Skip to main content

10 Jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba

10 Jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba - Di era modern seperti saat ini kebutuhan hidup kian hari kian meningkat. Mulai dari kebutuhan primer hingga sekunder, mulai dari biaya hidup, biaya makan, dan papan tempat tinggal yang kian melambung tinggi, hal ini ditandai dengan mahalnya harga bahan pangan dan harga tanah atau bangunan.

Setiap tahun kebutuhan dan biaya hidup kita semakin bertambah bukan? Berhemat saja tidak cukup, dimana pengeluaran dan kebutuhan kita kadang tak sebanding dengan pemasukan. Lalu bagaimana cara kita agar pemasukan bulanan kita dapat bertambah dan kebutuhan tetap terpenuhi tanpa menambah banyak pengeluaran?

Solusi yang paling tepat yaitu anda harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan anda, membedakan mana yang kebutuhan dan mana keinginan, selain itu anda juga harus bekerja lebih keras lagi dibandingkan sebelumnya.

10 Jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba

Lalu dengan cara apa bisa anda lakukan? Yap langsung saja pada pokok pembahasan kita yaitu kerja sampingan yang bisa anda lakukan tanpa modal. Cukup menarik kan? Penasaran apa saja kira-kira? Simak uraian di bawah ini :

1. Menjadi dropshipper atau reseller
Jenis usaha pertama yang bisa anda lakukan dengan mudah yaitu menjadi dropshipper atau reseller. Dimana anda tidak mengeluarkan modal seperserpun, karena anda hanya menjual kembali produk-produk dari supplier ke konsumen atau anda hanya mempromosikan barang sebagaimana menjadi perantara dari supplier ke konsumen. Cukup mudah bukan?

Selain itu keuntungan yang anda peroleh dari usaha ini juga cukup lumayan dan anda tidak akan mengalami banyak kerugian dan resiko.

2. Menjadi guru atau tentor les privat
Selanjutnya yaitu anda bisa menjadi guru atau tentor les privat bagi kalangan usia-usia tertentu bisa disesuiakan dengan kemampuan anda, misalnya anak-anak SD, SMP atau bahkan SMA.

Hanya dengan modal keterampilan anda dan tanpa biaya anda bisa memperoleh pemasukan uang. Melalui usaha ini anda bisa mematok harga sesuai dengan biaya rata-rata les privat pada umumnya, bisa per jam atau pun per pertemuan.

Selain menjadi guru les privat mata pelajaran anda juga bisa menjadi guru bagi anda yang mempunyai keterampilan khusus seperti misalnya di bidang musik, olahraga, dan lain-lain yang pastinya sangat dibutuhkan oleh orang tua saat ini yang sibuk bekerja dan tidak sempat melatih anak-anaknya.

3. Membuka jasa content writer
Usaha selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu menjadi content writer. Terutama bagi anda yang mempunyai kemampuan dan minat dalam menulis. Saat ini banyak dibutuhkan, misalnya penulis-penulis blog freelance.

Selain itu saat ini juga terdapat banyak lowongan-lowongan di berbagai situs yang membutuhkan penulis lepas. Walaupun honornya tidak sebarapa tetapi juga lumayan untuk menambah penghasilan. Bisnis ini juga sangat menguntungkan terutama bagi anda yang mempunyai hobby menulis cerita atau sejenisnya.

Melalui bisnis kali ini, anda dituntut menulis cerita di berbagai media-media online. Anda bisa mencari lowongan atau informasi mengenai bisnis ini di internet. Biasanya, honor yang diperoleh per tulisan bahkan ada juga honor yang di dapat dari jumlah atau banyaknya kata.

4. Jasa pengetikan dan Print
Selanjutnya, bisnis yang dapat anda lakukan adalah jasa pengetikan  dan print, karena merupakan bisnis yang menjanjikan. Terutama bagi anda yang bertempat tinggal di area kos atau area kampus, hal ini akan lebih banyak mendatangkan peluang untuk membuka usaha ini.

Sejauh ini, banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print dibandingkan harus mengerjakan sendiri, karena pasti akan memakan banyak waktu dan biaya.

Dalam bisnis ini, anda hanya membutuhkan laptop atau komputer. Usaha ini dibilang tidak memakan modal bagi anda yang sebelumnya sudah memilikinya, akan tetapi tidak efektif apabila anda akan membuka usaha ini dan baru membelinya. Selain itu, anda juga harus memiliki keterampilan dalam mengetik dan memiliki printer.

5. Fotografer
Masih bicara dalam hal hobby, bekerja yang sesuai dengan hobby atau kegemaran anda asyik bukan? Yap, bisnis fotografer ini juga bisa ditekuni bagi anda yang gemar dalam kegiatan fotografi dan tentunya bagi anda yang mempunyai keahlian dalam mengambil gambar yang bagus.

Modal yang anda butuhkan dalam usaha ini adalah camera dan perangkat lainnya. Job ini akan laris saat banyak acara pernikahan atau menjelang masa-masa wisuda.

6. Bisnis jasa desain grafis
Selain hobby, bagi anda yang mempunyai keahlian dalam bidang olah gambar atau grafis bisnis ini bisa menjadi ladang pendapatan anda. Bisnis ini menuntut keterampilan anda untuk mengolah software seperti photoshop, coreldraw dan masih banyak lagi.

Hal ini bisa ditawarkan kepada sesama teman, bahkan masyarakat luar yang membutuhkan jasa olah grafis dan sejenisnya. Seperti contohnya jasa desain grafis, desain kaos, desain website, edit foto dll.

7. Blogger dan Programmer
Usaha selanjutnya yaitu bagi anda yang mempunyai keahlian dalam mengolah blog dan program tidak ada salahnya bila anda menjadikan keahlian anda untuk mencari uang bukan?

Hal ini akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang membutuhkan karena tidak semua orang bisa dan menguasai mengenai bahasa dan perangkat lainnya dalam pemrograman.

8. Membuka jasa penerjemah
Usaha ini cukup menjanjikan bagi anda yang mempunyai keahlian dalam mengutak atik bahasa asing, karena saat ini banyak dibutuhkan penerjemah lepas oleh perusahaan-perusahaan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen mereka yang berbahasa asing. Selain itu, keuntungan dari usaha ini adalah bisa anda lakukan dimana pun dan kapanpun.

9. Menjadi admin media sosial
Selanjutnya yaitu membuka usaha menjadi admin media sosial. Tentunya pada saat ini bukan hal yang asing lagi bukan?

Media sosial telah banyak digunakan dari berbagai kalangan dan daya ketertarikan terhadap media sosial juga cukup tinggi.

Oleh sebab itu, bagi anda yang mempunyai keahlian dalam mengolah media sosial degan bijak dan se menarik mungkin, anda bisa mencoba usaha ini dengan menghubungi pihak-pihak yang membutuhkan.

10. Membuka usaha berjualan dengan sistem pre order
Yang terakhir, usaha yang dapat anda lakukan yaitu dengan berjualan dengan sistem pre order. Seperti misalnya dengan online shop bahkan berjualan secara langsung juga bisa.

Dengan sistem ini anda akan menjadi semacam perantara antara penjual dan pembeli. Anda tidak akan mengeluarkan modal, karena barang yang anda jual sistem nya memesan terleih dahulu. Setelah barang datang maka uang akan anda dapatkan, seperti halnya ada uang ada barang. Cukup mudah dan minim resiko bukan?

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika ada yang lainnya lagi juga bisa lebih bagus untuk anda lakukan. Nah, dari berbagai jenis usaha yang dapat saya sampaikan manakah yang membuat anda tertarik? Selain menambah pemasukan uang, juga dapat mengisi waktu luang bagi anda yang memilikinya.

Ayo segera coba 10 Jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal di atas. Kalau tidak sekarang kapan lagi? Semoga berhasil dan mendatangkan keuntungan ya sobat UangMania. Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar