13 Cara Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula

13 Cara Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula

Sebuah bisnis atau usaha kuliner, baik dalam bidang minuman ataupun makanan selalu menjadi salah satu usaha yang  menguntungkan dan bahkan menjanjikan.

Usaha kuliner ini biasanya dapat menjadi salah satu peluang usaha bagus dan jangka panjang yang pastinya tidak akan memberikan kerugian jika anda mengelola dengan baik dan maksimal.

Hal ini dikarenakan biasanya usaha kuliner akan selalu berkembang dan biasanya akan memberikan sebuah inovasi baru. Karena makanan dan minuman pun juga merupakan kebutuhan pokok dan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan manusia.

Makanan dan minuman adalah salah satu hal yang wajib di lengkapi dan di penuhi. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir ini banyak sekali usaha atau bisnis kuliner yang sering di lirik oleh pebisnis. Tidak hanya pemula di bidang bisnis kuliner ini, tetapi banyak juga yang sudah lama terjun berbisnis namun masih berusaha membuka usaha baru di bidang ini.

Hal tersebut dikarenakan konsumsi dari masyarakat yang tinggi, sehingga peluang usaha yang akan di dapatkan juga akan lebih tinggi. Karena bidang kuliner juga memiliki prospek usaha yang sangat cerah walaupun persaingan ketat. Selain itu, karena sangat banyak sekali tema di bidang kuliner yang bisa kalian angkat menjadi sebuah ladang bisnis.

13 Cara Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula
Berikut ini tips dalam usaha kuliner untuk pemula:
1. Persiapan Modal Usaha
Tentunya modal adalah hal dasar yang harus anda siapkan jika ingin membuka sebuah usaha. Baik dalam berbisnis kuliner atau bukan, akan selalu ada sejumlah modal yang nantinya anda perlukan dalam kelancaran usaha tersebut.

Selalu ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai sebuah alternatif jika seandainya anda kekurangan modal usaha.

Biasakan dalam membuat sebuah laporan keuangan agar anda bisa mengatur dan memantau situasi keuangan dari bisnis yang sedang anda jalankan. Jangan mencampur uang pribadi dengan uang bisnis agar anda tidak salah dalam membelanjakan modal yang anda miliki.

2. Penentuan Target
Salah satu kunci keberhasilan di bisnis kuliner adalah menentukan target pasar. Anda tidak hanya memberikan harga yang murah serta terjangkau bagi para pembeli, namun anda juga tetap  harus menyamakan presepsi dan menentukan selera dari pembeli.

Memang keinginan setiap pembeli pasti tiada batas dimana keinginan yang satu tidak akan cukup sama dengan keinginan yang lainnya. Namun, Anda bisa memilih jalan tengah dengan cara memberikan cita rasa yang paling banyak di minati oleh pembeli.

3. Penentuan Lokasi
Penentuan lokasi usaha merupakan salah satu faktor yang juga  berpengaruh dalam memulai bisnis kuliner. Bahkan dalam tips usaha kuliner untuk pemula ini, sangat di sarankan untuk memilih dan menempati lokasi strategis yang akan sangat menunjang kemudahan dan kelancaran usaha tersebut.

Sejumlah lokasi yang bagus dalam usaha kuliner adalah kawasan perkantoran, mall, perumahan, kampus, kawasan sekolah dan tempat wisata.

4. Konsep Menarik
Konsep menarik akan sangat di sarankan dan penting dalam tips usaha kuliner untuk pemula. Karena usaha apapun akan sangat mencuri perhatian jika mengusung konsep yang menarik apalagi jika berbeda dengan pesaing yang lain.

Karena adanya konsep unik dan menarik ini pastinya akan menjadi salah satu ciri khas dan akan menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi konsumen untuk mengunjungi dan menikmati usaha kuliner anda tersebut.

Maka dari itu, fikirkan terlebih dahulu konsep menarik apa yang nantinya akan anda lakukan dan gunakan sebagai penunjang usaha tersebut.

5. Ciptakan Menu Andalan
Buatlah sebuah innovasi menu andalan, gunakan Konsep ATM. Seperti pada cara membuat franchise sendiri dimana anda bisa berinovasi melalui Amati, Tiru, Modifikasi atau metode ATM tersebut.

Jangan sekali-kali meniru sebuah bisnis lain secara terang terangan tanpa merubah atau memodifikasi apapun. Jika anda bukanlah teman atau mitranya maka sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini.

Ciptakanlah sebuah menu yang unik dan menjadi andalan produk kuliner anda sehingga nantinya bisa menjadi salah satu kebanggan yang anda tawarkan ke pelanggan.

6. Penentuan Pemasok
Agar anda pada nantinya tidak akan mengalami kendala dalam pemasokan bahan baku dan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan semua bahan baku untuk melancarkan usaha kuliner anda, maka anda harus mencari pemasok yang jelas dan pasti  terpercaya.

Karena biasanya pemasok sudah  menjadi langganan anda akan memudahkan anda dalam bertransaksi.

7. Perhitungan Dasar
Janganlah Anda meremehkan harga dari bahan baku dan pengeluaran modal untuk bahan dan keperluan lainnya. Buatlah sebuah perhitungan yang spesifik yang akan menentukan berapa pengeluaran yang diperlukan dan carilah supplier yang memberikan harga yang lebih terjangkau dengan perbandingan data tersebut.

8. Pengetahuan dan Kemampuan Dasar
Dalam melakukan dan mengembangkan sebuah usaha kuliner, tentunya anda juga harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar dalam membuka sebuah usaha kuliner. Tanpa adanya keahlian dasar maka anda tidak akan bisa mengembangkan usaha kuliner tersebut.

9. Memanfaatkan Internet
Promosi melalui internet kini bukan hal yang mustahil lagi. Sekarang sudah banyak yang menggunakan internet sebagai sarana promosi dan digunakan sebagai dasar untuk perkembangan sebuah bisnis. Karena pengguna internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa menggunakan internet dewasa ini.

10. Pemberian Harga Yang Terjangkau
Mendapatkan harga ekonomis dan terjangkau merupakan salah satu keinginan yang di inginkan oleh kosumen. Dan hal inilah yang dimanfaatkan beberapa pengusaha kuliner pemula, dimana mereka berusaha sebisa mungkin memberikan kemiringan harga. Tentu, hal tersebut juga salah satu yang di sarankan dimana anda bisa memberikan harga berbeda tapi jangan sampai anda mengalami kerugian.

11. Pelayanan Terbaik
Pasti pernah anda dengar istilah yang menyatakan bahwa pembeli merupakan raja. Ya, memang pembeli adalah salah satu raja yang harus mendapatkan pelayanan baik. Walaupun tidak sedikit juga yang memperlakukan kita dengan cara yang kurang baik. Namun, sebagai seorang pengusaha kuliner pemula maka anda harus pertimbangkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

12. Promosi Tepat
Terdapat banyak cara dalam melakukan promosi, mulai dari promosi mulut ke mulut dari sahabat, kerabat dan keluarga. Namun anda juga bisa melakukan promosi online tentunya. Sehingga anda akan mudah untuk mendapatkan pelanggan dengan melakukan promosi yang tepat.

13. Sabar
Kebanyakan pengusaha kuliner yang sudah gagal adalah karena mereka kurang sabar di awal mengembangkan usaha. Jika anda bersabar dan melakukan yang terbaik, maka usaha anda akan lebih berkembang dan maju nantinya. Karena tidak menutup kemungkinan di awal usaha pasti banyak masalah dan rintangan yang akan menghampiri usaha anda.

Demikianlah 13 Cara Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula. semoga dapat bermanfaat buat sobat UangMania. Selamat berbisnis dan mencoba!