Skip to main content

10 Cara Agar Blog Muncul di Halaman Satu Google

10 Cara Agar Blog Muncul di Halaman Satu Google - Sebagai seorang blogger, tentu Anda semua ingin blog Anda muncul di halaman  satu google bukan? Untuk itu, maka uraian mengenai cara agar blog muncul di halaman satu google ini perlu Anda ketahui.

Sebagai mesin pencari, maka tidak heran jika Google memiliki pengunjung hampir miliaran jumlahnya. Akan tetapi, suapaya halaman kita berada di posisi paling atas merupakan langkah yang cukup sulit.

Terkat dengan hal tersebut, maka kami sudah menyiapkan beberapa cara agar blog muncul di halaman satu google. Kata-kata yang kami rnagkum ini berupa kata-kata singkat. Dengan adanya hal ini, maka Anda semua akan semakin mudah memahaminya. Penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Beberapa Cara Agar Blog Muncul di Halaman Satu Google

1. Risetlah kata kunci 
Perlu Anda ketahui, sebenarnya daftar kata kunci yang diteliti merupakan jenis kata kunci yang memiliki sifat semantic core. Sedikit uraian, semantic core merupakan daftar kata kunci yang banyak digunakan oleh para pengunjung google, untuk mendapatkan solusi dari permasalahannya.

Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelami pola pikir para pengunjung ketika Anda menyusun kata dengan tujuan untuk mencari jawaban atas sebuah permasalahan, seperti :
“Tips Membeli Rumah”
“Bagaimana melakukan desain ulang”

Semantic core lebih menekankan pada kat kunci yang bisa membentuk makna kata secara alamiah, seperti percakapan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia. Dengan demikian, maka silahkan Anda buat kata kunci yang senatural mungkin. Pasalnya, penggunaan kata kunci yang tidak natural semakin tidak dianggap oleh mesin pencari google.

Bukan hanya muncul pada halaman situs awal google, malainkan juga akan banyak orang yang melakukan share ketika artikel yang Anda buat sangat bermanfaat.

2. Tidak mengaktifkan fitur komentar pada blog
Komentar yang ada di blog merupakan salah satu media yang digunakan untuk saling berkomunikasi melalui tulisan, antara pembaca dengan admin pemilik website atau blog. Akan tetapi, ternyata banyak juga pemilik blog yang tidak mengatifkan kolom komentar karena beberapa hal.

Sebenarnya apa sih alasan tidak diaktifkannya fitur komentar ini? Sebagai pemilik blog, untuk menhindari komentar yang memiliki sifat spam, maka komentar tidak diaktifkan. Untuk itu, maka komentar tidak disematkan demi alasan keamanan dari serangan virus dari link yang diposting pada kolom komentar.

3. Bangunlah backlink
Setiap blogger, memang disarankan untuk mencari, atau membuat backlink dari blog yang memiliki kualitas baik. Akan tetapi, sebelum melakukan  penyimpanan backlink, pastikan situs tersebut memiliki reputasi yang baik di mata google.

 Sebelum memastikan untuk memasang backlink, sebaiknya Anda ketahui, apakah situs tersebut Dopppollow atau Nopollow. Hal tersebut dikarenakan, Anda harus jeli untuk bisa memperoleh backlin dengan yujuan untuk meningkatkan rangking blog milik Anda. Backlink yang paling baik digunakan pada blog, merupakan jenis backlink dari situs dopollow, akan tetapi situs nopollow hanya digunakan sebagai penyeimbang atau natural saja.

4. Gunakan Google Trends
Google trends ini merupakan salah satu produk dari google, google trends akan membahas mengenai semakin banyak pengguna internet. Serta user yang akan mendapatkan informasi. Dengan hal tersebut, maka google akan mengumpulkan data apa saja yang saat ini sedang trends atau booming di internet.

Melalui aplikasi google trends, maka Anda bisa dengan mudah mengetahui segala hal yang sedang trend sat ini, kemarin, mingguan, bahkan bulanan. Segala hal yang Anda cari akan diberikan oleh google melalui aplikasi ini.

Singkatnya, google trends ini merupakan rangkuman dari pencarian yang diberikan oleh pihak google dari hasil semua pencarian user internet yang kemudian masuk ke dalam google search. Jika sudah, maka akan dihimpun dalam aplikasi berdasarkan topik yang sedang hot, serta menjadi perhatian dunia.

5. Jangan lupa manfatakan LSI
LSI atau Latent Semantic Indexing Keyword, meupakan pengelompokan kata yang memiliki arti sama, serta releban. Lebih mudahnya LSI disebut dengan sinonim, serta memiliki makan keterkaitan yang sama dengan kata kunci pertama.

Dari kata utama sebalumnyatadi, maka akan diperoleh beberapa janisn keyword baru, bahkan mencapai piuluhan kata yang memiliki maksud sama. Seluruh kata tersebut kemudian dimasukkan ke dalam artikel, serta akan mencerminkan kesamaan makna. Dengan hal ini, maka mesin pencari akan memaknai kata tersebut sebagai ikatan yang perlu di index.

6. Buatlah kontent tertulis
Kontent tertulis sepeti blog, serta forum bisa menjadi media yang cukup baik untuk bisa menarik pengunjung pengunjung baru, serta bisa juga digunakan sebagai tempat untuk berinteraksi dua arah dengan mereka.

Berdasarkan laporan dari emarketer menunjukkan jika jumlah pembaca blog di internet sudah mencapai 60%, dan jumlah ini akan semakin meningkat. silahkan Anda terbitkan konten tertulis secara berkala, serta konsisten.

Dengan hal tersebut, maka alogaritma mesin pencari akan menganggap webiste atau blog milik Anda sebagai salah satu partisipan yang selalu aktif. Hingga akhirnya Anda mendaptkan perhatian khalayak di Internet.

Konsistensi merupakan sebuah keharusan dalam hal ini, serta Anda bisa dengan mudah menggunakan jasa freelancer supaya lebih mudah.

7. Gunakan SEO Organik
Hingga saat ini, SEO masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisa menaikkan peringkat website atau blog. Anda lebih disarankan untuk melakukan SEO organik, yaitu Anda tidak perlu menggunakan pay per clik ads.

Caranya dengan melakukan optimalisasi, serta lebih berfokus pada pembuatan konten yang berkualitas, serta menyimpan tautan yang relevan.

8. Buatlah kontent yang berkualitas
Seperti ucapan Bill Gates “Konten adalah raja”. Percuma saja ketika memiliki website dengan desain terbaik, namun tidak memiliki konten yang berkualitas. Pastikan konten Anda menyeluruh, artinya memiliki headlines yang baik, dan jangan lupa lengkapi dengan gambar kekinian.

9. Tambahkan testimoni di dalam website
Banyak yang menganggap jika hal ini tidak begitu dianggap oleh para pebisnis yang ingin laman website atau blog mereka terletak di laman awal google. Padahal kontent atau testimoni yang ditambahkan di dalam blog akan semakin meningkatkan tingkat kepercayaan, kemauan, hingga keinginan untuk membeli produk atau layanan dalam sebuah bisnis.

Testimoni ini sangat penting, karena Anda berharap akan bisa berinteraksi dengan para konsumen. Selain baik untuk SEO ternyata testimoni juga bisa meningkatkan kepercayaan para pembaca untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda jual atau tawarkan.

10. Buatlah Alerts
Silahkan Anda masukkan nama website, blog, brand, produk, serta segala hal yang terkait dengannya di Google Alerts. Dengan menggunakan cara ini, maka Anda akan semakin mudah untuk mengetahui pihak mana saja yang mencari, serta menggunakan konten milik Anda sebagai tautan.

Dengan demikian, maka Anda bisa membuka komunikasi secara personal dengan pihak-pihak tersebut, supaya mereka memasukkan tautan yang relevan dari website Anda. Hal ini lain tidak lain, supaya peringkat web Anda meningkat.

Cara agar blog muncul di halaman satu google ternyata banyak sekali. Sebagai blogger pemula, Anda semua bisa menggunakan beberapa cara di atas. Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar