Skip to main content

4 Langkah Jitu dalam Membuat Perencanaan Bisnis


4 Langkah Jitu dalam Membuat Perencanaan Bisnis - Halo sobat UangMania, memulai sebuah bisnis haruslah diawali dengan sesuatu yang bermanfaat dan sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat supaya bisa berjalan selaras dengan kehidupan.

Banyak para pebisnis yang langsung masuk kedalam masyarakat tanpa memperhatikan kondisi.

Pebisnis yang memasukkan berbagai produk kedalam masyarakat tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu, bisa dipastikan peluang terjadi kegagalan sangatlah besar.

Terlebih lagi bagi seorang pebisnis yang baru terjun kedalam dunia bisnis yang terkesan sedikit ceroboh.

Perencanaan didalam dunia bisnis sangatlah penting, terlebih lagi bagi bisnis yang baru masuk kedalam masyarakat dan berusaha untuk membaru didalamnya. Dengan perencanaan itu pula, bisnis bisa menjadi berkembang dengan mudah jika dilakukan dengan baik.

Tahap perencanaan dalam perbisnisan pun mempunyai banyak manfaat didalamnya, salah satunya yaitu mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam berbagai tahap, baik tahap produksi maupun pemasaran.

Apakah kamu salah satu dari para pebisnis yang ingin meluncurkan bisnisnya di masyarakat? Jika iya, mungkin kamu memerlukan langkah-langkah yang jitu dalam membuat perencanaan bisnis supaya bisnismu bisa lancar. Semuanya akan kamu ketahui dibawah ini.

Membuat sebuah perencanaan sebelum memulai maupun mengembangkan sebuah bisnis haruslah dilakukan oleh semua wirausahawan. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Pastinya semua pebisnis tidak menginginkan terjadi kerugian didalam bisnisnya. Nah, untuk menanggulangi hal tersebut, kamu harus bisa memperoleh data yang baik terlebih dahulu dengan cara melakukan berbagai langkah jitu dalam membuat sebuah perencanaan bisnis.

4 Langkah Jitu dalam Membuat Perencanaan Bisnis

Mungkin kamu termasuk bagian dari para pebisnis tersebut yang mau tau apa saja langkah-langkahnya. Apa saja langkah-langkah jitu tersebut? Langsung saja baca stepnya dibawah ini.

1. Menentukan target konsumen
Sebelum memulai sebuah bisnis, langkah jitu pertama dalam membuat perencanaan bisnis pastinya kamu harus mengetahui apa saja konsumen yang kamu targetkan.

Target konsumen mempunyai banyak macam, seperti menurut gender, usia, kondisi masyarakat, bahkan geografisnyaa.

Dengan menentukan target konsumennya, kamu akan mudah dalam menentukan produk ataupun jasa apa yang akan dikeluarkan. Langkah awal ini mampu meminimalisir terjadinya kerugian bahkan cukup besar.

Bayangkan saja semisal kamu melakukan bisnis dan mempromosikan produk kecantikan, tetapi kamu tidak mengetahui target mana yang akan kamu tuju. Akhirnya kamu mempromosikan ke siapapun, akhirnya orang laki-lakipun ikut diberi promosi.

Mungkin ada beberapa yang membeli untuk kekasihnya, tetapi masih bisa dibilang kamu berbisnis tidak tertarget. Berbeda apabila kamu mempromosikan khusus untuk wanita untuk daerah tropis, nah peluang untuk mendapatkan konsumen pastinya jauh lebih besar dibandingkan tak tertarget.

Dengan menentukan target konsumen pun kamu bisa menghemat anggaran promosi. Bukankah sebuah langkah jitu awalan yang harus kamu praktekkan dalam melakukan perencanaan bisnis?.

2. Melakukan riset potensi pasar
Setelah kamu mengetahui target konsumen yang akan kamu jadikan patokan, langkah selanjutnya yaitu melakukan riset potensi pasar.

Riset potensi pasar ini bertujuan supaya produk yang kamu jual bisa menarik perhatian dari masyarakat yang sudah kamu jadikan target konsumen. Perhatian masyarakat yang besar bisa memberikan peluang yang besar untuk bisa mendapatkan pembeli.

Misalkan saja kamu menargetkan para wanita di daerah tropis yang notabennya yaitu suasananya jauh lebih panas dibandingkan negara dengan daerah lainnya. Kebanyakan yang dibutuhkan oleh wanita daerah tropis yaitu produk yang bisa melindungi dari cahaya matahari.

Seharusnya dari contoh tersebut kamu sudah bisa mengerti bagaimana bentuk riset potensi pasar itu. Riset potensi pasar bisa kamu lihat dari kebutuhan manusianya, atau hal yang menjadi masalah didalam kehidupan.

Saat kamu sudah mengetahui masalah yang dialami oleh masyarakat, itu bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk dijadikan lahan bisnis. Contohnya masyarakat membutuhkan sabun anti UV, nah kamu bisa menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut.

Semua masalah yang dialami oleh manusia pastinya membutuhkan yang namanya solusi. Nah, jika kamu memberikan solusi kepada masyarakat terkait masalahnya, kamu mempunyai peluang yang sangat besar untuk sukses dalam penjualan.

3. Melakukan Eksplorasi Ide Produk
Eksplorasi ide produk bisa kamu lakukan dengan mudah apabila kamu sudah mengetahui masalah dari masyakarakat yang sudah dijelaskan pada langkah jitu pada poin ke-2. Dari hasil tersebut, kamu bisa mengembangkan ide yang muncul.

Langkah jitu ini juga bisa dibilang memperinci produk yang akan dibuat alias lebih spesifik supaya tidak mengalami ganjalan saat proses produksi maupun pemasaran dari produk tersebut.

Mengeksplorasi produk merupakan salah satu kunci supaya bisa mendapatkan beragam ide produk yang lebih spesifik dan pastinya bisa memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat yan sudah kamu jadikan target konsumen.

Nah, untuk mendapatkan sebuah produk yang lebih spesifik dan pastinya bisa menarik perhatian dari semua masyarakat yang kamu targetkan, kamu bisa menjadikan produk itu menjadi beberapa jenis.

Misalkan saja kamu sudah mengetahui bahwa kamu akan menjual sabun muka untuk masyarakat kalangan tropis yang pastinya seringkali terkena paparan cahaya matahari yang panas ataupun debu jalanan.

Kamu bisa memberikan beberapa jenis didalamnya, mungkin kamu membuat sabun muka anti-UV, sabun muka mengatasi kulit berminyak, sabun muka untuk muka yang kering, dan lain sebagainya.

Pemecahan ide menjadi beragam produk bisa lebih memberikan makna didalam masyarakat dan pastinya masyakarat jauh lebih mengerti saat kamu membedakan beberapa produk.

Saat masyarakat membutuhkan sabun muka, mereka pasti akan memilih jauh yang lebih spesifik seperti sabun muka mengatasi kulit berminyak, karena mereka bakal tergiur dari manfaatnya tersebut.

4. Menentukan brand yang unik
Setelah kamu mengetahui target konsumen hingga kedalam spesfikasi produk, langkah jitu terakhir yaitu kamu harus mengemas beragam produk itu menjadi satu kesatuan yang diikat dengan brand yang kamu punya.

Mengapa harus diikat dengan brand? Karena brand bisa menentukan segalanya, salah satu hal yang penting yaitu untuk keperluan hak cipta supaya ide kamu tidak diambil semena-mena oleh orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa lebih menarik minat para calon pembelimu, terlebih lagi jika brand kamu sudah dipercaya mampu mengatasi masalah dari masyarakat itu sendiri.

Pastilah jika suatu saat brand kamu mengeluarkan produk baru, masayarakat bisa mengenal brandmu dan akhrinya produk bisa tersebar luas dengan mudah.

Membangun sebuah bisnis terutama dalam hal perencanaan bisnis itu sendiri bisa dikatakan mudah, tetapi bisa jadi lebih sulit jika kamu tidak mau berusaha untuk mendapatkannya dan kamu belum bisa mengenaal masyarakat.

Dari sini kamu pasti sudah tau kunci yang paling bagus sebelum membuat perencanaan bisnis yaitu mengenali masyarakat itu sendiri.

Dengan mengetahui kondisi masyarakat, proses perencanaan akan jauh lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan kamu langsung masuk ke-masyarakat secara dadakan.

Itulah artikel mengenai 4 langkah jitu dalam membuat perencanaan bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat UangMania.