Skip to main content

7 Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik

7 Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik - Pada zaman sekarang ini, di era globalisasi dimana semua sarana dan prasarana dalam segala bidang kehidupan manusia semakin canggih. Perkembangan teknologi semakin pesat, komunikasi kian mudah terjalin dan tentunya masih banyak lagi keuntungannya bukan?

Di zaman yang semakin modern ini tentunya juga membawa pengaruh bagi peningkatan taraf hidup masyarakat, terutama di bidang bisnis dan usaha. Semakin hari dunia bisnis terus mengalami perkembangan yang tergolong pesat juga loh.

Penasaran apa dan bagaimana kinerja bisnis yang semakin pesat? Yap, salah satu diantaranya yaitu MLM (multi level marketing). Bisnis ini tumbuh sangat pesat dimana ditandai dengan banyak nya orang yang memilih untuk menekuni usaha ini. Lalu apa yang dimaksud dengan usaha bisnis MLM itu?

MLM atau multi level marketing adalah salah satu jenis strategi usaha berantai dimana sales tidak hanya mendapatkan keuntungan atau kompensasi dari produk yang dijual, melainkan mendapatkan kompensasi dari rekan-rekan sales lainnya karena strategi usaha ini terbentuk sebagaimana usaha seperti piramida yang mana ada keterkaitan antara sales satu dengan sales lain.

Dalam sistem ini juga mengenal up line atau downline dimana sales-sales yang telah di rekrut menjual produk berdasarkan urutan pendaftarannya. Jadi bagi anda yang menjalankan strategi ini bisa mendatangkan keuntungan yang banyak bukan?

Berdasarkan penelitian dan fakta di lapangan sudah terbukti bahwa usaha MLM ini sudah banyak dilakukan di berbagai kalangan masyarakat dan banyak diminati oleh masyarakat. Dengan berbagai produk dan beraneka macam promosi yang mereka tawarkan, sehingga memberi kesan tersendiri bagi masyarakat.

Hal ini lah yang memunculkan rasa ketertarikan masyarakat terhadap usaha ini. Akan tetapi, disamping itu anda juga harus berhati-hati dalam menjalankan dan memilih usaha ini, karena pada saar ini banyak dijumpai usaha-usaha yang tidak meyakinkan dan tidak dapat dipercaya.

Tentunya membawa banyak kerugian bukan? Lantas usaha apa yang harus anda lakukan untuk mengetahui dan memilih serta membedakan manakah usaha MLM yang baik dan layak untuk dipilih dan dijalankan?

7 Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik

Dan bagaimana cara menghindari usaha yang dapat merugikan itu?
Penasaran? Langsung saja simak uraian dan sedikit pembahasan saya di bawah ini ya!

1. Pilihlah usaha MLM yang sudah terdaftar ke dalam APLI
Langkah pertama yang dapat anda pertimbangkan untuk memilih dan membedakan manakah usaha MLM yang baik yaitu dengan memilih usaha MLM yang sudah terdaftar ke dalam APLI.

Dimana APLI adalah asosiasi penjual langsung indonesia yang mewadahi kinerja MLM di seluruh Indonesia. Berdirinya lembaga APLI ini didasari oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dengan belum adanya hukum yang baku mengenai penjualan langsung di Indonesia, maka sekelompok penjual-penjual membentuk forum ini untuk menentukan hukum baku yang disepakati bersama dan berlaku di Indonesia.

Khususnya bagi usaha MLM sendiri mereka hanya bisa masuk dalam kategori APLI apabila memenuhi segala persayaratan dari APLI dan apabila dianggap memang sudah benar-benar meyakinkan dan layak untuk menjadi usaha yang baik. Oleh karena itu, melalui APLI ini kita bisa mengetahui manakah usaha MLM yang tergolong baik atau tidak.

2. Usaha yang memiliki badan hukum yang jelas
Langkah kedua yang dapat anda pertimbangkan adalah setelah mengetahui APLI, maka  usaha MLM juga harus mempunyai badan hukum yang jelas yang dapat diakui kebenarannya dan dipertanggung jawabkan keberadaanya.

Usaha atau bisnis yang berdiri sebaiknya dibentuk dengan jenis PT atau sejenisnya yang memiliki SIUPL dan NPWP. Dengan adanya badan hukum yang jelas, maka berdirinya usaha MLM ini dapat dipertanggung jawabkan terhadap konsumen yang menggunakan produk atau member-member nya.

3. Pilihlah usaha MLM yang jenis produknya beragam
Dengan adanya banyak produk yang ditawarkan dan dijual kepada konsumen maka banyak pula peluang anda untuk  menjadi downline.

Selain itu, dengan beragam nya jenis barang yang ditawarkan dengan berbagai macam harga tentunya, maka anda bisa menyesuaikan dengan budget anda. Selain itu, tidak cukup hanya barang yang ditawarkan beragam, akan tetapi di dalam barang-barang tersebut juga termuat jelas kualitas dan jaminanya. Hal ini akan menambah kepercayaan bagi konsumen yang akan menggunakannya.

4. Pilih lah usaha MLM yang distributornya terpercaya dan berorientasi untuk sukses
Langkah selanjutnya yaitu anda juga harus memilih usaha MLM yang distributor barang nya jelas dan terpercaya.

Selain itu, distributor yang harus anda pilih adalah distributor yang sudah banyak menghasilkan dan mendistribusikan barang-barang yang membawa kesuskesan bagi konsumennya.

Tentunya distributor yang sukses juga akan mebawa anda cepat sukses bukan? Pada umumnya kategori distributor yang terpercaya dan mensukseskan ini bisa anda ketahui dengan teraturnya usaha-usaha dan program yang mereka jalankan, semua kegiatan terorganisir dengan baik seperti misalnya pertemuan rutin, serta banyak didukung dengan berbagai macam media penunjang seperti kaset, majalah, dan lain sebagainya. T

Tidak hanya itu, dorongan kerja keras juga sangat ditonjolkan. Tidak seperti perusahan-perusahaan yang banyak menawarkan keuntungan maksimal usaha yang banyak dijumpai pada saat ini.

5. Melihat apakah usaha dapat diterima dengan baik okeh masyarakat dan pasar nasional
Langkah kelima yaitu anda bisa melihat seberapa bonafit usaha MLM yang akan anda pilih. Apabila usaha memang sudah benar-benar bonafit dan terpercaya maka akan terlihat seberapa antusias masyarakat dalam menerimanya dan seberapa besarnya pasar nasional dalam menerimanya pula.

Skala penerimaan ini tergantung besar atau kecilnya yang bisa anda pertimbangkan untuk memilih mana usaha yang baik atau tidak.

6. Usaha yang memiliki sistem yang adil bagi semua member dan konsumen tanpa pandang bulu
Dalam menjalankan sebuah usaha harus memiliki sistem usaha yang adil, transparan dan jelas.

Usaha yang baik akan memberikan keuntungan yang sama bagi semua member tanpa melihat kapan mereka bergabung sudah lama atau tidak. Tetapi bagi mereka yang mau bekerja keras akan mendapatkan keuntungan.

Oleh sebab itu, anda juga harus teliti dalam memilih usaha karena apabila usaha yang dilakukan tidak adil maka hanya akan membawa kerugian bagi anda.

7. Harga yang ditawarkan masuk akal
Hal terakhir yang harus anda pertimbangkan adalah harga-harga yang ditawarkan oleh perusahaan yang cukup masuk akal. Cermati dan ketahuilah harga-harga barang di luar dan sesuaikan dengan harga yang ditawarkan oleh MLM.

Selain itu, bandingkan juga dengan kualitasnya. Apabila murah, juga tidak terlalu beda jauh dengan harga aslinya di luar.

Nah, bagaimana perasaan anda setelah membaca sedikit informasi tentang  MLM dan bagaiman cara memilih usaha MLM yang baik. Anda tertarik?

Silahkan untuk mencoba dan memilih usaha-usaha MLM dengan menerapkan tips-tips diatas. Walaupun tidak maksimal, tetapi saya selalu berusaha untuk bisa membantu anda.

Demikianlah 7 Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat UangMania ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar