7 Inspirasi Bisnis Ibu di Rumah yang Patut Dicoba

7 Inspirasi Bisnis Ibu di rumah - Hai sobat UangMania, saat ini sudah banyak kaum hawa yang memilih melepaskan pekerjaan atau karirnya dan lebih memilih menjadi ibu rumah tangga di rumah.

Kesempatan itu dengan melakukan  sepenuhnya di rumah dan mendedikasikan waktu nya demi mengurus rumah, anak dan melayani suami.

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mengeluh, lelah, dan bosan bahkan merasa kurang berdaya secara finansial. Walaupun memang secara kebutuhan finansial, suami telah menutupnya, tetapi kadangkala masih ada perasaan ibu untuk ingin produktif finansial secara mandiri.

Bersyukurlah, saat ini tidak perlu kerja dari pagi hingga sore hari. Teknologi internet yang semakin canggih memungkinkan kita mendapatkan penghasilan tanpa beranjak dari rumah.

Anda sebagai wanita yang saat ini tengah bosan menjadi ibu rumah tangga biasa di rumah, bisa menimbang lagi untuk menjalankan bisnis ibu rumah tangga atau menjadi mompreneur.

7 Tips Mulai Merintis Bisnis di Rumah Bagi Ibu Rumah Tangga

1. Pilihlah bisnis yang sesuai keterampilan
Dalam memilih bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga ini harus mempertimbangkan segala sisi, mulai dari tingkat kesulitan, cara pengerjaan, hingga modal yang dibutuhkan. Tapi yang terpenting adalah Anda harus memilih bisnis yang sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki sehingga bisnis akan terasa senang dan tidak terbebani menjalaninya.

Selain itu, bisnis yang dijalani dengan disesuaikan keterampilan ini bisa membuat pengerjaan bisnis jadi lebih mudah karena Anda terbilang sudah ahli dan paham di bidang tersebut.

2. Cerdas dalam membagi waktu antara bisnis dan keluarga
Dalam membangun bisnis sebagai ibu rumah tangga, tak jarang ada ibu rumah tangga yang terlalu sibuk berbisnis sehingga pekerjaan rumah jadi terbengkala, atau juga bisa sebaliknya, terlalu sibuk mengerjakan pekerjaan rumah juga bisa berpengaruh bisnis terlupakan dan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Dan solusinya pun sebenarnya mudah,  Anda hanya perlu cerdas dalam membagi waktu antara bisnis dan keluarga.

Buat jadwal waktu kapan saja harus mengerjakan bisnis dan waktu harus mengerjakan pekerjaan rumah. Misalkan Anda menentukan jam kerja selama 5 jam sehari, dan gunakanlah  sisa harimu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dengan membuat jadwal sendiri, seolah-olah seperti sedang bekerja kantoran. Hanya perbedaann saja lokasinya dari rumah.

3. Memisahkan uang bisnis dengan uang belanja bulanan
Masalah lainnya ketika melakukan bisnis ibu rumah tangga adalah ketika berhadapan dengan keuangan bisnis. Cara termudah untuk mengelola keuangan sendiri yaitu dengan memisahkan antara uang bisnis ibu rumah tangga dengan uang belanja bulanan.

Kalau tidak, Anda juga bisa menggunakan rekening tabungan yang berbeda untuk menyimpan uang hasil bisnis Anda. Sehingga, uang bisnis ibu rumah tangga tidak akan tercampur dengan uang belanja bulanan.

4. Memanfaatkan teknologi untuk membantumu
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantumu ketika berbisnis ataupun melakukan pekerjaan rumah tangga. Anda bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk yang kamu miliki melalui sosial media. Pilih waktu yang tepat di mana orang sedang berkutat dengan gadget mereka, terlebih lagi pada saat orang sampai di rumah setelah bekerja.

Sedangkan, dalam membantu pekerjaan rumah tangga, Anda juga bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang canggih untuk mempercepat pekerjaan rumah, seperti vacum cleaner, mesin cuci langsung kering, setrika uap, dan berbagai alat lainnya yang tidak butuh waktu lama untuk mengerjakannya.

5. Buat ruang kerja pribadi
Cara efektif untuk menjaga agar Anda tetap produktif dan meningkatkan konsenstrasi ketika menjalankan bisnis rumahan ibu rumah tangga yaitu dengan memiliki ruang kerja sendiri di rumah.Selain itu, data-data bisnis yang Anda miliki bisa jadi lebih rapi karena disimpan di satu tempat.

Tapi permasalahannya bagaimana jika ruangan yang ada di rumah tidak memadai? Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan yang ada di ruang keluarga atau kamar untuk kamu jadikan ruang kerja sendiri. Tatalah dan sesuaikan dengan tingkat kenyamanan pribadi.

6. Lakukan evaluasi
Evaluasi terhadap bisnis ibu rumah tangga ini penting dilakukan. Tujuan evaluais ini adalah untuk melihat sejauh mana kesehatan keuangan dan perkembangan bisnis ibu rumah tanggamu, apakah bisnis yang sedang dijalani sudah memenuhi target atau belum. Evaluasi bisa dilakukan dalam kurun waktu tertentu, mulai seminggu sekali atau sebulan sekali.

7. Siap dalam menerima konsekuensi
Saat Anda memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga, itu tandanya kamu sudah harus siap menerima konsekuensi yang ada. Mulai dari pekerjaan yang semakin bertambah dan waktu keluarga yang pasti akan berkurang sedikit.

Sehingga pasti ada masa di mana nanti kamu akan merasa lelah menjalankan keduanya dan ingin menyerah. Tapi ingat, Anda harus menerima konsekuensi tersebut.

Untuk dapat menebus konsekuensi tersebut, Anda bisa meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga dengan mengagendakan untuk pergi jalan-jalan atau berlibur bersama keluarga paling tidak satu bulan sekali.

7 Inspirasi Bisnis Ibu di Rumah yang Patut Dicoba

Berikut ini contoh bisnis rumah tangga yang bisa menjadi inspirasi Anda di rumah.

1. Bisnis makanan kemasan
Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang pertama pastinya tidak akan jauh-jauh dari yang namanya memasak. Bisnis catering?bagus, tetapi alam berbisnis catering, tentu membutuhkan waktu memasak yang lebih lama sehingga pasti akan menyita waktumu. Anda bisa mencoba untuk berbisnis makanan kemasan seperti sambal kemasan, rendang kemasan, kue kering, keripik, atau aneka makanan beku.

2. Menjual barang dekorasi rumah
Bagaimana jika Anda menjual barang-barang untuk dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung ricecooker,dan lainnya. Agar lebih menarik, Anda dapat mencoba untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang daganganmu, lalu foto lah dan promosikan di sosial mediamu.

3. Bisnis aksesoris
Bagi Anda yang suka membuat kerajinan tangan seperti aksesoris, keahlian ini jangan kamu sia-siakan. Membuat berbagia jenis aksesoris ini tidak hanya terbatas pada aksesoris orang dewasa saja, tapi juga bisa aksesoris anak-anak seperti headband atau bandana untuk anak perempuan.

4. Bisnis tanaman hias
Saat ini sudah banyak tanaman hias yang tidak lagi dipajang di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis untuk ibu rumah tangga jika Anda memiliki keahlian merawat tanaman. Anda juga bisa menjual tanaman hias jenis herbal yang bisa digunakan untuk kebutuhan dapur.

6. Menjadi reseller pakaian
Bisnis seperti ini memang menjadi bisnis ibu rumah tangga yang paling banyak digemari karena tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda cukup bermodal handphone dan internet saja, sudah bisa mendapatkan uang. Dikarenakan persaingan di bisnis ini sangat ketat, cobalah untuk menjual pakaian yang lebih spesifik mulai dari pakaian khusus kantor, kebaya, gaun pesta, atau pakaian rumah.

7. Menjadi freelancer
Jika Anda tidak mau pusing-pusing memikirkan jenis bisnis rumah tangga, Anda bisa menjadi freelancer dengan mengandalkan kemampuan atau keterampilan yang kamu miliki, mulai dari menjadi penulis, penerjemah, desain, admin sosial media, dan lain sebagainya.

Demikianlah 7 Inspirasi Bisnis Ibu di Rumah ini. Semoga dapat bermanfaat buat sobat UangMania ya.