12 Syarat Pengajuan Pinjaman di Koperasi Mudah dan Cepat

Syarat Pengajuan Pinjaman di Koperasi - Sobat UangMania, tentu Anda pernah mendengar istilah koperasi bukan? memang saat ini masih sangat banyak koperasi yang ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Menurut wikipedia, koperasi adalah adalah kumpulan atau organisasi ekonomi yang operasionalnya dilakukan oleh orang-perorang dengan tujuan demi kepentingan anggotanya.

Prinsip koperasi adalah gerakan ekonomi kerakyatan yang dijadikan sebagai landasan kegiatan dan didasarkan pada asas kekeluargaan.

Salah satu jenis koperasi menurut fungsinya adalah koperasi jasa simpan pinjam dimana koperasi jenis ini memberikan pelayanan berupa jasa yang di butuhkan oleh anggota koperasi salah satunya adalah masalah pinjaman uang.

Seorang anggota koperasi bisa mendapatkan pinjaman dana tunai melalui koperasi setelah ia masuk menjadi anggota koperasi.

Namun pada perkembangannya koperasi simpan pinjam juga memberikan pinjaman kepada non anggota koperasi dengan cara pengajuan pinjaman tertentu.

Pada saat orang yang bukan anggota koperasi akan meminjam uang di koperasi, maka ia akan dimasukkan dalam kategori calon anggota koperasi.

Baca juga : 6 Hal Sebelum Pinjam Uang Online yang Harus Anda Lakukan

Syarat Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Kemudian apa saja syarat pengajuan pinjaman di koperasi? Meski Anda saat ini Anda bukan anggota suatu koperasi, Anda tetap dapat mengajukan pinjaman ke koperasi tersebut dan Anda harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

1. Berstatus WNI (Warga Negara Indonesia)

2. Nantinya keanggotaan peminjam akan berbentuk perorangan dan bukan dalam bentuk suatu badan hukum tertentu

3. Anda harus menyetujui segala ketentuan yang berlaku dalam koperasi termasuk dalam hala anggaran rumah tangga dan anggaran dasar.

4. Anda harus membayar simpanan wajib dan juga simpanan pokok selama Anda menjadi anggota koperasi

Setelah Anda resmi menjadi anggota koperasi maka selanjutnya Anda akan dimudahkan untuk mendapatkan pinjaman dari koperasi tersebut.

Baca juga : Butuh Dana Cepat? Begini 5 Cara Pinjam Uang di Bank yang Mudah

Anda dapat mengajukan pinjaman ke koperasi tempat Anda menjadi anggota tersebut dengan syarat-syarat umum sebagai berikut :

1. Telah berstatus sebagai anggota koperasi

2. Menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan

3. Mengisi dan menyampaikan formulir permohonan pinjaman

4. Fotokopi Identitas diri dan pasangan

5. Fotokopi Kartu Keluarga, Slip Gaji dan Rekening Listrik.

Setelah Anda memenuhi syarat-syarat umum di atas, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut ini :

1. Menyampaikan proposal tujuan penggunaan dana pinjaman misalkan untuk konsumtif atau modal usaha.

2. Selanjutnya segala persyaratan dokumen serta proposal pinjaman dana Anda akan dievaluasi oleh anggota koperasi untuk dapat diproses sesuai dengan alur prosedur pinjaman pada koperasi.

3. Apabila pinjaman Anda disetujui maka selanjutnya akan diadakan tanda tangan perjanjian pinjaman yang berisi ketentuan-ketentuan termasuk besaran cicilan dan juga lama jangka waktu jatuh tempo pinjaman koperasi.

Melakukan pinjaman di koperasi banyak untungnya karena biasanya bunga yang dibebankan tidaklah sebesar bunga pada lembaga keuangan seperti bank dan lainnya.

Baca juga : 3 Cara Cepat Dapat Kredit Pinjaman Dari Bank

Beberapa tipe bunga pinjaman jangka pendek di koperasi pada umumnya adalah sebagai berikut :

1. Bunga Tetap atau Flat
Sistem bunga pinjaman di koperasi dalam bentuk flat ini adalah bahwa perhitungan besaran pokok dan bunga yang akan dicicil tiap jangka waktu tertentu adalah sama atau tetap nominalnya sampai dengan pinjaman selesai atau jatuh tempo.

2. Bunga menurun
Dalam sistem bunga menurun ini maka dihitung porsi bunga dan pokok yang dicicil sehingga pada awal-awal masa pinjaman porsi dari bunga yang dibayarkan akan lebih besar dari posrsi pokok yang dicicil.

3. Bunga Menurun Efektif
Bunga menurun efektif ini dihitung dengan cara bunga diterapkan pada sisa saldo pokok pinjaman di setiap waktu cicilan tiba. Metode ini banyak digunakan dalam pinjaman di koperasi saat ini.

Lalu banyak yang bertanya-tanya apakah ada bentuk pinjaman koperasi online tanpa jaminan dan juga bagaimana cara pinjam uang di koperasi online. Namun kami telah membahasnya pada artikel lainnya yaitu -> 3 Pinjaman Online Terbaik di Indonesia.

Itulah Syarat Pengajuan Pinjaman di Koperasi pada umumnya. Semoga dapat bermanfaat buat sobat UangMania ya.