Skip to main content

Hal Terkait Pinjaman Online yang Harus Anda Ketahui


Hai sobat UangMania, kali ini kita akan mengulas mengenai pinjaman online yang saat ini sedang banyak dibicarakan. Dalam artikel ini, UangMania akan mengulas mengenai hal-hal berikut ini .

Hal-hal Dasar Terkait Pinjaman Online

Di saat sekarang ini di era perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat cara melakukan sesuatu menjadi lebih mudah bagi kita. Salah satu kegiatan yang menjadi lebih mudah untuk kita lakukan adalah mencari dan mengajukan pinjaman. Tentu dengan semakin tingginya biaya hidup saat ini dan juga beragamnya jenis kebutuhan yang harus kita tanggung, maka kebutuhan dana dari sumber pinjaman menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Saat ini telah bermunculan aplikasi pinjaman online yang dimulai oleh perusahaan-perusahaan financial technology (fintech) yang muncul sejak awal tahun 2014 silam. Setelah munculnya fintech ini yang kemudian semakin berkembang dan semakin dilirik oleh masyarakat indonesia membuat banyak lembaga keuangan ikut mulai mengintegrasikan sistem keuangannya dengan teknologi informasi khususnya pada layanan-layanan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat misalkan layanan pinjaman.

Dengan mulainya lembaga keuangan masuk ke layanan pinjaman online maka dimulailah era pinjaman online yang berkembang pesat sampai dengan saat ini. Hal-hal dasar terkait pinjaman online adalah sebagaimana akan bahas berikut ini.

Definisi Pinjaman Online

Tentu Anda masih ingat jika sebelum berkembangnya teknologi informasi, seseorang yang ingin mengajukan pinjaman harus datang langsung ke bank atau lembaga keuangan lainnya atau bahkan karena terdesak kondisi harus datang ke rentenir dengan harapan pinjamannya dapat langsung cair dalam hitungan menit.

Namun saat ini dengan adanya fintech maka orang yang ingin mengajukan pinjaman dapat melakukannya hanya dengan bermodalkan smarphone atau komputer dan juga koneksi internet untuk dapat mengajukan pinjaman online.

Jadi dapat dikatakan bahwa pinjaman online adalah pengajuan pinjaman yang dilakukan secara online dengan sarana teknologi informasi dan koneksi internet dimulai dari pengajuan dan persetujuan sampai dengan pencairan pinjaman dilakukan secara online atau melalui sambungan telepon dan sms.

Dalam pinjaman online, peminjam tidak bertatap muka secara lansung dengan pemberi pinjaman kecuali si peminjam meminjam dana dalam jumlah yang cukup besar sehingga bank atau lenaga keuangan mengharuskan survey lokasi dan juga survey jaminan yang dokumennya telah diunggah oleh si peminjam. Namun perlu Anda ketahui bahwa apabila nilai pinjaman anda tidak terlalu besar maka biasanya tidak diperlukan kegiatan survey lokasi dan survey agunan.

Jenis-jenis pinjaman online

Banyak macam pinjaman online yang telah tersedia saat ini yang disediakan oleh bank atau perusahaan pemberi pinjaman selain bank. Pinjaman yang diberikanpun bermacam-macam baik deri segi masksimal jumlah dana yang dapat dipinjam, suku bungan pinjaman sampai dengan maksimal tenor atau jangka waktu pinjaman. Jenis pinjaman yang paling diminati oleh konsumen saat ini adalah sebagai berikut :
  • KTA atau Kredit Tanpa Agunan
  • KMG atau Kredit Multiguna
  • Produk Pinjaman Khusus Karyawan
  • Kredit Pinjaman untuk Pembelian Mobil
  • KPR atau Kredit Pemilikan Rumah
  • Pinjaman khusus Untuk Modal Usaha

Perbedaan antara pinjaman konvensional dengan pinjaman online

Terdapat beberapa perbedaan antara pinjaman online bila dibandingkan dengan pinjaman konvensional yang dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Dari segi tujuan penggunaan Dana Pinjaman Online
Biasanya orang membutuhkan pinjaman online cepat cair untuk membiayai kebutuhan mendadak seperi biaya kesehatan, baiaya sekolah dan lain sebagainya. Sedangkan biasanya orang meminjam secara konvensional untuk kebutuhan yang tidak mendadak misalkan untuk modal usaha.

2. Dari segi Besaran Biaya Administrasi
Biaya administrasi yang dibebankan kepada peminjam dan online adalah lebih rendah dibandingkan dengan pada pinjaman konvensional bahkan beberapa penyedia pinjaman online menggratiskan biaya administrasi ini. Karena pada pinjaman ini biasanya dilakukan perjanjian untuk pelunasan secara sekaligus sehingga dapat menekan biaya operasional.

3. Dari segi Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan
Kebanyakan jumlah dana yang dapat dipinjam dalam pinjaman online adalah dana yang kecil sampai dengan menengah saja. Berbeda dengan pinjaman konvensional yang memberikan pinjaman sampai dengan ratusan juta rupiah.

Kemudahan Syarat Untuk Pengajuan Pinjaman Online

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tujuan utama dan tujuan awal dari adanya layanan pinjaman online ini adalah untuk memudahakan proses pinjaman kepada si peminjam. Namun untuk syarat-syarat kelengkapan dokumen seperti calon debitur harus mengisi formulir data diri dan formulir-formulir lainnya.

Yang berbeda dengan pinjaman biasa adalah dalam pinjaman online Anda dapat mengisi formulir pinjaman secara digital melalui situs website peminjam. Dokumen lain yang disyaratkan seperti KTP dan lainnya pun dapat di scan kemudian diupload ke secara online di website peminjam.

Biasanya pinjaman online hanya mensyaratkan untuk mengupload scan KTP, Foto diri dan slip gaji atau rekening tabungan saja. Namun beberapa situs pemberi pinjaman juga meminta scan dokumen tambahan seperti Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha atau dokumen terkait agunan yang akan dijadikan jaminan.

Fleksibilitas dalam mengajukan pinjaman online

Proses pengajuan pinjaman online yang dilakukan hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan smartphone atau komputer membuatnya sangat fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja. Kemudahan metode pinjaman ini membuat kita dapat mengajukan pinjaman tanpa keterbatasan waktu dan tempat karena kapan saja Anda dapat mengajukan dan mengupload dokumen persyaratan dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet yang memadai.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat mengajukan pinjaman online yaitu sebagai berikut :
1. Memilih penyedia pinjaman
Anda dapat mencari referensi penyedia pinjaman online pada artikel berikut -> 3 Pinjaman Online Terbaik di Indonesia.

2. Mengecek profil dan hal lainnya dari penyedia pinjaman
Anda dapat melakukan hal-hal dasar untuk memastikan kredibilitas penyedia pinjaman online dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel berikut -> 6 Hal Sebelum Pinjam Uang Online yang Harus Anda Lakukan.

3. Menentukan Besaran pinjaman yang akan Anda Ajukan

4. Mengisi formulir online mengenai data diri

5. Mengupload dokumen-dokumen yang diminta

6. Menunggu proses identifikasi data diri

7. Menunggu verifikasi data oleh penyedia pinjaman yang biasanya akan dilakukan melalui panggilan telepon atau SMS oleh penyedia pinjaman.

8. Jika pengajuan pinjaman Anda telah disetujui maka selanjutnya Anda akan diinfokan mengenai kapan dana pinjaman akan dicairkan.

Beberapa perusahaan pinjaman online telah memiliki aplikasi yang dapat Anda download melalui playstore atau applestore untuk memudahkan Anda dalam memonitor status pinjaman Anda.

Transparansi dalam pengajuan pinjaman online

Bagi banyak pihak transparansi dalam pengajuan pinjaman online adalah hal yang sangat penting dan mendasar. Informasi-informasi penting terkait dengan pinjaman sudah seharusnya disajikan dengan jelas dan lengkap pada halaman situs website  penyedia pinjaman misalkan seperti informasi mengenai tingkat bunga yang digunakan, besaran biaya administrasi pinjaman, pilihan pinjaman yang dapat digunakan, maksimal jumlah pinjaman yang dapt diajukan dan juga pilihan jangka waktu atau tenor pinjaman yang dapat dipilih oleh konsumen.

Lama pencairan pengajuan pinjaman online

Keunggulan yang diberikan oleh pinjaman online adalah kecepatan dalam pencairan dana bila dibandingkan dengan pinjaman konvensional. Banyak perusahaan fintech atau bank dan lembaga keuangan lainnya memberikan persetujuan pinjaman hanya dalam jangka waktu kurang dari satu hari dan biasanya paling lama sampai dengan 1 minggu.

Jangkauan wilayah pengajuan pinjaman online

Layanan pinjaman online yang masih tergolong baru yaitu dimulai sejak 2014 membuat layanan pinjaman secara online ini masih berfokus di pulau Jawa. Namun dalam perkembangannya beberapa perusahaan penyedia pinjaman telah memperluas wilayah cakupannya sampai diluar pulau jawa dan diharapkan kedepannya dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Kelebihan pinjaman online

Pinjaman online memiliki beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:
1. Kemudahan sarana pengajuan pinjaman
2. Disediakannya Simulasi Kredit
3. Kebanyakan tidak meminta jaminan agunan untuk pinjaman dalam jumlah kecil
4. Data identitas peminjam dilindungi oleh peraturan.
5. Tersedia perbandingan produk pinjaman antara penyedia pinjaman
6. Informasi terkait pinjaman sudah banyak tersedia di internet

Kekurangan pinjaman online

Pinjaman online juga memiliki kekurangan-kekurangan yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut:
1. Tingkat bunga yang digunakan cukup tinggi
2. Kredibilitas seorang peminjama yang gagal kredit telah terintegrasi dengan data SLIK OJK sehingga kedepannya akan sulit untuk mengajukan pinjaman lagi

Kesimpulan

Pinjaman online merupakan solusi yang bagi Anda yang menginginkan pinjaman pribadi yang bisa langsung cair tanpa ribet dan pengajuannya hanya bermodalkan KTP saja. Anda dapat mengajukan pinjaman pada penyedia pinjaman online terbaik yang beroperasi dalam waktu 24 jam sehari.

Dengan menggunakan fasilitas pinjaman online maka Anda tidak perlu ribet dibandingkan dengan prosedur pengajuan pinjaman pada bank konvensional. Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah dan membawa banyak dokumen karena dalam pinjaman Anda dapat mengurusnya hanya dengan mengupload dokumen yang disyaratkan. Sebelum Anda mengajukan pinjaman sebaiknya Anda terlebih dahulu memperbanyak referensi dan pilihan penyedia jasa layanan pinjaman online agar Anda tidak terjerumus pada rentenir online.

Itulah 13 Hal Terkait Pinjaman Online yang Harus Anda Ketahui yang dapat UangMania share buat Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya.