Skip to main content

6 Cara Membuat Wordpress Untuk Menghasilkan Uang Dari Blog


6 Cara Membuat Wordpress Dengan Mudah - Pada uraian kali ini, kami akan berbagi tutorial mengenai cara membuat wordpress.

Beberapa hal yang akan kami bahas, mulai dari instalasi sampai backup. Silahkan Anda baca artikel kali ini, yang sudah kami tulis mengenai tutorial membuat wordpress.

Wordpress pertama kali diluncurkan pada tanggal 27 Maret 2003. Wordpress ini berupa tool yang digunakan untuk membuat situs, sifatnya online dan open source.

Selain itu, pengolahannya juga sesuai dengan bahasa program PHP, serta MySqL. Istilah kerennya yaitu manajemen konten (CMS). Langsung saja, berikut cara membuat wordpress dengan mudah.

Cara Membuat Wordpress dengan Mudah 

1. Mendaftarkan di wordpress.com

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mendaftar terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkan langsung secara gratis melalui wordpress.com. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

Klik link ini https://wordpress.com/me. Jika sudah  terbuka, maka akan muncul form pendaftaran.

Silahkan Anda isi  nama blog Anda pada kolom tersebut, kemudian  nama ini merupakan alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk bisa mengunjungi blog WordPress.com Anda. Jika sudah, silahkan lanjutkan dengan mengklik tombol “Buat Situs Web”.

Selanjutnya , akan muncul form. Isilah kolom-kolom tersebut dengan menggunakan informasi yang benar. Adapun  informasi yang dibutuhkan seperti email, nama pengguna (username), serta password, akan selalu Anda gunakan saat hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik Anda.

Pada bagian kolom Alamat Surel (Email), pastikan Anda sudah menggunakan alamat email yang aktif, dan sering Anda buka. Hal tersebut dikarenakan  WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan melalui email tersebut. Jika Anda belum punya email, silahkan Anda membuat email terlebih dahulu. Bisa menggunakan Yahoo, Google, atau yang lain.

Pada bagian kolom Nama Pengguna (Username), pilih nama pengguna yang Anda sukai. Silahkan Anda ingat baik-baik, jangan sampai lupa, pasalnya nama pengguna ini sifatnya eksklusif serta hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja. Ketika  username pilihan Anda ditolak, silahkan Anda cari nama lain hingga diterima.

Pada kolom Kata Sandi atau password, silahkan Anda buatkata yang sedikit unik, yang kira-kira Anda selalu ingat, akan tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Nah, jika nama blog yang Anda masukkan tadi ternyata tersedia serta  bisa diterima oleh WordPress, maka pada bagian kolom Alamat Blog ini akan ada  nama blog pilihan Anda dengan ditandai dengan tanda centang berwarna hijau. Akan tetapi.  jika nama pilihan Anda sudah dipakai oleh pengguna lain, maka akan muncul tanda centang berwarna merah.

Ketika  pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selesai, gulir ke bawah mouse pointer Anda, sehingga akan nampak beberapa informasi yang menunjukkan jika nama blog Anda sudah bisa digunakan.

Tekan bagian tombol “Buat Blog”, karena kita akan membuat versi blog WordPress yang gratisan, serta  WordPress akan mengirimkan email konfirmasi terkait dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.

Jika email sudah dikirim, sekarang saatnya Anda melakukan penyesuaian terhadap blog yang hendak Anda pakai.

Silahkan Anda buka email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress, silahkan Anda coba cari di folder spam atau bulk email.


2. Mengelola Dashbord Wordpress

Jika Anda sudah berhasil mendaftar di wordpress, maka langkah selanjutnya, silahkan Anda buka dashboard atau dasbor pada bagian Wordpreess. Di dasbor ini, maka Anda dapat melakukan pengelolaan wordpress dengan mudah.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan diantaranya mengganti tema, menambahkan halaman, menambahkan plugin, hingga menerbitkan wordpress. Untuk membuka dasbor juga cukup mudah. Silahkan Anda tambahkan wp-admin bagian belakang domain milik Anda. Seperti “www.mentaripagi.com/wp-admin.

Masukkan username, serta password yang sebelumnya sudah Anda buat ketika melakukan pendaftaran awal. Bagian dasbor tersebut terbagi dalam tiga bagian, diantaranya toolbar, menu navigasi serta area kerja.

Bagian toolbar ini bisa Anda gunakan unruk mengelola profil Anda yang berada di bagian pojok kanan. Bukan hanya itu saja, pada bagian ini juga digunakan untuk menampilkan beberapa notifikasi dan komentar.

Kemudian bagian navigasi. Bagian ini digunakan untuk banyak aktivitas. Mulai dari menerbitkan, mengunggah media, mengelola komentar, menambahkan halaman, mengganti tema, memasang pluging, hingga mengganti penganturan pada wordpress.


3. Memasang Tema di Wordpress

Jika Anda sudah memahami terkait dengan bagian dasbor wordpress, maka langkah selanjutnya Anda bisa memasang tema. Pemasangan tema bisa Anda lakukan dengan menggunakan menu navigasi Appearance.

Silahkan Anda cari jenis tema melalui kolom seacrh. Pada menu tersebut, Anda bisa mengunggah tema milik Anda sendiri, selain itu Anda juga bisa mengunggah tema dengan menggunakan fitur Upload Theme.


4. Melakukan instal plugin

Pluging diperlukan supaya kinerja worpress semakin maksimal. Banyak sekali jenis plugin yang tersedia. Silahkan Anda pelajari plugin tersebut. Jika sudah, maka langsung saja instal plugin tersebut.


5. Melakukan posting artikel

Jika sudah, maka Anda juga perlu mengetahui cara memposting artikel. Untuk membuat post baru, maka silahkan Anda buka Add New , pada bagian bawah post. Selain itu, Anda juga bisa memilih New- Post, yang berada di bagian atas.

Kemudian akan nampak editor blog post, lengkap dengan beragam fiturnya. Silahkan Anda tulis judul postnya terlebih dahulu. Jika sudah, maka ketikkan kontent pada bagian area yang sudah tersedia.

Jika Anda ingin format teks, maka bisa dengan menggunakan pilihan opsi toolbar. Bagian tersebut hampir mirip dengan toolbar yang biasa Anda gunakan di MS Word atau text editor popular lainnya.

Pada bagian sisi kanan halaman, Anda akan menjumpai seperti meta box. Perlu Anda ketahui, setiap box ini ternyata memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Bagian publish, bisa digunakan unruk mengiubah status, serta visibilitas post. Silahkan Anda buat jadwalnya. Anda bisa menekan tombol Publisah, maka postingan Anda bisa dibaca oleh pengunjung. Anda bisa menghapus postingan dengan menekan tombol Move to Trash.

Jika Anda ingin mengkategorikan postingan Anda, maka Anda bisa menentukan dengan menekan tombol +Add New Category.

Jika ingin menambhakan tags dengan cepat, maka bisa memilih bagian Tags

Jika ingin menentukan features image, maka bisa dengan menekan bagian Featured Image


6. Mengoptimalkan Wordpress

Pembuatan wordpress tidak selesai di tahap instalasi, serta penerbitan konten saja. Melainkan juga diperlukan cara untuk mengoptimalkan kinerja wordpress itu sendiri. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya blog milik kamu bisa muncul pada halaman awal google.

Beberapa cara bisa Anda lakukan supaya blog milik Anda bisa muncul di halaman atas google. Cara yang bisa Anda lakukan diantaranya dengan install caching, mengoptimalkan permalink, mengoptimalkan gambar, mengaktifkan CDN, serta jangan lupa amankan wordpress milik Anda.

Cara membuat wordpress ternyata mudah dilakukan. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal optimasi wordpress milik Anda. Dengan demikian, maka wordpress milik Anda akan semakin berfungsi dengan baik.