6 Asuransi Kesehatan Terbaik Premi Murah dan Klaim Cepat

Sebelumnya apakah Anda sudah tahu apa itu asuransi kesehatan? asuransi yaitu perjanjian antara nasabah dengan pihak asuransi untuk mengganti semua biaya kesehatan dari nasabah jika nanti nya dirawat di rumah sakit karena sakit atau pun kecelakaan.

Besarnya biaya ganti tersebut sebelumnya telah disepakati antara nasabah dan pihak Asuransi kesehatan. Pihak asuransi bersedia menanggung seluruh kerugian yang mungkin timbul di masa mendatang. Nasabah sendiri juga diwajibkan untuk membayar sejumlah uang atau yang biasa dikenal dengan premi.

Tujuan Menggunakan Asuransi Kesehatan

• Asuransi akan memberi perlindungan dari resiko yang mungkin nantinya akan terjadi pada pihak nasabah.

• Untuk pemerataan biaya, dari pihak nasabah hanya membayar premi sejumlah tertentu, bukan mengganti seluruh kerugian yang terjadi dengan jumlah yang tidak pasti.



• Meningkatkan faktor efisiensi, karena tidak perlu repot untuk mengadakan pengawasan dan perlindungan yang nantinya hanya akan menghabiskan tenaga, waktu dan uang.



• Dapat dijadikan sebagai tabungan, pihak nasabah nantinya akan menerima pengembalian uang dari pihak asuransi yang pasti nya jumlah nya lebih besar



• Untuk memberikan ganti rugi kepada pihak nasabah dan mendapat keuntungan disamping memberikan jaminan kepada peserta asuransi.



Fungsi Asuransi Kesehatan



Selain tujuan, asuransi juga memiliki fungsi fungsi. Apa saja fungsi fungsi dari asuransi tersebut? Oke langsung cek aja.



• Tempat penghimpunan dana

Perusahaan asuransi akan menghimpun dana dana dari pihak nasabah layaknya seperti investasi supaya dana tersebut lebih produktif. Investasi oleh pihak perusahaan asuransi ini dapat menunjang pembangunan nasional. Dengan adanya laba melalui investasi seperti ini maka presentase laba yang akan diperhitungkan dalam penetapan premi akan semakin berkurang.



• Bantuan kepada perusahaan perusahaan bisnis

Dengan adanya asuransi, seorang pengusaha akan terhindar dari rasa cemas jika terjadi risiko, sehingga lebih dapat fokus terhadap effisiensi usahanya tersebut.



• Pengurangan resiko

Oleh sebab itu, perusahaan asuransi memberikan sumbangan yang penting bagi perkonomian dengan cara bagaimana meminimalisir kemungkinan terjadinya suatu risiko.



• Penyebaran kerugian secara merata

Pembayaran premi seimbang dengan besarnya resiko yang dialihkannya.



Berbicara masalah asuransi yang paling hebat adalah tidak ada asuransi kesehatan yang bisa dikatakan terhebat karena pasti ada kelemahannya di sisi customer. Pasti ada satu titik lemah dari asuransi yang dikatakan agentnya paling bagus sedunia itu dan titik lemah itu dapat diminimalisir dengan memiliki asuransi lainnya. Ini juga berlaku untuk BPJS sekalipun. Seringkali masyarakat masih berpikir bahwa punya asuransi cukup satu asal yang paling bagus adalah beberapa asuransi namun kadang berbenturan dengan bujet. Analoginya seperti ban cadangan mobil, kita sering melihat hampir 99% mobil hanya menyediakan 1 ban serep untuk jaga jaga padahal mobil ada 4 ban. Hal ini dikarenakan jarang sekali terjadi kasus 2 ban pecah bersamaan.  Itulah mengapa  memilih asuransi melibatkan banyak faktor yaitu sebagai berikut.

Faktor Dalam Memilih Asuransi Kesehatan
jenis asuransi (tradisional/unit link)
model asuransi (inner limit/on bill prorata/on bill no prorata)
coverage area (lokal/global) dan jangkauan kerjasama RS
usia masuk dan usia akhir pertanggungan
metode klaim (cashless/reimburse)
syarat klaim
Dan menurut pengamatan para ahli jarang ada produk asuransi yang memenangi semua fitur diatas sampai 100% sehingga tak bisa dikalahkan produk lain klaim asuransi yang Ansa rasa tidak beres menurut beberapa kejadian maka  hanya bisa memberikan sedikit penjelasan.

Syarat dan Ketentuan Klaim Asuransi Kesehatan
Terhadap klaim asuransi yang diajukan nasabah, perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nasabah sebagai berikut:

polis harus dalam status aktif, nasabah sudah membayar premi (tradisional) atau biaya asuransi dll sudah terpotongkan dari nilai investasi (unit link)
sudah melewati masa tunggu yang ditetapkan perusahaan. Ketentuan ada di buku polis
area perlindungan benar. Beli polis lokal maka hanya bisa dipakai di Indonesia dan sebagainya
limit asuransi masih tersedia (jika asuransi on bill), tagihan RS masuk dalam limit kamar, dokter, operasi, obat, lab (inner limit). Perhatikan beberapa item yang tidak dicover, ada dalam ketentuan polis
tidak ada pre existing condition yang tidak diberitahukan sebelumnya waktu pengajuan SPAJ. Pre existing ini termasuk segala riwayat penyakit yang diketahui oleh nasabah melalui proses opname, cek laboratorium, konsultasi dokter sebelum mengambil polis
klaim harus melibatkan rawat inap di RS kecuali kasusnya adalah operasi pulang hari, rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap
dokumen klaim mulai dari nota, hasil lab dll harus lengkap. Syarat ada di buku polis (untuk reimburse)

Satu saja dari ketentuan di atas tidak terpenuhi maka perusahaan bisa tidak membayar klaim Asuransi kesehatan. Kasus yang sering terjadi adalah masalah pre existing condition dimana nasabah atau bisa juga agent melakukan fraud dengan menyamarkan kondisi kesehatan nasabah sebenarnya. Sehingga ketika terjadi klaim dan pihak asuransi melakukan investigasi maka fraud itu ketahuan dan tidak bisa cair lalu nasabah marah marah.

6 Asuransi Kesehatan Terbaik Premi Murah dan Klaim Cepat
• Asuransi kesehatan Prudential Life Asuransi

• Asuransi kesehatan Sinarmas MSIG

• Asuransi kesehatan Mandiri Jaminan Kesehatan

• Asuransi kesehatan Allianz AlliSya Care

• Asuransi kesehatan CIMB Sun Life X-Tra Medika

• Asuransi kesehatan Manulife Prohealth

Ciri-ciri Asuransi Kesehatan yang Ideal
Limit Besar
Stand alone
Kamarnya gak pakai harga, tapi based on jumlah bed (jadi kebal inflasi)
Cashless
Menerima kondisi pre-existing
Gak pakai inner limit (Jadi, ganti sesuai bill)
Berlaku di luar negeri (Paling ngga Malaysia, Singapore)
Cover rawat jalan
Murah
Bisa bulanan
Premi kembali

Tapi adakah asuransi kesehatan yang seperti itu? Nah, ini berita buruknya. Tidak ada asuransi yang seperti itu. Ada yang limit besar, tapi reimburse. Ada  yang nggak pakai inner limit, eh tapi kamarnya pake patokan harga (jadi 10 tahun lagi bakalan nombok karena harga kamar udah double bahkan mungkin nanti triple).



Ada  yang limitnya gede banget, tapi harus beli unitlink dengan UP besar. Ada yang mendekati kondisi ideal, eh preminya bagaikan pungguk merindukan bulan. Akhirnya kembali ke masing-masing, mana yang paling sesuai. Karena tiap manusia punya kebutuhan berbeda terhadap asuransi kesehatan. Ada yang mentingin cashlessnya, ada yang mentingin cover di LN, ada yang harus kembali preminya, dan lain lain sebagainya.



Lalu kenapa begitu?gak ada yang bisa bilang bahwa asuransi ABC yang terbaik. Setiap produk dibuat untuk pangsa pasar tertentu. Baik, hanya untuk kalangan tertentu. Baik untuk A belum tentu baik untuk B. Setiap produk, bagus, setiap perusahaan bagus. Tinggal Anda yang harus memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Demikianlah artikel mengenai 6 Asuransi Kesehatan Terbaik Premi Murah dan Klaim Cepat ini. Semoga dapat menjadi referensi bagi sobat UangMania ya.