Skip to main content

Kiat Sukses Jualan Online Via Whatsapp


Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai kiat sukses jualan online via whatsapp yang bisa Anda praktikkan ketika akan memulai bisnis online. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling populer saat ini. Aplikasi whatsapp utamanya digunakan untuk sarana komunikasi dengan teman dan keluarga. Namun karena kemudahan dalam penggunaannya, maka whatsapp dapat dengan mudah digunakan sebagai sarana untuk jualan.

Jenis barang jualan online seperti pakaian, kosmetik, sepatu dan jenis barang lainnya dapat Anda jual lewat aplikasi whatsapp ini. Bagi Anda yang ingin berjualan melalui media sosial khususnya melalui aplikasi Whatsapp, maka Anda harus mengetahui dulu tips dan trik jualan melalui whatsapp. Anda perlu mengetahui tips trik jualan via whatsapp terlebih dahulu karena untuk menghindari terbuangnya waktu dan tenaga serta kuota internet Anda karena barang yang Anda jual lewat whatsapp tidak lancar karena ketidaktahuan Anda dalam menjalankannya.

Untuk itulah kami membuat artikel mengenai tips jualan online via Whatsapp ini untuk dapat memberikan tips bagi Anda yang berniat untuk berbisnis online via whatsapp agar Anda banjir orderan. Silahkan Anda simak uraiannya di bawah ini ya.

1. Update Status whatsapp Mengenai Promo Barang Jualan Online Setiap Hari

Fitur status di aplikasi Whatsapp memiliki keterbatasan waktu penayangan yaitu status Anda hanya akan tampil secara online selama 24 jam saja. Dengan terbatasnya waktu tampilan status ini maka Anda perlu untuk selalu mengupdate status mengenai barang dagangan Anda.

2. Harus Memiliki Banyak Kontak whatsapp agar Informasi Online Jualan Anda Dapat Tersebar

Pepatah "Banyak Teman Banyak Rezeki" adalah pepatah yang merupakan salah satu cara promosi lewat whatsapp yang cukup penting karena semakin banyak kontak yang Anda miliki maka semakin banyak pula orang atau teman Anda yang melihat barang yang Anda jual. Perlu bagi Anda yang berjualan barang seperti kosmetik atau pakaian wanita untuk memiliki banyak kontak yang kebanyakannya wanita agar target pembeli Anda menjadi lebih banyak.

3. Share Info Barang Jualan Anda Ke Semua Grup yang Anda Miliki

Aplikasi online seperti Whatsapp menyediakan fitur pembuatan grup dan sudah sangat banyak digunakan saat ini sebagai sarana marketing. Terkadang seseorang dalam satu nomor WA bergabung dengan banyak sekali grup, baik itu grup sekolah, grup reuni, grup anggota keluarga besar, grup di kantor dan lain-lain.

4. Berikan Penawaran Promo Layanan Seperti Gratis Ongkir

Anda bisa memberikan gratis ongkir kepada pelanggan untuk barang jualan tertentu, atau pada bulan tertentu.

5. Berikan Pilihan Jasa Pengiriman Relatif Cepat

Sediakan pilihan ekspedisi yang relatif cepat dan murah, karena biasanya pelanggan ingin barang yang dibeli online cepat sampai.

6. Balas Chat Pelanggan dengan Segera Agar Jualan Anda Lebih Lancar

Seringkali pelanggan tidak sabar untuk mendapatkan informasi tentang barang jualan online Anda, baik itu informasi, ketersedian, jumlah, size, warna, cara order dan lainnya dari penjual sebelum memastikan untuk diorder/ dibeli. Karena itu chat harus dibalas segera, agar bisa mendapatkan kepastian barang jadi diorder atau tidak.

7. Siapkan Format Order Barang Jualan Online Anda Untuk Pelanggan

Untuk  mempermudah pelanggan dalam mengorder, sediakan terlebih dahulu format order onlinenya agar bisa diisi langsung oleh pelanggan, dan menghindari pertanyaan.

8. Berikan Foto dan/atau Video Rill dari Barang Jualan Online Anda

Untuk meyakinkan pelanggan anda bisa memposting/mengupdate foto rill dan/atau video dari barang yang akan anda jualsecara online, karena sering kali pembeli ingin melihat bentuk rillnya.

9. Siapkan Rekening Tujuan Pembayaran

Anda bisa mencantumkan beberapa pilihan rekening tujuan pembayaran yang anda miliki agar memudahkan pelanggan untuk mentrasfer pembayaran.

10. Berikan Layanan Cost On Delivery (COD) Untuk Pelanggan

Pilihan cod ini juga sangat banyak peminatnya, bagi pelanggan online yang berada di dalam kota anda. Karena terkadang mereka hanya memiliki uang cash, tidak perlu ke ATM atau Bank untuk mentransfer.

11. Tampilkan testimoni dari pelanggan yang puas dengan layanan dan Barang Jualan Online Anda

Sesekali anda juga harus menampilkan, memposting  testimoni atau bukti transksi dari pelanggan yang sudah bertransaksi dengan anda, agar lebih meyakinkan pelanggan selanjutnya.

12. Selalu berikan keterangan Status "Ready" atau "PO (Pre Order)" pada setiap keterangan status barang Jualan Online Anda

Dengan mencantumkan status Ready atau PO dari barang yang anda jual via whatsapp bisa memberikan informasi yang pasti kepada pelanggan secara langsung tanpa harus menanyakan atau chat online berulang kali kepada anda.

Artikel mengenai 12 tips jualan online via whatsapp ini merupakan hasil pengalaman jualan via Whatsapp yang dijalani oleh salah satu staff UangMania. Semoga dapat membantu Anda dan selamat mencoba ya.