Skip to main content

5 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif


5 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif - Halo sobat UangMania, berbisnis merupakah salah satu cara untuk mendapatan penghasilan demi memenuhi kebutuhan hidup yang semakin lama semakin membesar, terlebih lagi dampak dari globalisasi yang mengeluarkan beragam tantangan didalamnya.

Persaingan pekerjaan yang semakin ketat pastinya akan menuntut kita untuk bekerja lebih keras dan lebih memaksa kita untuk berfikir kreatif dan cerdas. Karena apabila seseorang tidak bisa mengikut perkembangan zaman, orang itu bisa jadi akan termakan oleh zaman itu sendiri.

Kreatifitas dan ide-ide baru di zaman sekarang sangatlah dibutuhkan didalam sebuah pekerjaan, karena kalau hanya mengandalkan rutinitas yang monoton, seseorang bisa tergeser oleh orang yang jauh lebih baik dari itu.

Salah satu cara untuk mengembangkan kreatifitas dalam bidang pekerjaan yaitu dengan berbisnis. Mengapa? Karena dalam dunia bisnis akan banyak tuntutan untuk mengeluarkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, dengan kata lain butuh kreatifitas dan ide.

Apakah kamu salah satu orang yang tidak mau tergerserkan oleh orang lain dibidang pekerjaan? Sekaligus kamu bisa menghasilkan uang dari itu? Belajar berbisnis aja. Kamu bisa mendapatkan ide bisnis rumahan yang kreatif sehingga bisa mendapat penghasilan pasif dibawah ini.

Dengan membangun sebuah bisnis, kamu tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan saja baik pendapatan pasif maupun pendapatan aktif, tetapi kamu juga akan menambah daya kreatifitasmu beserta rasa tanggungjawab yang sangat dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan di dunia ini.

Berbisnis pun tidak semuanya harus mengekor kepada orang lain, karena bisnis dengan kreatifitas masing-masing dan menyesuaikan dengan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat pastinya bisa menambah keuntungan didalamnya.

Banyak sekali ide bisnis rumahan yang masih tergolong jarang dan masih termasuk kedalam bisnis kreatif. Mulai dari bisnis produk hingga ke bisnis jasa yang pastinya masih dibutuhkan oleh masyarakat.

Dari segi pendapatan, pendapatan pasif memang masih sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu melakukan aksi dan kemudian dibayar. Kamu hanya membangun terlebih dahulu, dan kamu bisa menunggunya untuk mendapatkan penghasilan yang disebut penghasilan pasif.

5 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif

Apakah kamu menginginkan berbisnis rumahan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat tetapi kamu menginginkan dalam bentuk pendapatan pasif? Sangat mungkin apabila kamu mau berusaha. Kamu bisa menjadikan ide dibawah ini sebagai bahan ide barumu.

1. Jasa Sewa Kamera
Kebutuhan akan dokumentasi sangatlah penting di masa sekarang ini, karena kemudahan dalam menjelajah dunia sangatlah mudah terlebih lagi transportasinya yang sangat mensupport perjalanan.
Untuk mendapatkan dokumentasi yang bagus pastinya membutuhkan kamera yang bagus pula.

Mungkin bagi sebagian orang, ada yang mempunyai kamera tetapi bagi yang tidak punya pasti sangat membutuhkan jasa ini.

Terlebih lagi akan menghadapi peristiwa yang penting, seperti reuni teman lama ataupun acara keluarga yang lainnya. Mungkin bagi yang ekonominya menengah kebawah akan lebih memilih menyewa kamera daripada membeli kamera yang harganya sedikit mahal, padahal hanya digunakan untuk hari-hari tertentu saja.

2. Membuka Dropshiper Online
Dropshiper online merupakan salah satu bisnis yang sangat mudah, tergantung bagaimana kamu memilih suplier yang terbaik dan terpercaya serta mampu memberikan kepuasan yang lebih untuk konsumen.

Bisnis dropshiper juga bisa termasuk kedalam pendapatan aktif apabila kamu menawarkan produknya secara offline ke teman-teman kamu, berbeda jika kamu sudah masuk kedalam ranah online. Kamu tinggal melakukan settingan dan optimasi, kemudian kamu hanya menunggu pembeli yang berminat mengenai produkmu tersebut.

Dropshiper bisa dikatakan bisnis tanpa modal, karena kamu hanya perlu menghubungi suplier yang menyediaka opsi dropship. Kamu hanya bertugas menjualnya saja, untuk urusan pengemasan barang dan lain sebagainya akan diurus oleh supliernya.

3. Membangun Studio Foto Kecil
Di zaman sekarang ini, sosial media sangatlah mempunyai peran penting bagi setiap orang. Entah untuk keperluan senang-senang, berbisnis, ataupun untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat yang menggunakan media sosial.

Bagi seseorang yang menyukai sosial media ataupun untuk memperhias postingan, pastinya tidak akan lupa dari pentingnya sebuah studio foto kecil. Terlebih lagi bagi yang mau mengabadikan momen-momen berkumpul bersama.

Misalkan saja ada seseorang yang didatangi oleh para teman-temannya dari luar negeri, passtinya harus diabadikan agar bisa dijadikan kenang-kenangan. Nah, disini stdio foto mempunyai peran yang sangat penting karena bisa dijadikan tempat yang cocok untuk mendokumentasikannya.

Untuk keperluan bisnis pun sangat bisa, memotret foto produk bersama endorsenya dan mungkin bisa ditambahkan beberapa variasi didalamnya.

4. Membuka Barber Shop
Gaya hidup ornag-orang dizaman sekarang sangatlah menjadi sangat diperhatikan, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Terlebih lagi bagi seseorang yang sangat sering bertemu klien untuk keperluan bisnis maupun seorang model untuk keperluan bisnisnya pula.

Kamu pasti sudah sering dengar bahwa rambut merupakan mahkota bagi semua orang didunia ini. Buktinya banyak sekali orang yang rela mengeluarkan budget lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan pastinya bisa menambah kepercayaan diri dari seseorang.

Setelah kamu mengetahui begitu pentingnya hal itu di manusia, kamu harus memanfaatkannya sebagai lahan bisnis dengan cara membuka barber shop. Sangatlah mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari bisnis ini, terutama jika barber shopmu sudah mempunyai reputasi sangat bagus dan kuat.

Untuk mendapatkan penghasilan pasif pun kamu juga bisa, kamu hanya membuka sebuah tempatnya dan brandnya, kemudian kamu bisa merekrut para hair styler atau orang yang mengetahui mengenai gaya rambut.

Dari situ kamu hanya mengelola barber shopnya saja, untuk urusan konsumen sudah ada yang menangani dan pastinya diserahkan kepada ahlinya supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengerjaan yang bisa membuat para calon konsumen pergi.

5. Menjual Jasa Laundry
Saat ini, prosentase wanita menjadi seorang wanita karier sangatlah meningkat lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan mindset dari wanita zaman sekarang yang sudah tidak mau hanya bekerja dirumah dengan wanita zaman dulu sangat berbeda.

Kemungkinan pengaruh dari globalisasi itulah yang mampu merubah mindset para wanita yang hidup dizaman sekarang ini. Wanita karier kebanyakan bisa dikatakan sibuk hingga tidak mampu mengurus pekerjaan rumahnya sendiri.

Seperti halnya dalam proses mencuci pakaian yang membutuhkan waktu yang banyak dan pastinya prosesnya berkali-kali. Banyak yang tidak mampu mengurusnya dan kemungkinan besar akan menyerahkan kepada orang yang mampu mengurusnya.

Dari situlah kamu bisa mengambil peluang bisnis, kamu bisa membangun sebuah jasa laundry dengan membuka toko beserta peralataannya serta merekrut beberapa orang yang kamu percayai untuk menangani pesanannya.

Jika kamu sudah mampu menjalankan bisnisnya, kamu bisa dikatakan menadapatkan penghasilan yang pasif karena kamu tidak terjun langsung di bisnis tersebut melainkan mempekerjakan orang yang mampu. Kamu hanya tinggal memperoleh penghasilannya dan mengelolanya dengan baik.

Membangun sebuah bisnis rumahan yang kreatif haruslah mengetahui terlebih dahulu kebutuhan dari masyarakat disekitarmu terutama yang terjadi masalah dalam kehidupannya. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan saat kamu bisa memberikan solusi bagi masalahnya.

Itulah artikel mengenai 5 ide bisnis rumahan paling kreatif untuk dapatkan pendapatan pasif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mendapatkan pendapatan pasif dari bisnis rumahan yang bisa dikatakan kreatif.