Skip to main content

Macam Bisnis Online untuk Pemula


Hai sobat UangMania, kali ini kita akan ulas mengenai macam bisnis online untuk pemula tanpa modal dan bisa dikerjakan dari rumah. Seperti kita ketahui bersama bahwa internet yang sebelumnya membuat orang dapat menemukan segalanya, kini sudah berkembang menjadi dapat melakukan apa saja, salah satunya adalah berbisnis.

Akhir-akhir ini, bisnis online semakin menjamur dengan pelaku yang beragam, mulai dari pengusaha hingga ke orang awam. Salah satu yang membuat bisnis online digandrungi adalah modal yang kecil dan fleksibilitas tempat.

Tidak ada salahnya jika Anda berniat untuk terjun ke dunia bisnis online. Meski terlihat mudah, namun ketekunan tetap menjadi hal nomor satu. Hal ini dikarenakan di samping banyak yang sukses, namun tak sedikit pula yang gagal dalam hal bisnis online karena mereka kurang tekun dan tidak memiliki sikap yang dimiliki oleh seorang pebisnis. Berikut ini adalah beberapa cara bisnis online untuk pemula yang bisa Anda coba.

Bisnis Online Berbasis Jasa

1. Jasa Penulis Konten Website/Blog Online

Peluang usaha bisnis online yang satu ini bisa dikatakan sangat prospektif. Kenapa? Karena banyak blogger atau pemilik website baru bermunculan, namun mereka tidak punya waktu cukup untuk menulis konten. Celah ini bisa Anda manfaatkan dengan menyediakan jasa penulisan konten. Harga yang Anda patok bisa dari Rp5.000,00 per 500 kata atau lebih mahal, tergantung kualitas konten yang Anda buat.

Anda bisa langsung menawarkan diri untuk menulis konten secara online, atau bisa juga membangun suatu sistem bisnis dengan beberapa pekerja. Artinya, Anda adalah bos yang bertugas mencari target pelanggan, sedangkan penulisan dikerjakan oleh karyawan Anda. Yang perlu diingat, Anda harus profesional dalam menggaji karyawan. Anda tidak mau kehilangan karyawan karena urusan gaji bukan?

2. Jasa Desain Grafis

Menyediakan jasa desain grafis juga merupakan salah satu bisnis yang empuk. Munculnya pebisnis - pebisnis baru membuat mereka harus segera membuat logo sebagai branding bisnis mereka. Sayangnya, banyak dari mereka tidak tahu bagaimana cara mendesain logo. Nah, manfaatkan peluang ini dengan menyediakan jasa pembuatan logo.

Selain membuat logo, Anda yang memiliki kemampuan lebih di bidang desain grafis bisa juga menjadi freelancer untuk desain grafis di beberapa tempat, seperti penerbit misalnya. Banyak penerbit indie yang membutuhkan orang dengan skill desain grafis untuk membuat cover buku yang hendak mereka terbitkan. Anda bisa memasang tarif ratusan ribu rupiah per proyek.

3. Jasa Editing Tulisan Online

Masih berhubungan dengan penerbit indie pada poin sebelumnya. Selain membutuhkan seorang desainer cover, mereka juga banyak membutuhkan editor naskah. Banyaknya naskah yang masuk membuat mereka kewalahan dalam proses editing. Manfaatkan peluang ini. Pasang tarif dengan harga wajar, misalkan Anda mematok harga Rp5.000,00 per halaman A4 atau bisa sistem paketan.

4. Jasa Penerjemahan Tulisan Online


Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki kemampuan menulis, desain, atau editing? Mungkin Anda bisa menjadi penerjemah. Apabila Anda mempunyai kemampuan bahasa asing, jangan disia-siakan. Manfaatkan itu sebagai peluang bisnis Anda. Anda bisa menawarkan jasa menerjemahkan tulisan berbahasa asing ke bahasa Indonesia, bisa berupa buku atau sekadar artikel-artikel ringan.

5. Jasa Pembuatan Situs Website Online

Lagi-lagi target bisnis online adalah pelaku bisnis online sendiri. Perusahaan-perusahaan baru pasti ingin melengkapi bisnis mereka dengan website resmi. Hal itu untuk menunjang bisnis dan agar terlihat profesional dan mudah diakses customer. Jika Anda memiliki kemampuan programing, Anda bisa memanfaatkannya untuk menawarkan jasa pembuatan website bagi bisnis mereka.

6. Jasa Promosi Produk Secara Online

Ini adalah peluang bisnis perantara. Maksudnya Anda menjadi jembatan antara aktivitas jual beli di dunia nyata dan aktivitas jual beli di dunia maya. Mungkin Anda memiliki tetangga atau teman yang hendak menjual sesuatu, namun mereka kebingungan untuk menjualnya. Anda bisa menawarkan untuk mengiklankannya di situs jual beli online seperti Olx, Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Cara Bisnis Online untuk Pemula Berbasis Jualan

1. Jual Produk Sendiri Secara Online

Cara bisnis yang lain adalah menjual produk. Kalau Anda memiliki sebuah produk hasil karya sendiri seperti baju atau makanan, Anda bisa memilih untuk menjualnya di internet. Kelebihan mempromosikan produk Anda di internet adalah jangkauan pasar yang lebih luas, hingga seluruh Indonesia. Asalkan produk Anda benar - benar berkualitas, pelanggan akan berdatangan dan Anda akan banjir orderan.

2. Menjadi Reseller Online

Mungkin Anda tidak mempunyai produk online sendiri. Jika itu masalahnya, Anda bisa mencoba untuk menjadi reseller. Prinsipnya sama dengan berdagang di dunia nyata, yakni Anda membeli suatu barang dengan harga grosir dan menjualnya dengan harga jual. Beberapa contoh produk yang bisa Anda coba untuk menjadi reseller adalah pakan kucing, baju lusinan, poster belajar, dan aksesoris handphone.

3. Menjadi Dropshipper Online

Saat ini Anda tidak punya produk sendiri atau menjadi reseller online tapi tidak punya modal? Tenang, selalu ada jalan di setiap masalah. Jalan itu adalah menjadi seorang dropshipping. Cara kerjanya cukup mudah. Urusan pengepakan hingga pengiriman suppliernya yang mengurus. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meminta info produk dari supplier dan mengiklankannya lewat akun sosial media Anda. Mudah bukan?

4. Afiliasi Online

Hampir mirip dengan dropshipping, bisnis afiliasi memberikan Anda persenan atas produk online yang terjual. Bedanya, jika dropshipping Anda harus mengiklankan produknya seolah itu produk Anda, maka afiliasi hanya sekadar mempromosikan website dari si pemilik barang. Alamat IP perangkat pembeli yang menggunakan link referall Anda akan tercatat dan Anda akan mendapatkan persenan jika mereka membeli lewat link Anda.

5. Menyewakan Space Iklan Online

Selain menjual produk, Anda juga bisa menjual atau menyewakan space iklan di blog online Anda jika Anda memiliki blog dengan traffic tinggi. Anda bisa mengatur ukuran ruang iklan dengan masing-masing tarifnya. Pemilik produk akan membayar sewa per hari, per bulan, atau bisa juga per tahun tergantung mana yang Anda pikir paling menguntungkan untuk Anda. Mudah bukan?

Bisnis Online Berbasis Hobi

1. Berkarya di Dunia Online Melalui Youtube

Siapa bilang dengan menjalankan hobi tidak bisa menghasilkan uang dari bisnis online? Jika Anda teliti, ada sebuah website yang jika Anda tekuni bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan, yaitu Youtube. Anda bisa tetap menjalankan hobi dan mendapatkan penghasilan sekaligus. Memiliki hobi berkebun? Anda bisa membuat video tutorial berkebun dan suatu saat Anda bisa dimintai endorsement tentang produk perkebunan.

2. Membuat Aplikasi

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dan kebetulan memiliki hobi di dunia IT, Anda bisa mencoba membuat aplikasi yang bermanfaat bagi orang banyak. Yang menarik dari membuat aplikasi ini adalah bisa menjadi sumber passive income Anda, selama aplikasi Anda terus digunakan oleh orang banyak. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membuat aplikasi, lakukan riset dan minta pendapat masyarakat.

Cara bisnis online untuk pemula ini memang simpel tetapi juga rumit. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti kualitas produk dan relasi yang baik dengan para pelanggan. Jika kedua itu saja sudah bisa Anda jaga, maka sudah satu langkah Anda maju dan siap untuk meraih kesuksesan. Selamat menempuh jalur bisnis Anda.
Oldest Post