Skip to main content

Aplikasi Pinjaman Untuk Mahasiswa Terbaik


Halo sobat UangMania, apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk mahasiswa? jika iya, Anda sudah tepat untuk berkunjung ke situs ini karena kami akan memberikan referensi penyedia pinjaman untuk Anda. Menjadi Mahasiswa bisa saja dijalani oleh orang yang sudah bekerja yang kemudian ingin melanjutkan pendidikannya ke tingkatan yang lebih tinggi.

Tentu bagi orang yang sudah bekerja biaya kuliah akan dapat ditutupi dengan penghasilannya. Berbeda bagi orang yang belum memliki pekerjaan namun ingin segera melanjutkan pendidikannya. Masalah biaya kuliah kemudian akan menjadi hal yang cukup memusingkan. Biaya perkuliahan baik sejak tahap pendaftaran sampai dengan wisuda memerlukan uang yang tidak sedikit.

Berikut adalah beberapa situasi yang membuat mahasiswa membutuhkan pinjaman uang.

Kegiatan yang Membuat Mahasiswa Memerlukan Pinjaman Uang

1. Pinjaman Untuk Pembayaran Kuliah
Sejak proses pendaftaran sampai dengan selesai di wisuda, mahasiswa mau tidak mau akan dibebankan biaya-biaya formal yang terkadang jumlahnya tidak sedikit. Mulai dari biaya fotokopi dokumen pendafataran, alat tulis saat tes, penginapan saat mengikuti ujian masuk, uang sumbangan pembangunan, biaya kuliah per semester, biaya kost, biaya skripsi atau tesis atau disertasi, sampai dengan biaya yudisium dan wisuda.

2. Pinjaman Untuk Pembayaran Biaya Penelitian, Skripsi dan/atau Magang
Biaya yang diperlukan pada saat melakukan penelitian atau skripsi dan/atau magang relatif akan menghabiskan banyak uang. Misalkan saja untuk biaya fotokopi, biaya print, biaya transport, biaya bahan dan fasilitas penelitian dan biaya-biaya lainnya yang timbul pada saat proses akhir perkuliahan.

3. Pinjaman Untuk Pembayaran Biaya Sertifikasi dan/atau Kursus
Selain biaya perkuliahan, apabila Mahasiswa ingin atau diwajibkan oleh jalur pendidikannya untuk mengambil kursus atau sertifikasi maka akan membutuhkan biaya lagi yang biasanya relatif mahal. Dari situasi atau kegiatan yang harus ditempuh dan dilalui oleh seorang mahasiswa seperti yang telah disebutkan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa biaya yang harus ditanggung oleh seorang mahasiswa relatif cukup banyak sehingga dalam kondisi tertentu seorang mahasiswa akan sangat membutuhkan pinjaman uang.

Saat ini di Indonesia tersedia beberapa pilihan aplikasi pinjaman untuk mahasiswa yang dapat dipertimbangkan. Tentu bagi Anda yang akan mencoba untuk mengajukan pinjaman untuk mahasiswa tersebut harus mengenal terlebih dahulu aplikasi-aplikasi pinjaman tersebut. Berikut akan kami ulas 4 aplikasi pinjaman mahasiswa terpopuler di Indonesia. Silahkan disimak ya.

4+ Aplikasi Pinjaman Untuk Mahasiswa Terbaik di Indonesia

Di Indonesia telah tersedia beberapa pilihan yang dapat Anda pilih untuk pinjaman mahasiswa ini. Beberapa aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa yang dapat sobat UangMania coba yaitu sebagai berikut.

1. Pinjaman Untuk Mahasiswa di DANADIDIK

Aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa yang pertama adalah DANAdidik dengan alamat situs website di https://danadidik.id/. DANAdidik merupakan jenis Peer to Peer (P2P) Lending, dimana peminjam akan dipertemukan dengan pemberi pinjaman secara online. Aplikasi pinjaman mahasiswa DANADIDIK ini merupakan situs yang menyediakan sarana bagi orang yang ingin membantu biaya kuliah mahasiswa maupun sarana bagi mahasiswa untuk mencari bantuan pinjaman kuliah.

Uang pinjaman kuliah dapat Anda atur apakah akan ditransfer secara bertahap ke kampus tempat Anda kuliah atau Anda yang menerima uang pinjaman secara langsung. Seseorang juga dapat memberikan donasi ke Yayasan Dana Abadi Pelajar yang dimiliki oleh DANADIDIK dan donasi yang terkumpul akan digunakan untuk memberikan bantuan pinjaman biaya kuliah ke mahasiswa-mahasiswa yang membutuhkan.

2. Pinjaman Untuk Mahasiswa di DANACITA


Aplikasi pinjaman uang untuk Mahasiswa yang kedua adalah DANACITA dengan alamat website di https://www.danacita.co.id/. Program pinjaman mahasiswa dari DANACITA bersifat terbuka untuk semua program dan jurusan baik pendidikan formal maupun non formal. Proses pinjaman mahasiswa di DANACITA mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengisi formulir online dan dana pinjaman akan segera dibayarkan.

3. Pinjaman Untuk Mahasiswa di CICIL.CO.ID

Aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa yang ketiga adalah CICIL.CO.ID dengan alamat situs resmi di https://www.cicil.co.id/. Aplikasi CICIL ini berbeda dengan dua aplikasi pinjaman sebelumnya.

Aplikasi CICIL ini merupakan aplikasi pinjaman mahasiswa khusus untuk pembelian barang-barang kebutuhan mahasiswa secara online. Misalkan untuk keperluan perkuliahan mahasiswa membutuhkan laptop maka mahasiswa tersebut dapat mengajukan pinjaman di aplikasi CICIL untuk pembelian laptop tersebut.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa untuk Aplikasi pinjaman DANADIDIK dan DANACITA memberikan pinjaman mahasiswa dalam bentuk tunai, sedangkan aplikasi pinjaman CICIL memberikan pinjaman untuk mahasiswa dalam bentuk barang. Silahkan Anda bandingkan 3 pilihan aplikasi pinjaman mahasiswa tersebut mana yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Strategi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

1. Pinjamlah dana sejumlah yang dibutuhkan saja
Jangan gegabah dalam mengajukan jumlah pinjaman mahasiswa yang akan Anda ajukan. Jangan sampai Anda meminjam melebihi dari kebutuhan karena akan menyusahkan Anda di kemudian hari.

2. Pilah dan Pilih Penyedia Pinjaman Mahasiswa terbaik dari yang tersedia
Setelah Anda mengetahui 3 aplikasi pinjaman mahasiswa yang telah UangMania sebutkan pada pembahasan di atas, selanjutnya cermati lebih detail lagi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing aplikasi pinjaman mahasiswa tersebut. Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi, maka selanjutnya Anda tinggal memilih mana yang terbaik menurut Anda.

3. Cermati Klausul perjanjian pinjaman
Setelah Anda mengajukan pinjaman dan kemudian ada investor atau pemberi pinjaman yang bersedia memberikan pinjaman mahasiswa kepada Anda, jangan lupa untuk membaca dan memahami bagaimana perjanjian pinjam-meminjam yang diajukan oleh pemberi pinjaman. Jangan sampai Anda dirugikan oleh ketentuan dalam perjanjian pinjaman mahasiswa tersebut misalkan dari tingkat bunga sampai dengan batas waktu pengembalian pinjaman.

4. Konsultasi ke Call Center OJK Jika Masih Ragu Menentukan Pilihan Penyedia Pinjaman Online Mahasiswa
Apabila setelah Anda membandingkan aplikasi-aplikasi pinjaman mahasiswa tersebut namun Anda masih ragu untuk menentukan mana yang terbaik, maka Anda dapat mengkonsultasikan masalah pilihan pinjaman mahasiswa yang sedang Anda usahakan. Silahkan Anda hubungi call center OJK di nomor  (021) 29600 000 atau Anda dapat bertanya melalui website resmi OJK di alamat https://www.ojk.go.id/id/contact.aspx.

5. Bertanggung Jawab atas Konsekuensi Pinjaman dengan Mencicil Tepat Waktu
Setelah Anda memnetukan pilihan aplikasi pinjaman mahasiswa yang akan Anda gunakan, selanjutnya Anda harus konsekuen dengan isi perjanjian pinjaman tersebut misalkan dalam pemenuhan pengembalian dana pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian. Itulah aplikasi Pinjaman Untuk Mahasiswa Terbaik di Indonesia saat ini. Semoga dapat bermanfaat buat sobat UangMania ya.