Skip to main content

5 Inspirasi Usaha dan Bisnis Tanpa Modal yang Layak Kamu Coba


5 Inspirasi Usaha dan Bisnis Tanpa Modal yang Layak Kamu Coba - Hai sobat UangMania, bisnis menjadi salah satu kegiatan yang pada saat ini lebih disukai oleh para anak muda, mungkin yang dulunya hanya orang dewasa yang bisa melakukannya, ternyata saat ini anak mudah pun sudah banyak yang masuk kedalam dunia bisnis.

Kegiatan bisnis menjadi salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi seorang bisnisman, selain untuk mendapatkan uang lebih ternyata juga bisa memunculkan rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab dari dalam diri.

Banyak sekali jenis bisnis pada saat ini, semakin bertambahnya jenis bisnis ini dikarenakan semakin majunya dan berkembangnya teknologi yang ada di dunia saat ini. Selain itu, akses informasi seluas-luasnya pun sudah sangat cepat.

Dari itulah yang menyebabkan bisnis menjadi lebih cepat diketahui oleh publik dan banyak menjadikan orang menjadi terjun kedalam dunia bisnis karena tergiur dari pernghasilan yang sangatlah banyak dari para bisnisman sukses.

Apakah kamu salah satu di antara mereka yang tergiur keuntungan besar dari berbisnis? Jika iya, apakah kamu sudah tau bisnis atau usaha apa yang akan kamu jalankan? Kalau belum tau langsung saja simak artikel dibawah ini karena kamu akan mendapatkan inspirasi usaha yang profit.

Pada zaman sekarang ini, peluang usaha sangatlah banyak sekali yang bermunculan mulai dari yang membutuhkan modal yang besar bahkan tanpa modal sekalipun bisa membuka sebuah usaha atau bisnis sendiri.

Apakah kamu tau bahwa terdapat sebuah usaha atau bisnis yang bisa dijalankan tanpa menggunakan modal? Mungkin kamu salah satu orang yang berminat apabila ada bisnis tanpa modal ini.

Berbisnis tanpa modal sudah banyak yang bermunculan, akibat dampak dari globalisasi yang menggiring dunia kerancah teknologi.

5 Inspirasi Usaha dan Bisnis Tanpa Modal yang Layak Kamu Coba

Semua orang bisa berbisnis, bahkan tanpa modal sekalipun. Mau tau apa saja inspirasi usaha atau bisnis tanpa modal itu? Langsung saja pantau dibawah ini.

1. Berbisnis Produk Dengan Cara Dropshiper
Kamu ingin berbisnis menjual produk atau barang yang diminati oleh masayarakat tetapi kamu tidak punya modal? Tenang saja, kemudahan teknologi menjadikan kamu semakin mudah dalam berbisnis bahkan tanpa modal sekalipun.

Berbisnis produk tanpa modal bisa dijalankan apabila kamu menggunakan cara dropshiper. Apa sih dropshiper itu? Dropshiper dalam bahasa mudahnya yaitu kamu menjual produk orang lain kepada masyarakat, apabila terjadi pembelian kamu hanya sebagai perantara dan produk berserta tanggungannya akan langsung dikirimkan dari penyedia atau agen dropshipernya.

Bisnis ini sangat diminati oleh para anak muda saat ini, beragam produk yang digunakan sebagai medianya dalam bisnis ini. Salah satu bisnis dengan cara dropshiper yang masih tren dikalangan anak muda yaitu dropshiper produk-produk perawatan kecantikan yang pastinya selalu dicari oleh kaum wanita.

Bebisnis dengan cara dropshiper bisa dilakukan siapa saja, mulai dari remaja bahkan dewasa sekalipun. Tetapi hal yang perlu kamu perhatikan saat berbisnis dengan cara dropshiper ini, kamu harus memilih agen dropshiper yang amanah dan terpercaya, jangan sampai kamu menjual barang yang tidak layak dibeli oleh konsumen karena bisa membunuh usahamu sendiri.

2. Menjadi Seorang Content Writer
Banyak sekali pemilik website maupun perusahaan yang membutuhkan jasa content writer dalam kehidupan dunia maya maupun dunia nyata. Semua itu dilakukan kebanyakan untuk keperluan promosi dan pembangunan website produk, brand, maupun perusahaan itu sendiri.

Content writer atau dalam bahasa indonesianya yaitu pembuat konten sangatlah diperlukan. Semakin tinggi kualitas dari tulisan yang kamu buat, semakin banyak pula para agency yang membutuhkan jasamu tersebut.

Tetapi ada hal yang harus kamu tanamkan dalam dirimu sebelum terjun kedalam dunia content writer, yaitu kamu tidak boleh membuat konten yang sensitif kepada masyarakat seperti SARA, Hoax, dan lainnya yang bisa menjadi sebuah bumerang terhadap dirimu sendiri.

Seorang content writer juga dituntut untuk mempertanggungjawabkan karya tulisan yang dibuat, terlebih lagi saat berkaitan dengan hak cipta yang sudah diatur dalam Undang-Undang.

3. Menjadi Desainer Grafis
Semakin berkembangnya teknologi dan semakin ramainya masyarakat yang menggunakan media sosial akan menjadi sebuah peluang bagi para perusahaan dalam mempromosikan produk maupun jasa yang dikeluarkannya.

Nah, disinilah peran desainer grafis dalam membuat sebuah konsep yang disukai oleh para perusahaan. Entah perusahaan yang membutuhkan sebuah portofolio mengenai perusahaan dalam bentuk yang keren ataupun yang lainnya.

Kebanyakan perusahaan membutuhkan desainer grafis dalam membuat sekumpulan produk atau jasa yang dikeluarkannya untuk dikemas dalam bentuk yang modern alias membutuhkan sentuhan teknologi sehingga bisa menimbulkan kesan penasaran kepada masyarakat atau calon pembeli.

4. Bermain Affiliate
Sebenarnya kita sudah mengetahui apa affiliate itu, tetapi kebanyakan tidak menyadarinya. Dalam bahasa mudahnya, affiliate berarti seorang makelar online alias penjual produk seseorang secara online.

Mungkin dizaman dulu seorang makelar bisa dikatakan ribet karena harus menyapa banyak orang secara langsung. Nah, dizaman sekarang yang dapat berkomunikasi dan bersosialisasi lewat internet pastinya akan mendukung bisnis dengan cara affiliate ini.

Kamu hanya perlu mencari sebuah perusahaan maupun agen yang memberikan peluang masyarakat untuk bergabung dalam tim affiliate.

Tim affiliate ini pastinya akan mempromosikan produk atau jasanya ke masyarakat (biasanya lewat sosial media), saat ada pembeli yang tertarik dan melakukan pembelian, seorang pemain affiliate akan mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Keuntungan dari penjualan juga sangat bervariatif, tergantung dari perusahaan masing-masing. Kebanyakan perusahaan yang menyediakan posisi affiliate, sebelumnya akan tertera bentuk komisi yang didapatkan.

5. Endorse Sosial Media
Inspirasi bisnis yang satu ini bisa kamu dapatkan apabila kamu tergolong seseorang yang kreatif ataupun yang mempunyai banyak penggemar di dunia maya. Karena kembali lagi ke awal, bahwa perusahaan membutuhkan sosial media untuk ajang promosi.

Nah, bagi kamu yang mempunyai banyak pengikut ataupun mempunyai kreatifitas yang mampu menarik minat para orang yang menggunakan media sosial, kamu bisa memanfaatkannya dengan cara membuka endorse atau promosi berbayar lewat akun sosial mediamu itu.

Hal yang terpenting untuk membuka usaha tanpa modal yang satu ini adalah ketertarikan publik terhadap akun sosial mediamu. Semakin besar kuota publik yang tertarik, semakin besar pula peluang mendapatkan pesanan dari perusahaan untuk melakukan promosi berbayar.

Membuka usaha atau bisnis tanpa membutuhkan modal untuk saat ini sangatlah bisa karena dibantu oleh mudahnya informasi yang bisa disebarluaskan di media internet. Berbeda dengan zaman dulu yang berbisnis masih sangat terbatas, bahkan untuk bertransaksi sangatlah sedikit lama.

Kemudahan ini seharusnya bisa kita jadikan peluang berbisnis yang besar. Terlebih lagi semakin banyaknya para pengguna media sosial yang selalu dibuka oleh masyarakat luas setiap harinya, sehingga mudah dalam hal berkomunikasi dan menarik minat calon pembeli.

Itulah artikel mengenai 5 inspirasi usaha dan bisnis tanpa modal yang layak kamu coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat UangMania ya.