Skip to main content

Cara Jualan Online Untuk Pemula


Cara Jualan Online Untuk Pemula
Apakah Anda ingin mengetahui cara jualan online yang bisa sukses? jika iya maka silahkan Anda simak dengan baik-ulasannya pada artikel ini. Tidak bisa dipungkiri jika saat ini teknologi memang semakin maju. Kemajuan teknologi ini sudah pasti akan membuka peluang bisnis yang semakin besar. Sebagian besar bisnis yang dijalankan saat ini adalah jenis jualan melalui internet, baik melalui rumahan atau kantoran.

Banyak sekali orang yang memiliki keinginan untuk bisa memulai jualan online, tanpa perlu menjadi buruh, atau menjadi karyawan, atau menjadi seorang ibu rumah tangga yang tidak bisa menghasilkan pendapatan. Nah jika Anda ingin merubah nasib, maka bisa memulai usaha melalui online. Atau Anda sudah mencoba membuka toko online, namun sempat vakum, atau Anda sudah memulai namun tetap perkembangannya stagnan saja? tenang saja, berikut cara atau tips memulai bisnis online supaya laku keras.


1. Membuat batasan mengenai jumlah produk jualan online yang Anda jual

Tentu Anda semua akan bertanya-tanya, bukankah semakin banyak produk yang dijual, maka akan semakin mendatangkan hasil yang lebih baik dari jualan online. Bukankah menjual banyak produk akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan? perlu Anda ketahui, ketika konsumen memiliki pilihan yang banyak, maka mereka akan bingung, serta gagal fokus untuk menentukan jenis produk mana yang akan dijual.

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Sheena Iyengar yang melakukan penelitiannya dengan mencoba jualan online selai pada dua hari, masing-masing selai dijual pada hari Sabtu. Pada Sabtu pertama, ia menjual sebanyak 24 jenis selai, sedangkan pada sabtu berikutnya, ia hanya menjual 6 jenis selai. Hasil penelitian sangat mengejutkan. Ketika menjual 24 selai pada hari Sabtu pertama, banyak sekali pengunjung yang etrtarik melihat, serta mencicipi. Akan tetapi, para pengunjung tersebut tidak membeli. Hasilnya sangat berbeda dengan penelitan pada hari Sabtu berikutnya. Pada hari Sabtu berikutnya, sebanyak lebih dari 60 persen pengunjung membeli selai dengan varian rasa yang berbeda.

Terkait dengan hal ini, ada beberapa hal yang perlu diberikan perhatian lebih dalam hal jualan online. Ternyata, ketertarikan pengunjung tersebut tidak sebanding dengan minat pengunjung untuk melakukan pembelian. Dengan adanya hal tersebut, maka Anda bisa menerapkannya dengan cara sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buat kategori di bagian bar navigasi toko online Anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya semakin memudahkan pencarian karena, pada intinya setiap pengunjung tersebut tidak ingin ribet.
  • Silahkan Anda tampilkan jenis produk online Anda yang paling populer, serta terbaruy pada bagian homepage. Akan tetapi, tetap berikan jumlah new released product. Langkah ini cukup ampuh dalam, menarik minat klien. Pasalnya, para pembeli akan mudah teratrik ketika dalam produk tersebut diebrikan label dua kata “terbaru” dam “terpopuler”. Hal tersebut sacara tidak langsung, akan menunjukkan jika produk milik Anda sedang up to date, serta memiliki peminat yang lebih.
  • Kemudian buatlah up shell serta cross sell, terutama di bagian halaman produk website online milik Anda. Perlu Anda pahami, pada bagian ini, Anda dapat menampilakn produk yang sama , akan tetapi dengan menghadirkan fitur yang berbeda. selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa produk pendukung, seperti aksesories misalnya.

2. Mengenalkan produk kepada rekan Anda

Apakah Anda merupakan kategori bisnis jualan online pemula? Langkah paling penting yang dapat Anda lakukan ketika sedang merintis yaitu dengan mengenalkan produk milik Anda kepada teman dekat, serta juga kepada kerabat Anda. Langkah ini merupakan jenis langkah yang terbilang masih konvensional. Namun perlu Anda ketahui, ternyata hal ini juga akan memberikan kontribusi untuk Anda, terlebih bagi Anda yang kebetulan tinggal di lingkungan pedesaan, yang mana lingkungan tersebut masih sedikit koneksi internet.

3. Melakukan promosi produk melalui sosial media

Silahkan Anda buat akun sosial media khusus yang Anda gunakan untuk melakukan bisnis jualan online. Anda bisa memberikan nama akun Anda yang berbau bisnis, kemudian silahkan Anda tampilkan produk miliki Anda yang Anda jual, lengkap dengan fiturnya. Strategi ini bisa menjaring minat teman-teman Anda yang kebetulan mereka sedang aktif menggunakan sosial media.

4. Melakukan promosi melalui marketplace

Mudahnya, jika Anda merupakan pebisnis jualan online pemula, serta belum terkenal, maka marketplace bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mendongkrak cara berjualan milik Anda. Banyak sekali marketplace yang bisa Anda pilih untuk melakukan bisnis online. Ketika lapak Anda sudah mulai dikenal di marketplace, maka Anda bisa melebarkan sayap dengan membuka lapak sendiri.

5. Melakukan promosi melalui web

Web juga bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi produk jualan online Anda. Jika Anda merasa kurang puas melakukan promosi melalui sosial media. Anda bisa membuat blog baru yang secara khusus Anda gunakan untuk melakukan bisnis online. Di dalam blog milik Anda tersebut Anda bisa mengkategorikan jenis produk yang Anda jual, serta menampilkan beragam fiturnya dengan rinci. Dengan hal ini, maka klien akan semakin tertarik dengan produk milik Anda.

6. Memanfaatkan event tertentu untuk berjualan

Event tertentu bisa Anda gunakan untuk membuat merek jualan online Anda semakin membumi, serta unjuk gigi sehingga ketika Anda sudah memiliki lapak jualan online milik Anda sendiri, maka Anda bisa melakukan promosi secara offline. Promosi secara offline bisa Anda lakukan dengan membuka stand di bazar tertentu.

7. Melakukan penelitian terkait dengan jenis produk yang dijual secara online

Anda dapat melakukan riset dengan cara melihat jenis produk di lapak jualan online yang memang sudah terkenal. Selain itu, Anda juga bisa menjual produk sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Anda bisa menjual secara online produk seperti, kosmetik, sepatu, sandal, makanan kering atau jenis produk lainnya.

8. Mencari alasan kenapa orang harus membeli produk milik Anda

Jika Anda sudah memahami mengenai produk yang Anda jual, maka Anda akan semakin mudah untuk meyakinkan konsumen supaya mereka membeli produk yang Anda jual dengan cara meyakinkan orang jika produk yang Anda jual tepat, serta memiliki banyak manfaat sehingga bisnis jualan online Anda juga akan terangkat. Tentu cara ini memerlukan keahlian marketing yang baik seperti teknik persuasi dan teknik lainnya.

9. Pilihlah cara jualan online yang tepat

Pahamilah peta pemasaran, kebiasaan pengunjung, serta pahami karakter konsumen dan jika sudah, maka Anda akan semakin mudah untuk mempromosikan produk jualan online milik Anda sendiri. Dengan hal tersebut, maka Anda akan semakin mudah mendapatkan keuntungan.

10. Menjalankan marketing online yang efektif dan efisien

Gunakan tiga prinsip berikut, seolah-olah tidak berjualan tetapi menjual, memahami waktu yang tepat untuk memposting iklan, serta arahkan klien supaya mereka bertanya mengenai produk jualan online milik Anda. Cara atau tips yang telah disebutkan di atas bisa Anda terapkan ketika akan memulai bisnis secara online. Sekian dan semoga ulasan ini memberikan manfaat untuk Anda ya sobat UangMania.