Skip to main content

5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula dan Tips Memilihnya

5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula dan Tips Memilihnya -  Halo apa kabar sobat UangMania? Ketemu lagi, di sini kita akan membahas tentang usaha yang cukup menjanjikan untuk pemula dalam artian pemula yang baru saja lulus sekolah atau anak anak sekolah yang ingin berbisnis untuk mencari uang atau hanya sekedar untuk mengisi waktu senggang.

Banyak sekali usaha usaha yang bisa Anda lakukan. Tinggal bagaimana minat dan keahlian Anda untuk menunjang usaha yang ingin Anda lakukan.

Dan Anda harus memilih usaha yang memakai modal atau tidak. Karena ada juga usaha usaha yang harus menggunakan modal sebagai awalanya. Gimana? Masih bingung juga?

Tips Memilih Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula

Baiklah, di bawah ini akan ada cara memilih usaha untuk Anda pemula yang bingung ingin usaha tetapi usaha apa. Oke langsung cek aja.

1. Pilihlah usaha sesuai dengan passion Anda.
Nah, yang pertama ialah Anda harus pilih usaha sesuai dengan minat Anda dan tentunya sesuai dengan skill atau kemampuan Anda.

Dengan cara ini Anda akan bersemangat ketika menjalani usaha tersebut. Rasa malas balasan dalam setiap orang pasti ada, namun percayalah dengan cara ini Anda akan melakukan nya dengan baik karena sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Misalnya seperti ini, Anda memiliki pengetahuan dan memang hobi mengoleksi baju brand brand. Tentunya Anda akan lebih mudah menjalani bisnis baju yang notabenenya Anda sudah paham betul akan fashion tersebut.

Beda halnya jika Anda sebagai seseorang yang mengerti fashion tapi mencoba membuka usaha toko roti. Tentunya Anda akan merasa kebingungan karena Anda kurang mengerti akan nama, bahan yang digunakan dan hal hal lain yang terkait dengan roti tersebut.

Buat daftar usaha yang ingin Anda pilih.
Yang kedua, tentunya Anda memiliki pilihan yang cukup banyak tentang usaha yang ingin Anda dirikan. Jangan terburu buru untuk memilih usaha tersebut.

Alangkah baiknya jika Anda menganalisa tentang usaha yang ingin Anda dirikan. Buat daftar usaha yang ingin Anda dirikan, kemudian analisis lah.

Bagaimana dengan modalnya, saingan nya banyak atau tidak, jika banyak tetapi Anda kekeh ingin membuka usaha tersebut, maka Anda harus membuat inovasi yang lebih dari para saingan Anda.

Jangan lupa pilih lokasi atau tempat untuk membuka usaha yang ingin Anda dirikan, lihat sari kondisi sekeliling dan sasaran pasar yang akan Anda tuju.

Pelajari dulu usaha yang ingin Anda dirikan
Meskipun Anda sudah punya hobi dan kemampuan akan usaha tersebut, tetapi Anda harus mempelajari dulu usaha yang akan Anda geluti.

Hal ini agar Anda mudah dalam pengembangan usaha Anda. Sebagai contoh misalnya Anda ingin membuka usaha bidang kuliner ayam bakar.

Nah Anda harus memikirkan matang matang semua elemen yang ada di dalamnya. Termasuk dari mana pasokan ayam nya. Agar nantinya jika Anda memperoleh pesanan yang cukup banyak Anda bisa langsung memperoleh dari pemasok ayam tersebut.

Pilih usaha sesuai dengan modal yang Anda miliki.
Jangan mendirikan usaha jika modal anda tidak mencukupi. Anda ingin mendirikan usaha dengan modal tinggi padahal modal Anda tidak mencukupi. Jangan paksakan hal itu. Mengapa demikian? karena nantinya usaha Anda baru berjalan sebentar Anda sudah kehabisan modal. Pilihlah usaha sesuai dengan modal Anda.

Walaupun itu usaha kecil setidaknya Anda bisa mendirikan nya. Toh juga jika Anda bisa mengelola nya dengan baik, gigih serta bekerja keras. Tak menutup kemungkinan untuk Anda bisa mengembangkan usaha yang Anda kelola lebih besar lagi.

Lihat lokasi atau tempat yang ingin Anda gunakan.
Carilah tempat yang pas untuk usaha Anda. Pas disini dalam artian pas dalam segalanya. Pas cocok lokasinya banyak atau mudah untuk dijangkau orang.

Luasnya juga pas tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar untuk usaha Anda. Jika anda mengontrak, hitung hitungan dibutuhkan agar Anda bisa menyesuaikan modal dengan penghasilan dan pengeluaran yang Anda gunakan. Agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian.

Perhatikan juga minat dan kebutuhan dari pelanggan.
Selanjutnya ini yang harus Anda perhatikan yakni konsumen atau pelanggan. Anda harus pintar pintar membaca situasi untuk menciptakan peluang usaha dari kebiasaan atau sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Apa yang sedang tren di masyarakat, bisa Anda manfaatkan. Selain itu lihatlah dari kalangan mana masyarakat di sekitar Anda. Jika di pedesaan orang orang jarang memilih kafe, resto atau yang lain nya. Maka, harus Anda lihat dimana Anda berada untuk menyesuaikan jenis usaha yang akan Anda dirikan.

Lakukan yang ingin Anda lakukan.
Hal terakhir dan yang terpenting adalah segera beraksi, lakukan yang ingin Anda lakukan. Namanya juga usaha pasti ada pasang surut nya layaknya air di lautan. Jangan takut gagal, lakukan sebisa anda.

Lakukan denhan gigih, giat, dan tekun. Sertai dengan doa niscaya Anda akan maju bersama usaha yang kalian ciptakan. Percuma jika ada niat an tetapi Anda tidak pernah melaksanakan.

Itulah tips dan hal yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin mendirikan usaha.

5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula

Nah, bagi kalian yang ingin usaha tetapi bingung mau usaha apa. Mau usaha ini kok gak cocok. Usaha itu kok sudah banyak. Nah, dibawah ini akan ada rekomendasi rekomendasi usaha yang bisa kalian lakukan. Oke langsung cek aja.

1. Membuka warung
Membuka warung ini salah satu usaha yang sederhana yang bisa kalian lakukan sebagai pemula. Misalnya saja warung kelontong, ini akan menjadi ajang pembelajaran bagi Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan, bagaimana cara melakukan pelanggan, dan yang lain sebagai nya.

2. Agen pulsa
Menjadi agen pulsa juga merupakan usaha yang menjanjikan. Terlebih jika Anda seorang pelajar yang ingin menambah uang saku. Anda bisa menjadi agen pulsa. Kebutuhan pulsa di era modern seperti ini juga sangat dibutuhkan. Apalagi seorang pelajar yang ingin menikmati hanya untuk sekedar hiburan,main game atau yang lain nya. Mungkin teman teman pelajar Anda bisa membeli nya di Anda.

3. Bisnis makanan ringan
Bisnis makan ringan ini juga bisa menjadikan rekomendasi. Untuk ibu rumah tangga dan anak-anak nya yang sedang sekolah mungkin bisa. Makanan ini bisa dititipka di warung waeung atau mungkin bisa dibawa ke sekolah barangkali teman teman sekolah ada yang berminat. Jika ditekuni usaha ini cukup menjanjikan.

4. Bisnis online shop
Bisnis online shop ini paling diminati. Apalagi bagi ibu ibu rumah tangga dan mahasiswa. Bermodalkan media sosial mereka menawarkan produk produk di sosial media.

5. Jual beli HP bekas
Jual beli HP bekas juga cukup menguntungkan. Akan tetapi Anda harus paham dari elemen elemen hp tersebut agar Anda Tidak mengalami kerugian. Bagian bagian hp yang rusak juga bisa mempengaruhi harga hp tersebut. Jika Anda mengetahui elemen hp tersebut, bisnis ini cukup menjanjikan.

Itulah 5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula dan Tips Memilihnya yang dapat UangMania ulas pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadi bahan referensi Anda ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar