5 Peluang Usaha Agrobisnis yang Perlu Anda Coba

5 Peluang Usaha Agrobisnis yang Perlu Anda Coba - Halo sobat UangMania, Anda siap jadi wirausahawan agrobisnis?! Kali ini kita akan membahas tentang tentang peluang usaha agrobisnis.

Nah apa itu agrobisnis? Agribisnis ini adalah usaha usaha dari pengembangan pertanian. Banyak sekali usaha usaha agrobisnis, terlebih Indonesia yang mendapat julukan sebagai negara agraris atau negara pertanian ini.

Banyak sekali juga tanaman atau tumbuhan yang dapat dijadikan peluang usaha Anda. Tinggal bagaimana Anda memilih nya dan mengembangkan nya sendiri. Usaha agrobisnis ini dapat berupa bahan pangan, sektor budidaya ataupun bukan untuk bahan bangan.

Seperti yang sudah dibilang tadi, karena negara Indonesia adalah negara pertanian dan penduduknya kebanyakan bekerja sebagai petani, maka usaha agrobisnis ini sudah menjadi komoditas ekspor Indonesia.

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, kini lahan lahan di perkotaan maupun di pedesaan semakin menyempit. Banyak lahan digunakan untuk pembangunan gedung dan lain lain. Tapi tak jarang di pedesaan masih banyak sawah sawah berceceran.

Tentunya bagi Anda yang ingin melakukan usaha tetapi hanya mempunyai lahan yang sempit Anda harus memutar otak dan menciptakan inovasi inovasi baru untuk mengembangkan usaha agrobisnis Anda. Mulai dari tata letak, cara merawat nya dan lain sebagainya.

Tips Memulai Usaha Agrobisnis

Bagi Anda yang ingin melakukan usaha agrobisnis ini, tetapi Anda tidak punya lahan seperti yang sudah dibilang lagi Anda harus inovatif demi meningkatkan pendapatan atau aspek lainnya. Bagi Anda yang masih takut untuk memulai usaha tetapi takut untuk memulainya, dibawah ini akan ada tips dan trik kekinian untuk memulai usaha agrobisnis ini. Apa saja itu? Langsung cek aja!

Memakai media tanam yang kekinian.
Anda bisa menggunakan media tanam seperti botol, poleybag dan lain sebagainya. Penggunaan botol dapat digantung di depan rumah atau  bagian rumah yang lainnya. Tentunya ini akan membantu Anda jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas. Penggunaan botol yang digantung ini bisa menjadi sarana alternatif jika Anda ingin melakukan usaha agrobisnis.

Menggunakan cara veltikultur untuk tanaman Anda.
Cara veltikultur adalah tanaman diletakkan secara vertikal dari atas ke bawah. Media media yang bisa digunakan seperti pipa, bambu, kayu dan botol. Banyak jenis jenis sayuran yang bisa ditanam dengan metode ini misalnya sledri, tomat, sawi, bayam, dan terong.

Memilih bidang agrobisnis yang sesuai dengan pribadi Anda.
Pilih dan pikirkan usaha apa yang cocok untuk Anda seusai dengan apa yang menjadi minat dan hobi Anda. Agrobisnis tidak hanya perihal tumbuhan atau segala sesuatu yang menyangkut tentang tumbuhan. Usaha agrobisnis juga bisa meliputi hewan dan organisme lain yang dapat dibudidayakan dan dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Ada banyak aspek yang dapat berhubungan dengan agrobisnis mislanya farmasi, penyediaan energi dan teknologi pangan. Anda juga bisa memilih budidaya tanaman bahan baku pangan atau hanya sekedar tanaman hias.

Mencoba cara hidroponik.
Apa itu hidroponik? Sesuai dengan namanya yaitu hidro yang berarti air. Hidroponik ialah pengembangan cara bercocok tanam dengan media air dengan tata urutan veltikultur atau vertikal. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam modern dan bisa digunakan untuk Anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk melakukan budidaya. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik seperti sayuran dan buah buahan. Dalam satu hidroponik Anda bisa membudidayakan lebih sari satu jenis tanaman. Akan tetapi tanaman tersebut yang sama karakteristik dan juga kebutuhan airnya.

Mencoba bisnis tanaman organik.
Bisnis tanaman organik kenapa tidak? Banyaknya penyakit yang menyerang manusia yang diakibatkan pola hidup sehat dan juga banyaknya makanan makanan kimia membuat orang beralih untuk mengonsumsi bahan pangan organik seperti buah dan sayuran. Peluang ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha baru. Anda harus mengerti tentang tanaman organik ini. Ketahuilah seberapa lama ketahanan dari bahan pangan ini. Sekiranya pengetahuan anda kurang, Anda bisa mengikuti seminar atau pelatihan bisnis.

Mencoba dengan cara bisnis online.
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, tentunya Internet sangatlah penting untuk kebutuhan manusia. Nah cara bisnis online lewat internet ini bisa anda manfaatkan. Anda bisa berjualan online lewat sosial media ataupun situs web. Tentunya hal ini akan menambah pendapatan anda. Bisnis online ini akan lebih diketahui orang banyak selama banyak yang menggunakan internet. Disamping itu Anda juga bisa berjualan secara offline lewat kios atau cara yang lainnya sesuai dengan inovasi Anda.

   Bagaimana? Sudah mendapat tips dan trik nya kan? Sudah siap menjadi wirausahawan di Agrobisnis? Oh iya selain tips dan trik tadi disini akan ada usaha usaha apa saja yang bisa kalian geluti, hanya sekedar sebagai rekomendasi saja. Anda juga bisa membuka usaha selain ini, lakukan sesuai passion Anda karena agar nantinya Anda dapat menikmati pekerjaan Anda. Oke daripada basa basi dan terlalu lama ayo langsung cek aja usaha usaha agrobisnis yang bisa Anda geluti.

5 Peluang Usaha Agrobisnis yang Perlu Anda Coba

Jualan bibit tanaman.
Anda bisa membuka usaha bisnis jual bibit tanaman. Hal ini cocok karena pasti banyak orang diluar sana yang ingin bercocok tanam tetapi ingin merawat tanamanya mulai dari nol atau mulai dari bibit hingga tumbuh dewasa.

Hal ini merupakan keasikan tersendiri. Anda bisa menjual dengan membuka kios kecil kecilan sesuai dengan modal yang Anda miliki. Jangan paksakan langsung membuka kios yang besar jika modal anda tidak mencukupi, karena dengan cara seperti ini usaha Anda baru sebentar, Anda sudah kehabisan modal.

Coba juga dengan cara berjualan online lewat sosial media atau website seperti yang sudah dibahas tad. Anda juga bisa menjadi reseller dari toko yang sudah maju jika Anda masih ragu untuk memulai usaha sendiri.

Membuka usaha sayuran hidroponik.
Seperti yang sudah kita bahas tadi. Hidroponik saat ini dibutuhkan oleh masyarakat masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan yang tidak memiliki lahan yang luas. Di dalam hidroponik ini tidak perlu menggunakan pestisida.

Hal ini juga sangat cocok karena di era modern ini masyarakat banyak yang ingin hidup sehat tetapi bingung karena sayuran saja terdapat bahan kimia. Selain itu, hidroponik ini juga mudah dalam perawatan nya dan modal nya juga relatif kecil.

Budidaya tanaman obat obat an.
Ada beberapa orang yang tidak nyaman jika harus meminum obat. Obat tradisional dari tanaman ini lah Nisa menjadi alternatif untuk mereka yang enggan minum obat. Pertama Anda harus tau dulu fungsi dari tanaman yang Anda budidayakan. Usaha ini tentu sangat menjanjikan.

Bisnis budidaya tanaman hias.
Selain bisnis bibit nya, Anda bisa berjualan tanaman hias yang sudah tumbuh. Sasaran pasar nya untuk orang orang yang ingin memiliki tanaman hias tapi langsung yang sudah dewasa.

Bisnis jamur tiram.
Bisnis jamur tiram juga cukup menguntungkan apabila Anda mau belajar mengenai seluk beluk budidaya jamur tiram ini.

Itulah 5 Peluang Usaha Agrobisnis yang UangMania dapat share pada Anda. Selamat mencoba ya.