Skip to main content

Hal Sebelum Pinjam Uang Online

Hai sobat UangMania, apabila Anda saat ini berkeinginan untuk pinjam uang online di situs-situs pinjaman online, maka sebaiknya sebelum Anda mengajukan pinjaman tersebut Anda perlu melakukan hal-hal sebagai berikut.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai lembaga resmi yang mengatur dan mengawasi transaksi jasa keuangan di Indonesia telah mengatur mengenai pinjam uang online ini. Salah satu hal yang diatur oleh OJK adalah mengenai larangan bagi situs pinjaman untuk meminta akses data terkait daftar kontak, data gambar dan informasi pribadi dari para pelanggannya.

Situs pinjam uang online juga diwajibkan untuk mematuhi peraturan POJK 77/2016 dan POJK 18/2018 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. OJK juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk meminjam uang secara online pada situs-situs yang telah terdaftar di OJK.

Ada beberapa hal yang sobat UangMania perlu lakukan sebelum melakukan pinjaman online di situs-situs pemberi pinjaman yang ada di Indonesia saat ini. Hal-hal yang harus Anda lakukan tersebut adalah seperti yang kami uraikan berikut ini.

1. Anda harus memastikan bahwa situs pinjam uang online tersebut adalah situs yang telah terdaftar di OJK

Anda dapat mengecek apakah suatu situs pinjaman online telah terdaftar di OJK atau tidak melalui pengecekan legalitas perusahaan pinjaman dengan menghubungi kontak OJK di nomor 157, atau melalui situs website OJK di alamat www.ojk.go.id.

2. Perhitungkan jumlah dana yang akan Anda pinjam dan besaran cicilannya maksimal 30% dari penghasilan Anda

Gunakan dana yang Anda pinjam tersebut secara produktif dan dengan jumlah cicilan yang mampu Anda bayar dan maksimal gunakan 30% dari penghasilan Anda untuk membayar angsuran atau cicilan pinjaman online untuk setiap bulannya.

3. Lunasi cicilan Anda tepat waktu setiap bulannya

Jangan sampai detelah pinjaman online Anda disetujui kemudian Anda sering terlambat dalam membayar cicilannya karena tentu akan ada denda yang nilainya cukup besar. Tandai kalender di rumah Anda atau buat alarm pengingat di handphone Anda agar Anda tidak lupa jadwal pembayaran angsuran pinjaman setiap bulannya.

4. Jangan sampai Anda meminjam uang hanya untuk gali lubang tutup lubang

Mengajukan pinjaman dengan tujuan untuk menutup pinjaman yang lain karena Anda tidak mampu membayar cicilannya hanya akan membuat Anda pada akhirnya akan terlilit hutang. Atur keuangan Anda dengan lebih baik lagi misalkan dengan menerapkan metode atau aturan 50 : 30 : 20, yaitu 50% penghasilan untuk belanja rutin bulanan, 30% untuk membayar cicilan pinjaman dan 20% untuk tabungan atau investasi.

5. Cek ketentuan mengenai besaran bunga dan denda pinjaman

Sebelum Anda mengajukan pinjaman online, sebaiknya Anda harus membaca dengan teliti terlebih dahulu terkait ketentuan besaran bunga pinjaman dan juga jumlah besaran denda terkait keterlambatan pembayaran cicilan. Hal ini perlu untuk Anda lakukan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari setelah pengajuan pinjaman Anda disetujui.

Lakukan survey dan bandingkan antara beberapa situs pemberi pinjaman online dan pilih mana yang menurut Anda paling ringan bunga dan dendanya. Sebagai referensi, Anda dapat membaca artikel berikut ini -> 3 Pinjaman Online Terbaik di Indonesia.

6. Teliti dan pahami isi kontrak perjanjian pinjaman

Anda harus membaca dengan teliti kontrak perjanjian pinjaman dengan situs pinjam uang online salah satunya terkait dengan cara penagihan. OJK pun telah mewanti-wanti para konsumen pinjaman online agar memastikan cara penagihan yang tidak wajar yang sering dilakukan oleh pemberi pinjaman.

Demikianlah 6 Hal Sebelum Pinjam Uang Online yang Harus Anda Lakukan ini. Semoga dapat bermanfaat buat sobat UangMania ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar