Skip to main content

Cara Investasi Reksadana

Hai sobat UangMania, apakah anda ingin memulai investasi reksadana? jika iya maka kami akan memberikan ulasannya pada artikel ini. Investasi merupakan salah satu hal yang haruslah dimiliki oleh semua orang sebelum masuk kedalam usia yang sudah tua, karena dari investasi itulah yang akan membantu orang yang sudah tua untuk mendapatkan hidup yang terjamin.

Banyak sekali jenis investasi yang ada pada saat ini, salah satunya yaitu investasi reksadana. Reksadana merupakan salah satu investasi yang sistemnya kamu hanya menitipkan sebuah modal kepada para professional untuk membeli saham.

Dilihat dari sistemnya seharusnya kamu sudah bisa mengetahui bagaimana cara berinvestasi reksadana ini, dan pastinya kamu tidak perlu lagi membutuhkan modal yang bisa dibilang sangat besar untuk membeli sebuah saham sendirian. Dengan bantuan para professional untuk membeli sebuah saham maupun produk berharga lainnya, kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak harus pusing untuk menccari manakah saham yang harus dibeli dan bagus perkembangannya. Apakah kamu tertarik untuk melakukan investasi jenis ini? apabila kamu tertarik dan ingin melakukan investasi yang menguntungkan ini, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis sehingga kamu bisa mudah dalam mempraktekkannya.

Reksadana merupakan salah satu investasi yang sangat bagus untuk para investor yang tidak mempunyai modal yang banyak dan pengetahuan mengenai investasi yang luas. Untuk membeli sebuah saham, kebanyakan dihargai beberapa juta dan itupun harus selalu berhati-hati karena peluang dan resikonya harus diketahui terlebih dahulu supaya tidak mendapatkan sesuatu yang tidak diinginkan.

Saat kamu bergabung berinvestasi reksadana, kamu hanya perlu bermodalkan minimal 50.000 rupiah saja. Mengapa bisa murah? Karena investasi ini mengumpulkan dana menjadi satu dari para investor yang akan dikelola oleh manajer investasi untuk membeli sebuah saham.

Bukankah sebuah peluang investasi yang bagus terutama bagi kamu yang masih ingin mencoba belajar investasi sebelum membeli saham sendiri? nah, langsung saja pelajari bagaimana cara berinvestasi reksadana dibawah ini.

1. Ketahui Tujuan dan Kebutuhan Investasi


Sebelum melakukan investasi, hal pertama yang harus kamu penuhi yaitu menentukan tujuan terlebih dahulu dalam berinvestasi. Dari tujuan ini seharusnya kamu bisa mengetahui arah mana yang harus diambil dan juga bisa menjadi motivasi kamu dalam melakukan investasi.

2. Memilih Jangka Waktu Investasi

Kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu berapa lama kamu akan melakukan investasi reksadana tersebut atau bisa disebut juga dengan jangka waktu berinvestasi, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam melakukan perhitungan sebelum investasi.

3. Mempertimbangkan dan Memilih Profil Resiko

Didalam sebuah investasi pastinya akan mempunyai resiko disamping keuntungan yang akan didapatkannya didalamnya tak terkecuali untuk investasi reksadana yang pastinya akan mempunyai resiko yang bervariatif. Kembali ke-awal yang menyebutkan bahwa investasi ini merupakan investasi yang dikelola oleh manajer investasi, jadi kamu tidak akan terjun langsung kedalam jual-beli saham tersebut.

Dari pernyataan diatas pastinya bisa diketahui bahwa profil resiko disetiap manajer investasi reksadana mempunyai tingkatan yang berbeda-beda, ada yang profil resikonya rendah, menengah, maupun yang tinggi sekalipun dan semua itu tergantung dari pilihan investasi kamu serahkan kepada siapa. Semakin tinggi profil resiko dari sebuah investasi pastinya peluang keuntungannya yang didapat akan semakin besar, begitu juga sebaliknya apabila profil resikonya rendah maka keuntungan yang akan didapatkan dari investasi akan lebih kecil.

4. Memilih Jenis Reksadana

Setelah kamu mengetahui profil resiko yang akan kamu pilih, tahap selanjutnya yaitu memilih jenis reksadana yang cocok. Kebanyakan untuk investasi dengan profil resiko rendah, salah satu jenisnya yaitu reksadana pasar uang. Jenis investasi ini banyak sekali, yang paling populer saat ini yaitu reksadana pasar uang, reksadana saham, dan reksadana campuran.

- Apa itu Reksadana Pasar Uang?
Investasi jenis ini merupakan investasi yang keseluruhannya diberikan ke deposito, SBI, maupun obligasi. Untuk investasi jenis ini seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mempunyai resiko yang rendah. Tetapi walaupun mempunyai resiko rendah, keuntungan yang akan didapatkannya pun lebih kecil dibandingkan jenis dengan resiko lebih besar.

- Apa itu Reksadana Saham?
Seperti namanya, bahwa reksadana ini akan dikhususkan untuk keperluan jual-beli saham. Oleh karena itu, investasi jenis ini termasuk kedalam jenis dengan profil resiko yang besar. Mengapa besar? Karena jenis ini tergantung kepada pembuat saham atau perusahaan yang menjual saham tersebut. Apabila perusahaan sukses, maka keuntungan yang akan didapatkan menjadi besar, bergitu pula sebaliknya.

- Apa itu Reksadana Campuran?
Reksadana campuran berarti menerapkan banyak pembelian aset investasi dan tidak hanya satu keperluan saja. Contohnya manajer investasi mengalokasikan dananya pada saham, obligasi, dan lainnya. Memilih investasi jenis ini juga mempunyai resiko yang besar karena tergantung seberapa cerdas manajer investasi dalam mengatur keuangan dari investasi tersebut.

5. Memilih dan Mendaftar Reksadana Legal

Untuk melakukan pembelian dalam hal investasi reksadana, kamu harus mencari tempat yang menjual aset tersebut. Pastikan saat kamu memilih penyedia pembelian investasi ini, kamu harus melihat terlebih dahulu legalitasnya. Investasi yang legal pastinya sudah mempunyai izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan milik Indonesia. OJK sendiri berperan sebagai regulator saja, sehingga bisa memberikan keamanan bagi para investor.

6. Mengisi Pilihan Investasi Reksadana

Pada saat melakukan pembelian kamu harus sudah mengetahui terlebih dahulu investasi reksadana bentuk apa yang ingin kamu pilih. Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, kamu harus mengetahui jenis investasi, jangka waktu, dan lainnya dalam melakukan pembelian. Nantinya akan ada banyak pilihan didalamnya dan kebanyakan disajikan dalam bentuk list.

Sebelum melakukan pembelian, kamu disarankan untuk membuka terlebih dahulu prospek perkembangan dari bentuk reksadana yang akan kamu pilih. Misalnya kamu bisa mempertimbangkan di tahun ini perkembangannya sedikit menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Berbagai pertimbangan harus kamu lakukan pada tahap ini, jangan sampai kamu merasa menyesal karena telah membelinya.

7. Komunikasi Dengan Agen Penjual Reksadana

Komunikasi sangatlah penting sebelum membeli investasi terutama investasi reksadana ini yang notabennya membutuhkan pihak ketiga supaya dapat berinvestasi. Komunikasi yang lancar akan membuat investasimu juga semakin lancar dan pastinya jauh dari miss komunikasi. Kamu bisa menanyakan beberapa hal yang penting, misalnya bagaimana dia menentukan sebuah saham atau produk berharga lainnya secara baik atau bagaimana dia mencari peluang investasi yang dapat memberikan prospek yang bagus.

Melakukan investasi reksadana selain untuk belajar berinvestasi, kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti kamu tidak perlu mencari berbagai produk berharga dengan prospek keuntungan yang bagus lagi karena sudah diambil alih oleh para professional. Terlebih lagi, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat banyak untuk melakukan pembelian ini. Sehingga, kamu bisa dengan leluasa bisa membeli banyak produk sekaligus.

Itulah artikel mengenai 7 cara investasi reksadana yang menguntungkan dan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu sobat UangMania.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar