinjaman
Pelaku usaha yang dapat mengajukan pinjaman kredit Ultra Mikro adalah pengusaha yang masuk dalam kategori Ultra Mikro.

3. Jangka Waktu (tenor) Pinjaman
Kredit Ultra Mikro memberikan pilihan tenor atau jangka waktu kredit sampai dengan 52 minggu.

4. Jaminan atau Agunan
Kredit Ultra Mikro tidak mensyaratkan agunan atau jaminan apapun dalam perjanjian kredit.

5. Pelatihan dan Pendampingan dari Pemerintah
Bagi pelaku usaha yang disetujui untuk menerima Kredit Ultra Mikro maka akan diberikan fasilitas pendampingan usaha dari pemerintah.

6. Bantuan dan Dukungan Pemerintah
Kredit Ultra Mikro ini dananya bersumber dari pemerintah yaitu PIP (Pusat Investasi Pemerintah) dan disalurkan melalui Lembaga Keuangan Non Bank (LKBB) dengan tingkat bunga sebesar 2 sampai dengan 4 persen.

7. Prosedur atau tata cara Pinjaman
Prosedur pengajuan pinjaman kredit ultra mikro adalah lebih ringkas dan mudah bila dibandingkan dengan persyaratan kredit di bank yang cukup rumit.

Jadi buat sobat UangMania yang berniat untuk mengajukan pinjaman atau kredit Ultra Mikro ini harus memperhatikan ketentuan pinjaman yang telah disebutkan di atas ya.

Itulah 7 Syarat Pengajuan Kredit Ultra Mikro (Umi) yang dapat UangMania uraikan. Semoga bermanfaat ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar