3 Cara Cepat Dapat Kredit Pinjaman Dari Bank

3 Cara Cepat Dapat Kredit Pinjaman Dari Bank - Hai sobat UangMania, bagi Anda yang ingin atau sedang mengajukan kredit ke Lembaga Keuangan misalkan Bank, maka ada beberapa cara atau tips agar permohononan kreditmu dapat cepat disetujui loh.

Hal utama yang akan dicek oleh bank adalah iDeb (Informasi Debitur) yang dipakai untuk mengukur apakah seorang yang mengajukan kredit pinjaman layak atau tidak untuk disetujui.

Dulu sistem informasi debitur ini termasuk dalam BI Checking. Namun saat ini telah beralih ke SLIK OJK sehingga Anda dapat mengakses informasi debitur melalui layanan SLIK OJK tersebut.

Bagi sobat UangMania yang belum mengetahui arti dari informasi debitur, UangMania dapat menjelaskannya sebagai berikut.

Informasi debitur atau iDeb merupakan informasi lengkap mengenai sejarah atau riwayat cicilan pinjaman seseorang ke lembaga keuangan. Jadi dalam informasi debitur ini bank dapat melihat apakah Anda dalam membayar cicilan kredit pernah macet atau selama ini lancar-lancar saja.

Maka bagi Anda yang akan mengajukan pinjaman atau ingin membuat kartu kredit, Anda harus menjaga dengan baik riwayat kredit Anda sehingga informasi debitur Anda akan terlihat bagus di mata lembaga keuangan.

Lebih Rinci Tentang iDeb atau Informasi Debitur

Informasi debitur berisikan beberapa informasi tentang seseorang terkait dengan riwayat pinjamannya.

Di dalam informasi debitur disebutkan data berupa data pokok debitur, lembaga keuangan yang memberikan pinjaman, jumlah nominal dana yang dipinjam, dan yang lumayan penting adalah mengenai kualitas kredit debitur.

Kualitas Debitur ini terdiri dari skor-skor yang kemudian dapat disebut dengan kolektibilitas kredit.

Ada 5 jenis peringkat dalam kolektibilitas debitur ini yang kemudian menjadi tolok ukur layak atau tidaknya seseorang diberikan pinjaman oleh lembaga keuangan. 5 jenis kualitas kolektibilitas kredit tersebut adalah seperti disebutkan di bawah ini.

1. Kualitas 1 (Lancar)
Kualitas 1 atau lancar diberikan kepada seseorang yang selama masa pinjaman kredit selalu tepat waktu dalam pembayaran cicilan kredit.

2. Kualitas 2 (Dalam perhatian Khusus)
Kualitas 2 atau Dalam perhatian khusus diberikan kepada seseorang yang pernah terlambat membayar atau menunggak cicilan kredit selama 1-sampai dengan 90 hari.

3. Kualitas 3 (Kredit Kurang Lancar)
Kualitas 3 atau Kredit Kurang Lancar diberikan kepada seseorang yang selama masa pinjaman seblumnya pernah menunggak cicilan kredit selama 91 sampai dengan 120 hari.

4. Kualitas 4 (Diragukan)
Kualitas 4 atau diragukan adalah diberikan kepada seseorang yang pernah dalam pinjaman sebelumnya menunggak cicilan kredit selama 121 sampai dengan 180 hari.

5. Kualitas 5 (Macet)
Dan yang terakhir adalah kualitas 5 atau kategori macet yaitu diberikan kepada seseorang yang pernah menunggak cicilan kreditnya selama lebih dari 180 hari.

Jadi bagi sobat UangMania yang memiliki skor kolektibiltas kredit kualitas 1 atau Lancar, maka Anda akan cepat mendapatkan persetujuan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Tapi juga sobat UangMania memiliki skor kualitas 2 atau Kredit Kurang Lancar, maka kemungkinan disetujui oleh bank adalah 50 : 50 atau fifty - fifty, artinya bisa saja disetujui atau tidak disetujui.

Dan yang terakhir bila sobat UangMania memiliki kualitas kolektibilitas kredit kualitas 3 sampai dengan 5, maka kemungkinan pengajuan permohonan kredit Anda akan ditolak.

3 Cara Cepat Dapat Kredit Pinjaman Dari Bank

Cara agar pengajuan pinjaman sobat UangMania ke Lembaga Keuangan dapat disetujui dengan cepat adalah sebagai berikut.

1. Usahakan untuk selalu membayar cicilan atau angsuran kredit dengan tepat waktu sesuai perjanjian

Untuk dapat menjaga ketepatan waktu dalam pembayaran cicilan, Anda jangan sampai lupa untuk melakukan transfer ke rekening pelunasan cicilan atau juga Anda dapat menggunakan sistem autodebet.

Memang akan selalu ada masa-masa yang cukup sulit dalam keuangan Anda yang kemudian membuat Anda kekurangan dana untuk membayar cicilan.

Namun apabila perencanaan keuangan Anda cukup baik maka akan selalu ada dana yang bisa Anda sisihkan untuk membayar cicilan bank.

Gunakan rumus keuangan 50 : 30 : 20, yaitu 50% penghasilan untuk belanja rutin, 30% untuk membayar cicilan : 20% untuk tabungan atau investasi.

Gunakan tanda pada kalender atau pasang alarm pada handphone Anda untuk mengingatkan Anda mengenai jadwal pembayaran cicilan pinjaman.

Baca juga : 6 Hal Sebelum Pinjam Uang Online yang Harus Anda Lakukan

2. Ajukan dan gunakan kartu kredit untuk dapat meningkatkan tingkat kepercayaan bank kepada Anda

Banyak orang yang belum tahu bahwa ternyata kartu kredit dapat menjaga kualitas koletiktibilitas kredit tepat baik.

Bank ternyata cenderung lebih memprioritaskan pinjaman kredit dari orang-orang yang telah memiliki kartu kredit.

Karena jangka waktu dan jumlah cicilan kartu kredit terkadang lebih dapat diatur karena sifatnya bulanan harus lunas maka orang cenderung dapat menjaganya tetap bersih dari tunggakan.

Bank pun dapat mengecek status pembayaran kartu kredit sehingga dapat membantu Anda dapat meningkatkan rating kredit dan juga kepercayaan lembaga keuangan kepada Anda.

3. Anda harus memperhitungkan jumlah penghasilan Anda sehingga perhitungan jumlah cicilan atau angsuran tidak melebihi 30 persen dari penghasilan Anda

Bagaimanapun kondisinya, sebaiknya Anda tetap mengajukan jumlah pinjaman yang besaran cicilannya mampu Anda bayar.

Jangan memaksakan diri untuk meminjam dana besar namun pada akhirnya cicilannya tidak mampu Anda bayar.

Idealnya besaran cicilan pinjaman yang dapat disetujui oleh bank adalah sebesar maksimal 30% dari penghasilan Anda.

Demikianlah artikel mengenai 3 Cara Cepat Dapat Kredit Pinjaman Dari Bank ini. Semoga dapat berguna untuk sobat UangMania ya.